Jangan Panik Dulu! Ketahui Penyebab Bagasi Hilang dan Cara Lapornya Disini

Jangan Panik Dulu! Ketahui Penyebab Bagasi Hilang dan Cara Lapornya Disini

Pastinya semua orang telah mengetahui, bila sudah menjadi keharusan bagi setiap penumpang pesawat untuk menjaga keselamatan diri beserta barang bawaannya. Akan tetapi, sebaik apapun menjaganya adakalanya terjadi suatu masalah yang tak diinginkan seperti bagasi hilang. Jangan khawatir, berikut akan diulas penyebab bagasi hilang dan cara lapornya.

Penyebab Bagasi Hilang

Tidak dapat dipungkiri bila kejadian seperti kehilangan bagasi kerap kali terjadi pada seseorang. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab baik itu dari diri sendiri maupun petugas. Penyebab pertama yang seringkali terjadi yakni terlalu banyak label di koper. Biasanya, sebelum menaiki pesawat setiap koper akan diberikan label yang berisikan informasi pribadi yang penting.

Namun, bila label tersebut sudah menumpuk banyak dan tidak anda buang maka akan menimbulkan suatu permasalahan. Pasalnya, hal semacam ini nantinya akan membuat bingung para petugas. Untuk itu, alangkah baiknya melepas label yang tak terpakai lagi dan menggunakan label serta tag penerbangan terbaru.

Penyebab bagasi hilang dan cara lapornya yang kedua yakni salah ketika mengetik rute penerbangan. Hal semacam ini merupakan kesalahan fatal yang terjadi pada petugas. Maka dari itu, hendaknya periksa kembali segala informasi yang tertera pada label atau tiket usai melakukan check in atau boarding guna mengantisipasi kejadian semacam ini.

Tak hanya itu saja, bagasi yang tertukar atau terbawa oleh penumpang lain menjadi penyebab utama koper hilang. Agar hal ini tak terjadi, pastikan bahwa anda telah hafal betul dengan segala barang bawaan yang masuk ke bagasi. Terkadang masalah seperti ini bisa terjadi lantaran adanya kesamaan bentuk koper, tas, ataupun warnanya.

Kemudian penyebab terakhir ini mungkin menjadi hal yang wajar terjadi pada setiap orang yakni lupa mengambil bagasi atau koper. Terkadang penyebab ini bisa terjadi karena anda melakukan perjalanan sendiri tanpa ada teman atau anggota keluarga. Atau bisa saja terjadi lantaran anda terburu buru perkara suatu hal seperti ketinggalan jemputan dan yang lainnya.

Cara Lapor Barang Hilang di Bandara

Perlu anda ketahui, pada dasarnya bandara telah dibekali sistem keamanan yang sangat ketat demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpangnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan terjadinya bagasi hilang dan cara lapornya karena beragam hal yang telah disebutkan sebelumnya. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Bila anda mengalami hal semacam ini, maka langkah pertama yang perlu dilakukan yakni jangan panik terlebih dahulu. Tenangkan diri dan mulai melakukan laporan kepada pihak petugas di bandara. Segera hubungi customer service yang terdapat di bandara. Jika sudah, nantinya pihak customer service akan mengarahkan anda untuk mengurus laporan kehilangan.

Laporan yang biasanya digunakan untuk kehilangan barang yakni laporan lost and found. Agar proses pencarian bisa dilakukan dengan mudah, maka sertakan pula identitas dan boarding pass yang anda gunakan. Usai menulis laporan kehilangan, selanjutnya tunggu informasi lebih lanjut dari petugas mengenai bagasi hilang dan cara lapornya.

Kehilangan koper tatkala melakukan perjalanan, memang terasa merepotkan dan membingungkan. Apalagi koper tersebut didalamnya terdapat beragam barang penting yang diperlukan di tempat tujuan kelak. Bila hal ini terjadi, tenangkan diri terlebih dahulu dan segera memberikan laporan kepada petugas yang bersangkutan agar bisa ditindaklanjuti secepatnya.

Selain itu yang terpenting untuk melindungi perjalanan Anda, jangan ragu untuk menambahkan perlindungan perjalanan dengan Asuransi Perjalanan Garda Trip. Dapatkan diskon 10%. Garda Trip Melindungi risiko keterlambatan pesawat, kehilangan dan keterlambatan bagasi serta risiko lainnya. Asuransi Perjalanan Garda Trip melindungi risiko keterlambatan dan pembatalan perjalanan, biaya medis, hingga kehilangan barang pribadi Anda. Cek sekarang di gardaoto.com. #PeaceofMind