5 Kegiatan Produktif di Rumah yang Patut Dicoba

5 Kegiatan Produktif di Rumah yang Patut Dicoba

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi yang terjadi selama beberapa waktu belakangan, membuat cukup banyak orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Mencari pekerjaan baru pun sulit dilakukan, terlebih adanya imbauan agar tetap di rumah aja. Dalam kondisi ini daripada meratapi nasib, anda bisa mencoba beberapa kegiatan produktif di rumah berikut.

1. Mencoba Resep Baru

Anda yang menaruh minat pada bidang masak memasak, tidak ada salahnya untuk menjajal beberapa resep baru di rumah. Dijamin kegiatan ini bisa membuat anda merasa jauh lebih produktif. Dimana resep baru tersebut bisa anda jadikan masakan andalan, atau bahkan dicoba untuk membuka sebuah usaha kuliner jika hasilnya mantap. Menarik bukan?

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan di tengah Pandemic COVID-19

2. Mengikuti Webinar

Agar otak tidak tumpul karena tidak digunakan untuk berpikir selama di rumah aja, maka anda bisa mengikuti webinar atau seminar daring. Banyak sekali informasi serta pengetahuan yang bisa anda dapatkan, bahkan besar kemungkinan untuk memperoleh skill baru yang bisa pula dimasukkan ke dalam daftar riwayat hidup nanti.

Webinar yang hendak anda ikuti bisa dipilih sesuka hati, yang sesuai dengan minat dan bakat. Ada pula yang menawarkan sertifikat resmi, yang dapat anda manfaatkan sebagai file pendukung. Beberapa di antaranya bahkan ada pula yang tersedia secara gratis, dan dapat diikuti oleh semua kalangan tanpa syarat dan ketentuan.

3. Belajar Bahasa Baru

Kegiatan produktif di rumah lainnya yang dapat anda lakukan yaitu belajar bahasa baru. Bisa memperdalam bahasa Inggris, atau bahasa yang membuat anda tertarik untuk mempelajarinya misalnya bahasa China, Jepang, Korea, Jerman, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa saat ini bahasa China mulai banyak digunakan.

Bahkan cukup banyak pekerjaan yang memberikan perhatian lebih pada mereka yang mampu berbahasa asing. Untuk itu, anda bisa mencoba mempelajari bahasa bahasa ini dengan berbagai cara. Misalnya jika ingin layanan gratis, saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi yang dapat diunduh secara cuma cuma tanpa biaya sepeserpun untuk mempelajarinya.

4. Berjualan Online

Anda tentu mengetahui bahwa saat ini tersedia banyak sekali lapak jualan secara online. Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai kegiatan produktif di rumah, yang mampu menghasilkan pendapatan. Tidak hanya berjualan melalui ecommerce saja, anda pun dapat memasarkan produk dagangan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau lainnya.

Dalam hal ini anda bisa berjualan berbagai hal, misalnya bagi anda yang hobi memasak bisa menjual hasil masakan atau lainnya. Apabila ingin berjualan namun terkendala dengan dana atau modal, maka tidak perlu khawatir. Karena saat ini ada sistem dropship yang dapat dilakukan tanpa modal, yaitu dengan menjadikan anda sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Baca Juga: Aktivitas yang Bisa Dilakukan Dirumah Selama Social Distancing

5. Menulis Blog

Saat ini blog atau website menjadi media yang paling banyak digunakan oleh pelaku usaha, untuk mempromosikan produknya. Melalui blog pun anda bisa membuat personal branding, dan menjual keahlian yang dimiliki. Sehingga ini bisa menjadi salah satu kegiatan produktif di rumah yang patut dicoba. Sebut saja seperti Raditya Dika, yang memulai karirnya dari menulis blog.

Jika memutar otak lagi, sebenarnya masih banyak kegiatan produktif lainnya yang dapat anda lakukan dari rumah. Yang penting adalah niat dan tekad, serta berhenti mengeluh dalam memulainya. Maka kegiatan apapun yang anda lakukan pastinya dapat menghasilkan sesuatu baik itu uang, ilmu pengetahuan, maupun skill yang baru untuk diri sendiri.

Itulah 5 kegiatan produktif di rumah yang bisa dicoba.  Dan pastikan rumah kamu mendapatkan perlindungan dari Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home. Dengan asuransi tersebut, rumah Anda mendapatkan proteksi penuh atas perbaikan akibat kebakaran. #PeaceofMind