Plat R dari Daerah Mana? Ini Penjelasannya!

Ketika sedang dalam perjalanan, kalian akan menemukan banyak plat nomor yang mempunyai huruf-huruf tertentu sebagai awalannya. Salah satu plat yang bisa ditemukan yakni plat R, tentunya kalian akan bertanya-tanya plat R daerah mana?

Hal yang perlu dipahami yakni plat nomor merupakan suatu identitas resmi bagi kendaraan bermotor yang terdaftar di wilayah maupun negara tertentu. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai plat R maka kalian perlu mengetahui mengenai plat nomor kendaraan secara lebih rinci.

Hal yang Perlu Dipahami Mengenai Plat Kendaraan Bermotor

Plat nomor kendaraan merupakan nomor unik ataupun kombinasi huruf serta angka yang dipakai dalam mengidentifikasikan kendaraan bermotor. Untuk tanda kendaraan ini umumnya akan terpasang di bagian depan serta belakang kendaraan.

Tanda nomor kendaraan umumnya akan dipergunakan untuk tujuan identifikasi dari kendaraan. Hal ini termasuk juga membantu para pihak berwenang untuk melakukan penegakan hukum, melakukan pemantauan kendaraan, melacak kendaraan yang terjadi kecelakaan, dan lainnya.

*Baca Juga: Jenis-Jenis Kode Plat Nomor Kendaraan Beserta Asalnya

Format nomor kendaraan bisa bervariasi bahkan terdapat beberapa negara ataupun wilayah yang melakukan pengaturan nomor tadi sesuai format dan juga kombinasi terstandar. Namun ada juga wilayah lain yang melakukan pemakaian yang lebih bebas.

Menentukan nomor plat ada aturannya, salah satunya yakni nomor seri 1-4 digit dan umumnya akan diletakan setelah kode wilayah pendaftaran dan akan diberikan sesuai kelompok kendaraan bermotor pastinya.

Ketika nomor seri pendaftaran yang sudah ditentukan habis maka nomor seri pendaftaran lainnya akan dilakukan pengaturan ulang dan diidentifikasikan melalui urutan huruf A-Z.

Ketika huruf setelah nomor untuk tanda pengenal ganda itu mencapai huruf Z, untuk penomoran bisa memakai 2 huruf berurutan diletakan setelah nomor pendaftaran.

Ketentuan umumnya sebagai berikut ini:

  • 1-2999 = untuk kendaraan penumpang
  • 8000-8999 = untuk kendaraan penumpang
  • 3000-6999 = untuk sepeda motor
  • 7000-7999 = untuk bus
  • 9000-9999 = untuk kendaraan beban

*Baca Juga: Cara Mengetahui Plat Ganjil Genap pada Kendaraan

Daerah Berplat Nomor R

Tentunya kalian akan bertanya-tanya mengenai plat R daerah mana? Tentunya plat nomor yang terpasang tadi baik pada sepeda motor, bus, truk, pick up, angkutan umum, dan mobil pribadi mempunyai arti sendiri.

Kode R di TNKB itu menunjukkan bahwa kendaraan tadi terdaftar pada kepolisian area yang ada di eks Karesidenan Banyumas, Jawa Tengah.

Walaupun begitu untuk plat nomor R tidak hanya digunakan asal Banyumas saja. hal ini karena eks Karesidenan Banyumas masuk ke Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Cilacap.

Sementara ketika kode R tadi dikombinasikan dengan huruf lainnya semacam D, itu menandakan suatu wilayah lokasi dari Samsat yang berbeda.

Masing-masing Samsat yang berada di Karesidenan Banyumas nyatanya mempunyai kode tertentu dan disertakan di kombinasi plat nomor pada bagian belakang tiap TNKB.

Lebih jelasnya, maka berikut ini merupakan arti kode plat nomor belakang pada wilayah Samsat Karesidenan Banyumas:

  • Kabupaten Banyumas: kode untuk plat nomor belakangnya A*/E*/G*/H*/J*/S*/X*, sebagai contoh R 1212 AG
  • Kabupaten Cilacap: kode untuk plat nomor belakangnya B*/F*/K*/N*/P*/R*/T*, sebagai contoh R 1212 PQ
  • Kabupaten Purbalingga: kode untuk plat nomor belakangnya C*/L*/Q*/U*/V*/Z*, sebagai contoh R 1212 CZ
  • Kabupaten Banjarnegara: kode untuk plat nomor belakangnya D*/I*/M*/O*/W*/Y*, sebagai contoh R 1212 DY

Ketika kode plat R dikombinasikan huruf D dan menjadi DR, itu menunjukkan jika kendaraan tadi terdaftar pada kepolisian wilayah Lombok. Tentunya melalui penjelasan di atas maka pertanyaan seputar plat R daerah mana sudah terjawab bukan.

*Baca Juga: Plat Nomor Putih dan Artinya Sebagai Aturan Baru di Indonesia

Arti Warna Pada Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Setelah memahami secara detail mengenai plat R daerah mana, maka hal lain yang pasti perlu dipahami juga soal plat nomor kendaraan atau TNKB yakni warna yang berasal pada plat nomor tadi. Bila diperhatikan kalian akan menemukan plat nomor dengan berbagai warna seperti putih, merah, kuning, dan hitam.

  • Latar hitam dengan tulisan putih: merupakan kendaraan milik perseorangan ataupun kendaraan sewa
  • Latar kuning dengan tulisan hitam: merupakan kendaraan angkutan umum entah angkutan orang maupun barang
  • Latar merah dengan tulisan putih: merupakan kendaraan dinas entah itu Pemda atau BUMN
  • Latar putih dengan tulisan biru: merupakan kendaraan korps diplomatik untuk negara asing

Tentunya dari keempat warna tadi, ketika terdapat tambahan berupa lis biru pada bagian bawah plat nomor maka menunjukkan kendaraan tadi memiliki tenaga motor serta baterai listrik.

*Baca Juga: Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online dengan Mudah

Cara Cek Plat Nomor Secara Online untuk Wilayah Banyumas

Untuk kalian yang berdomisili di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap, ataupun mempunyai kendaraan berplat R maka dapat mengetahui informasi dari pemilik, wilayah Samsat, besaran pajak, dan lainnya hanya memakai ponsel saja.

Ketika kalian memakai ponsel dengan sistem Android maka dapat mengunduh serta memasang aplikasi bernama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Lewat aplikasi tersebut kalian bisa mengetahui besaran pajak kendaraan, lokasi dari Samsat dan juga jadwal dari Samsat Keliling.

Itulah informasi yang bisa kalian ketahui perihal kode plat nomor dari kendaraan bermotor yang memakai huruf depan R. Sehingga ketika kalian bertemu plat R di jalan pertanyaan seputar plat R daerah mana sudah terjawab.

Jangan lupa untuk memastikan juga bagi kalian pemilik kendaraan untuk mengikutkan mobil ke dalam asuransi. Jika mencari asuransi yang terpercaya maka Garda Oto adalah pilihannya. Keuntungan ikut asuransi ini yaitu mengurangi dampak kerugian yang diakibatkan karena kecelakaan dan kondisi lainnya.