Ingin Punya Rumah Minimalis Baca Dulu Tips Berikut Ini.

Ingin Punya Rumah Minimalis Baca Dulu Tips Berikut Ini.


Rumah minimalis menjadi salah satu konsep rumah yang saat ini disukai banyak masyarakat. Sebab konsep hunian minimalis adalah memanfaatkan setiap ruangan menjadi multifungsi dan nyaman untuk ditinggali.

Kini banyak juga pengembang yang menjual konsep hunian minimalis sebab banyak sekali peminatnya. Hunian minimalis biasanya mulai dari tipe 21/s4, tipe 36, tipe 45 dan tipe 54. Rumah dengan luas yang terbatas ternyata masih bisa dimanfaatkan dengan berbagai ide kreatif. Hunian minimalis muncul karena banyak orang kreatif ingin menciptakan rumah sempit tapi terkesan luas.

Tips Membuat Rumah Minimalis yang Nyaman
Hunian minimalis menjadi konsep hunian dimana para pemiliknya memanfaatkan setiap sudut rumah menjadi tempat multifungsi. Semakin kesini semakin banyak tips membuat hunian minimalis dengan budget terjangkau. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin memiliki hunian minimalis:
1. Hilangkan Sekat
Saat membeli rumah baru biasanya banyak sekat tembok di setiap ruangan dan paling sering ada sekat diantara ruang tamu, living room dan dapur. Untuk membuat hunian minimalis, kamu bisa menghilangkan sekat tersebut dan menata ulang living room agar lebih luas. Bahkan banyak hunian minimalis yang menggunakan konsep “open kitchen”. Jadi bagian living room akan langsung terhubung dengan ruang makan dan dapur. Ruangan bisa ditata rapi agar kamu juga bisa nyaman tinggal di rumah meskipun ukurannya sempit. Selain itu menghilangkan sekat ini bisa membuat sirkulasi udara membaik. Kamu bisa memasang cooker hood untuk menghilangkan asap masakan di rumah.
2. Pilihan Cat Dinding
Salah satu ciri-ciri hunian minimalis adalah pilihan cat dinding dengan warna terang dan senada. Biasanya hunian minimalis menggunakan warna putih agar ruangan terasa lebih luas. Selain warna putih, kamu juga bisa menggunakan warna krem, abu-abu muda dan warna terang lainnya agar memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Padukan warna-warna terang agar ruangan terlihat modern, tapi jangan berlebihan.
Hunian minimalis juga bisa menggunakan warna gelap. Misalnya kamu bisa menggunakan lantai vinyl dengan motif kayu agar membuat ruangan semakin modern.

*Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Warna Cat Rumah Minimalis

3. Kamar Tidur Minimalis
Rumah minimalis pasti memiliki kamar tidur yang sempit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan konsep kamar tidur mezzanine.
Konsep kamar mezzanine ini biasanya diterapkan di apartemen. Kamu bisa membuat lantai tambahan diantara kamar kamu dan membuat tempat tidur berada di atas. Jadi seakan-akan kamar kamu memiliki 2 lantai. Ruang tidur yang sempit ternyata masih menyimpan space untuk dibuat mezzanine. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan bawah mezzanine sebagai lemari, meja komputer, bahkan meletakkan sofa kecil untuk bermain game. Konsep kamar mezzanine menjadi salah satu konsep kamar tidur minimalis yang saat ini sedang populer dimanapun. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kamu dengan material yang berkualitas agar tempat tidur kuat dan tidak akan roboh.
4. Gunakan Barang Multifungsi
Saat ini banyak sekali barang-barang multifungsi yang dijual di marketplace. Kamu bisa memanfaatkan tiap sudut ruangan agar bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang. Misalnya kamu bisa membeli tempat tidur yang bisa sekaligus dijadikan rak lemari. Sehingga kamu tidak perlu lagi memiliki lemari ukuran besar karena tempat tidur kamu juga bisa digunakan untuk menyimpan barang. Sofabed juga menjadi pilihan yang tepat untuk living room. Jadi kamu bisa beristirahat dimana saja dan sewaktu-waktu bisa diubah menjadi sofa untuk tamu. Gunakan juga rak dinding untuk menyimpan beberapa koleksi favorit kamu. Jangan gunakan banyak lemari penyimpanan karena hanya akan memakan tempat dan membuat ruangan lebih sempit. Pilih juga meja yang multifungsi dan bisa dijadikan tempat penyimpanan. Saat ini banyak sekali meja yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan majalah atau Koran sekaligus.
5. Pencahayaan Alami
Salah satu ciri hunian minimalis adalah pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah. Sebab tanpa cahaya alami, rumah akan terasa lebih sempit. Kamu bisa memilih menggunakan jendela berukuran besar di ruang tamu. Tujuannya agar cahaya matahari bisa maksimal masuk ke dalam rumah. Pilihlah kamar dengan jendela yang cukup lebar agar kamar tidak terlalu gelap dan ruangan terasa sempit. Pilih juga tirai berwarna cerah agar ruangan terasa lebih luas. Kamu juga bisa menggunakan pintu dengan akses kaca agar cahaya matahari tetap masuk ke dalam rumah meskipun pintu tertutup. Pilihlah juga warna lampu putih yang cerah agar ketika malam hari, ruangan terlihat lebih luas karena senada dengan warna cat dinding yang cerah.

*Baca Juga: Tips Mengatur Pencahayaan Rumah Minimalis Modern

Itulah beberapa konsep rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Perlu diperhatikan juga bahwa rumah yang baik harus memiliki keamanan yang tinggi, maka dari itu perlunya asuransi rumah untuk menjaga rumah dari risiko kecelakaan. Garda Home bisa memberikan perlindungan maksimal untuk hunian kamu, terutama saat terjadi kebakaran atau bencana alam.