Ketahui Apa itu Samsat dan Fungsinya Bagi Pengendara

Ketika mendengar mengenai Samsat banyak dari kalian yang nyatanya sudah tidak asing lagi. Terlebih lagi bagi kalian pemilik kendaraan bermotor yang memang secara rutin melakukan pembayaran pajak kendaraan. Sehingga Samsat adalah salah satu layanan yang sangat membantu dalam hal itu.

Pengertian Samsat

Samsat adalah kepanjangan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Samsat ini diambil melalui bahasa Inggris, berupa One-stop Administration Services Office. Sistem administrasi ini berguna untuk memperlancar serta mempercepat pelayanan untuk kepentingan masyarakat.

Samsat yang ada di Indonesia merupakan salah satu bentuk kerja sama antara PT jasa Raharja (Persero), Dinas Pendapatan Provinsi, dan Polri. Fungsi dari Samsat, masyarakat tentunya ikut andil pada pemasukan uang negara, mempunyai kondisi jalan baik, menjaga ketertiban lalu lintas, dan lainnya.

Tentu saja seiring dengan perkembangan zaman, Samsat mempunyai fungsi yang ikut berkembang. Hal tersebut juga diikuti dengan sistem pelayanan yang semakin mudah memakai sistem online sehingga proses pelayanan menjadi lebih cepat.

Samsat adalah serangkaian kegiatan yang masuk dalam penyelenggaraan sebagai berikut:

  1. Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor / Ranmor
  2. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor / PKB
  3. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor / BBNKB
  4. Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan / SWDKLLJ

*Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Fungsi Samsat

Samsat ini tentunya mempunyai beberapa fungsi untuk pengendara mobil. Adapun beberapa fungsi tersebut sebagai berikut ini.

a. Pendaftaran serta Pembayaran Pajak Kendaraan

Samsat adalah sebuah tempat yang mana pemilik kendaraan bisa mendaftarkan kendaraan beserta membayar pajak tahunan.

Lewat Samsat tentu saja pengendara mobil bisa memastikan jika kendaraannya terdaftar dengan resmi serta pajak kendaraan sudah dibayarkan tepat pada waktunya.

b. Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Samsat juga mempunyai tanggung jawab dalam menertibkan STNK, ini merupakan suatu bukti kepemilikan serta legalitas kendaraan.

STNK perlu dibawa pengendara ketika akan berkendaraan yang mana berguna sebagai bukti jika kendaraan tadi sudah terdaftar secara resmi.

c. Pemeriksaan Kendaraan

Samsat juga dapat melakukan pemeriksaan kendaraan guna memastikan jika kendaraan tadi sudah memenuhi standar keselamatan serta persyaratan teknis. Pemeriksaan tersebut dilakukan ketika melakukan registrasi ataupun perpanjangan pajak kendaraan.

d. Penegakan Hukum

Samsat mempunyai peran dalam penegakan hukum berkaitan pajak kendaraan. Samsat melakukan pengecekan serta penindakan pada kendaraan yang tidak membayarkan pajak secara benar ataupun melanggar peraturan lalu lintas berkaitan dengan pajak kendaraan.

*Baca Juga: Apa itu Kir Mobil? Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

Jenis Pelayanan Samsat

Seiring dengan perkembangan teknologi tentu saja layanan Samsat yang tersedia juga semakin dikembangkan guna memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. Berikut ini terdapat beberapa pelayanan Samsat yang bisa kalian manfaatkan.

a. Samsat Utama atau Samsat Induk

Fungsi samsat adalah untuk layanan paling pertama yang mana sistem ini termasuk konvensional yang mana masyarakat perlu mendatangi Samsat. Nantinya kalian perlu untuk mengikuti langkah yang ada pada setiap loket yang tersedia.

Layanan ini tergolong kurang praktis karena wajib pajak perlu untuk mengisi formulir dengan cara manual, mengcopy berkas, mengantre, dan juga melakukan pembayaran dengan cara tunai.

b. Samsat Drive THRU

Layanan ini tergolong cukup praktis karena kalian tidak perlu repot turun dari kendaraan, cukup lakukan proses pendaftaran serta melakukan pembayaran. Cukup siapkan dokumen seperti KTP, STNK, dan BPKB asli. Setelah selesai cukup melakukan perpindahan menuju loket dua guna melakukan pembayaran serta pengambilan dokumen baru.

‎c. Samsat Keliling

Layanan ini memiliki keunggulan di mana menerapkan sistem jemput bola atau mendatangi masyarakat. Umumnya Samsat akan memakai mobil dan diletakan pada lokasi strategis semacam instansi, pasar, dan lainnya.

d. Gerai Samsat

Gerai ini umumnya akan berada pada tempat pelayanan publik ataupun tempat masyarakat berkumpul semacam mall ataupun pusat perbelanjaan.

e. Samsat Kecamatan

Samsat kecamatan umumnya berada pada kecamatan yang berada di sekitar Jakarta. Untuk di Jakarta sendiri sudah ada lima kecamatan yang menyediakan layanan Samsat Kecamatan ini.

f. E-Samsat dan Samsat Online

Pelayanan ini memakai metode baru sehingga masyarakat tidak perlu repot untuk mendatangi pelayanan Samsat. Cukup mengakses website resmi ataupun aplikasi saja guna membayar pajak tahunan untuk nantinya pembayaran bisa melalui e-banking atau ATM.

Perlu dipahami jika layanan ini pada masing-masing provinsi itu tidaklah sama. Seluruhnya tergantung pada program masing-masing wilayah. Terdapat kabupaten/kota yang telah membuka layanan ini lewat website resmi namun ada juga yang memakai aplikasi berbasis Android.

Layanan Samsat Online yang sudah tersedia sebagai berikut ini:

  • Pembayaran PKB, syarat kendaraan di dalam pengesahan STNK satu tahun.
  • Pembayaran PKB, syarat kendaraan di kondisi tidak ganti STNK.
  • Pembayaran PKB, syarat kendaraan pada kondisi yang disertai KTP, STNK, dan BPKB asli pemilik kendaraan.
  • Pembayaran PKB, syarat kendaraan pada kondisi tidak terlambat melebihi satu tahun.
  • Pembayaran PKB, syarat kendaraan pada kondisi baik serta berwujud fisik. 

*Baca Juga: Berikut Syarat Perpanjang STNK Mobil Tahunan dan 5 Tahun

Ini artinya kendaraan tidak kecelakaan lalu lintas, disita, lapor jual, dan juga hilang ataupun rusak. Jadi memang ada motornya dan dalam kondisi yang bagus. Bila melihat hal ini Samsat adalah suatu layanan yang memegang peranan penting untuk mengatur administrasi serta legalitas kendaraan.

Untuk menjaga kendaraan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan hal lain yang menyebabkan kerugian pada kendaraan maka jangan ragu pergunakan asuransi Garda Oto. Asuransi mobil ini terbukti berkualitas dengan jenis layanan yang beragam.