Jangan Asal, Begini Cara Memasang Instalasi Listrik yang Baik

Jangan Asal, Begini Cara Memasang Instalasi Listrik yang Baik

Manusia yang hidup di abad 21 pasti memahami betul pentingnya listrik bagi kehidupan hariannya. Hanya saja instalasi listrik tidak boleh dilakukan sembarangan untuk menekan resiko terjadinya korsleting hingga kebakaran. Lalu bagaimana cara memasang instalasi listrik yg benar ? Silahkan simak ulasan singkat berikut.

1. Mengetahui Luas Bangunan

Hal paling utama dalam pemasangan kabel listrik adalah mengetahui berapa luas bangunan terlebih dahulu. Semakin luas lahan bangunannya, otomatis Anda membutuhkan kabel yang cukup panjang agar semua ruang dapat terpasang dengan baik. Inilah alasan pentingnya mengukur luas hunian beserta jumlah ruangan terlebih dahulu.

Selain mengetahui panjang kabel lampu yang dibutuhkan, jangan lupakan bahwa setiap ruangan juga membutuhkan peralatan elektronik yang harus dialiri listrik. Otomatis Anda juga perlu mempertimbangkan banyaknya lampu penerangan, saklar, hingga stop kontak di setiap ruangan tersebut. Perhitungkan dengan baik agar semua ruangan teraliri listrik dengan sempurna.

2. Menggunakan Kabel Standar SNI

Hanya menggunakan kabel sesuai standar SNI termasuk salah satu cara memasang instalasi listrik yg benar. Kabel satu ini tentunya telah melewati tahap uji coba sebelum dipasarkan ke masyarakat luas. Dengan kata lain produk kabel sesuai standar SNI memenuhi syarat dan aman digunakan. Jenis kabel yang digunakan pun cukup bermacam, sehingga Anda perlu memilih sesuai kebutuhan.

Jika menggunakannya untuk mengaliri perangkat rumah tangga, Anda bisa memanfaatkan kabel berdiameter 1.5 mm sebagai solusinya. Kabel ini dapat diaplikasikan pada stop kontak maupun lampu penerangan yang memiliki daya kurang dari 100 watt. Anda juga perlu melapisi kabelnya dengan pipa conduit lentur untuk memberikan jaminan tidak mudah tergencet atau digigit tikus.

3. Besaran Listrik yang Dibutuhkan

Setiap perangkat elektronik membutuhkan daya listrik yang berbeda agar mesinnya dapat beroperasi sempurna. Otomatis Anda perlu mempertimbangkan adanya beberapa peralatan elektronik yang membutuhkan daya besar. Demi menekan terjadinya korsleting akibat penggunaan daya berlebih, tentu saja membuat jalur khusus untuk daya listrik tinggi bisa menjadi solusinya.

Beberapa peralatan yang membutuhkan daya listrik besar seperti pompa air, water heater, dan AC. Ketika jalur daya listrik tinggi dibedakan, otomatis resiko seperti kelap lampu tidak stabil dapat ditekan dengan sempurna. Cara memasang instalasi listrik yg benar ini juga efektif menurunkan resiko kerusakan akibat kabel yang tidak kuat menerima beban arus terlalu besar.

Baca Juga: 7 Penyebab Rumah Terbakar dan Cara Pencegahannya

4. Pembagian Jalur Kabel

Perlu diingat bahwa setiap ruangan memiliki fungsi dan kebutuhan listrik yang berbeda. Otomatis pemasangan kabel listrik juga perlu diperhitungkan dengan baik dan disesuaikan dengan jalur kabel yang diinginkan. Misalnya jalur untuk pompa air, stop kontak, lampu penerangan, AC dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya.

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memasang MCB atau Miniature Circuit Breaker. Pasalnya MCB memiliki peran untuk memutus aliran listrikĀ  ketika ditemukan korsleting atau pemakaian berlebihan. Kesulitan menentukan pembagian jalur kabel sesuai kebutuhan ? Silahkan minta tolong kepada sang ahli agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan.

5. Menggunakan Steker Berkualitas

Tidak hanya berfokus tentang cara memasang instalasi listrik yg benar saja, pasalnya pemasangan steker berkualitas juga penting dipertimbangkan. Pilihlah steker yang stabil dan tidak mudah longgar sebagai solusinya. Sebab steker longgar dapat menjadi faktor penyebab penumpukkan aliran listrik pada satu titik yang menjadi pemicu loncatan arus.

Itulah beberapa cara jitu memasang instalasi listrik yang bisa Anda segera terapkan. Selama proses pemasangan, jangan lupa menggunakan peralatan keamanan dan memastikan agar semua kabel terpasang sempurna untuk menekan resiko kebakaran. Apabila menemui kesulitan di tengah jalan, jangan ragu meminta tolong kepada teknisi yang sudah berpengalaman.

Itulah beberapa kiat yang dapat Anda coba dalam memasang instalasi listrik yang benar. Jangan lupa untuk lindungi rumah Anda dengan menggunakan asuransi. Garda Home berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan berupa perlindungan rumah dari kebakaran. #PeaceofMind