Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Umumnya, untuk jenis mobil yang memiliki atap mobil terbuka atau atap mobil yang bisa dibuka-tutup dianggap lebih keren. Tren mobil seperti ini banyak ditemui di berbagai negara Eropa dan Amerika. Nah, di bagian kaca atau jendela atap mobil tersebut memiliki 3 jenis, yaitu moonroof, sunroof, dan panoramic. Apa sih perbedaan dari ketiganya?

1. Sunroof

Jenis kaca yang satu ini merupakan jendela atau kaca mobil yang berada di atap dan bisa membuat suatu sudut tertentu ketika kita membukanya. Biasanya, saat kita membuka kaca tersebut, kaca tersebut akan membuka naik ke atas.

Selain untuk memperjelas area pandangan, sunroof ini juga bisa digunakan untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam agar sirkulasi udara bisa jadi lebih baik. Prinsip kerjanya sangat sederhana, saat kita membuka sunroof, maka udara dan sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam ruang mobil.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Anda Ketahui

2. Moonroof

Jenis moonroof ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan jenis jendela sunroof. Perbedaannya hanya ada pada bagian saat kita membuka jendela. Apabila sunroof saat kita membukanya dia membuka ke atas, namun berbeda dengan moonroof dia bergeser masuk ke dalam bagian kaca sehingga siklus udara lebih luas masuk ke dalam mobil dan juga pemandangan lebih luas untuk dilihat.

Moonroof memiliki rel yang berfungsi untuk menggerakkan kaca. sehingga, bila Anda memiliki mobil dengan fasilitas moonroof, Anda harus menjaganya agar rel tersebut tidak cepat rusak dan aus yang dapat mengakibatkan macet dan sulit dibuka.

Baca juga: Ini Dia Fitur yang Sangat Bermanfaat saat Musim Hujan

 3. Panoramic Roof

Jenis yang terakhir adalah panoramic roof. Bisa dibilang jenis kaca yang satu ini cukup besar dibandingkan dengan sunroof ataupun moonroof karena memiliki ukurannya yang hampir menyamai ukuran kaca mobil. Panoramic roof hanya sebuah kaca yang terbentang tanpa bisa dibuka sama sekali. Sangat berbeda bukan dengan jenis lainnya?

Pergerakannya pun tidak seperti sunroof atau moonroof, yang bergerak hanya atap atau penutup saja yang beda di bawahnya, walaupun kacanya cukup besar namun panoramic roof ini telah dilengkapi dengan lapisan anti ultraviolet. Jadi, baik penumpang maupun pengemudi di dalam kabin akan terlindungi dengan baik cari sinar matahari.

Jadi, Anda sekarang sudah tahu kan jenis-jenis roof yang ada pada mobil? Pastikan bahwa Anda merawat kendaraan Anda dengan benar. Hal ini untuk mengurangi masalah teknis yang timbul dan juga kerusakan fasilitas mobil yang mungkin tidak Anda ketahui. Agar Anda selalu nyaman berkendara, lengkapi mobil Anda dengan Asuransi Mobil. Jika Anda memiliki Asuransi mobil, Anda tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil Anda. Asuransi mobil dari Garda Oto dapat dibeli melalui situs dan via aplikasi Garda Mobile Otocare. Garda Oto menjamin garansi hasil kerja bengkel dan jaminan suku cadang asli. Cek preminya di gardaoto.com. #PeaceofMind bersama Garda Oto.