Kaki-kaki Mobil Berbunyi, Ini Penyebabnya

Kaki-kaki Mobil Berbunyi, Ini Penyebabnya

Selain pada mesin mobil, kaki-kaki mobil pun bisa juga bagian yang harus mendapatkan perawatan secara rutin. karena, komponen kaki-kaki atau pada suspensi ini menjadi bagian yang pertama kali  dapat berhubungan langsung dengan permukaan jalan.

Jika komponen tersebut bermasalah, maka kenyamanan berkendara pun akan terganggu. Bahkan, tidak jarang pula kerusakan yang terjadi itu bisa menimbulkan bunyi-bunyi aneh yang mengganggu aktifitas saat mobil sedang dikendarai oleh anda.

Namun, untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat deteksi kerusakan kaki-kaki mobil dengan mengenali bunyi aneh dari kendaraan dan melakukan perbaikan pada komponen tersebut.

Bunyi kletek-kletek pada bagian ball joint

Apabila bunyi kletek-kletek terdengar saat Anda sedang melakukan belok, Anda bisa segera periksa pada bagian ball joint atau as roda. Hal itu umumnya disebabkan oleh tidak sehatnya bagian ball joint mobil.

 Bunyi Klotok-Klotok di tie rod

Tie rod merupakan komponen yang meneruskan pergerakan dari setir menuju ke area ban. Area ini bertugas sebagai pengikat roda dan juga sebagai penerus gaya belok dari kemudi sehingga mobil dapat berjalan dengan baik saat anda melakukan perjalanan.

Kerusakan pada bagian komponen ini bisa membuat setir mobil anda terasa kosong dan juga gerak kemudi di ruang setir sulit untuk dikendalikan. Selain itu, kerusakan di area ini juga bisa menimbulkan bunyi klutuk-klutuk pada saat kita sedang menyetir  mobil.

Baca juga: Suara Mobil Kasar dan Berisik, Ini Penyebabnya

Bunyi gemuruh di bearing

Selanjutnya kerusakan pada kaki-kaki mobil  yang bisa Anda deteksi sendiri mungkin adalah di bagian bearing. Jika pada bagian bearing rusak, maka dapat menyebabkan ban depan pada mobil anda mengeluarkan bunyi dengungan yang sangat mengganggu aktivitas berkendara, terutama ketika dikendarai pada kecepatan rendah, bunyi yang dikeluarkan pun bisa seperti suara logam.

Guna untuk mengatasi masalah kaki-kaki mobil yang berbunyi, seperti bunyi dengungan tersebut, Anda bisa mendongkrak mobil hingga roda mobil anda tergantung. Setelah itu, putar roda mobil anda sekencang mungkin. Namun, untuk memastikan kerusakan yang terjadi, jika suara gemuruh tersebut masih terdengar, artinya bearing mobil Anda harus segera diganti dengan yang baru.

 Tindak lanjut ke bengkel

Sebenarnya, penanganan terhadap kerusakan kaki-kaki mobil di yang sudah dijelaskan tadi merupakan langkah dasar yang bisa Anda lakukan sendiri untuk melakukan perbaikan. Namun, jika ternyata komponen tersebut mengalami masalah yang cukup sulit diatasi oleh anda sendiri, disarankan untuk bawalah kendaraan Anda ke bengkel.

Itulah beberapa saran dari kami agar anda dapat melakukan perbaikan pada komponen-komponen mobil anda sendiri yang berbunyi kletek-kletek sebelum anda membawanya ke bengkel, namun apabila saat anda melakukannya dan memperbaikinya sendiri dan hasilnya masih sama, disarankan untuk membawa mobil anda ke bengkel kepercayaan anda agar bisa dilakukan tindak lanjut. Pastikan mobil Anda sudah terlindungi oleh asuransi agar Anda dapat dengan tenang berkendara. Garda Oto dapat membantu Anda dengan menyediakan layanan asuransi kendaraan yang bisa diberikan untuk kendaraan Anda. #PeaceofMind

Baca juga: Berbagai Jenis Dongkrak Mobil dan Fungsinya