Ketahui Penyebab Korsleting Pada Mobil

//Ketahui Penyebab Korsleting Pada Mobil
By | 2019-05-17T13:05:21+00:00 Februari 7th, 2019|Blog|0 Comments
Ketahui Penyebab Korsleting Pada Mobil

Ketahui Penyebab Korsleting Pada Mobil

Masalah pada kendaraan memang kadang terjadi tanpa adanya tanda seperti lampu mati atau munculnya percikan api pada kabel di dalam mobil yang korslet, sehingga bisa menyebabkan sistem kelistrikan pada mobil itu mati bahkan sampai terbakar jika percikan api tersebut mengenai bahan bakar pada mobil itu sendiri.

Setiap mobil mempunyai sistem kelistrikan yang sangat penting dan berguna untuk mengalirkan serta menghidupkan komponen – komponen tertentu pada mobil yang membutuhkan energi listrik. Salah satu kelistrikan yang ada pada mobil adalah aki. Berikut adalah 4 penyebab korsleting pada mobil yang perlu Anda ketahui.

  1. Kabel Paralel Pada Aki
    Kabel paralel pada aki sering kali mengakibatkan terjadinya korsleting pada mobil. Di karenakan saat servis mungkin montir atau Anda sendiri teledor untuk mengencangkan baut pada aki. Jika baut tidak di kencangkan dengan maksimal bisa terjadi kebakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu jika kita mengganti aki di usahakan baut kabel pada aki di kencangkan dengan maksimal agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
  1. Periksa Ruang Mesin
    Apabila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi di ruang mesin maka besar kemungkinan kelistrikan dari mobil Anda ini bermasalah. Periksalah terminal positif (+) aki, apabila pada terminal tersebut banyak kabel tambahan, maka hal ini mengindikasikan banyaknya aksesori tambahan yang memerlukan listrik.
  1. Kabel Terputus
    Kabel Putus juga bisa terjadi pada mobil karena banyak hal. Salah satunya kabel bisa dimakan tikus atau hewan yang bisa masuk ke rangka mobil dan juga karena gesekan roda. Biasanya jika terlalu banyak kabel yang putus arut kelistrikan pada mobil tidak maksimal dan kabel bisa konslet sampai mengeluarkan percikan api.
  1. Pemilihan Kabel Yang Tidak Sesuai
    Pemilihan kabel paada mobil yang itdak sesuai seperti besar kecilnya ukuran kabel juga bisa menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil. Dikarenakan ukuran yang tidak seusai maka besar tegangan arus yang mengalirpun tidak maksimal atau bukan standardnya. Dengan daya tegangan listrik yang berbeda – beda di setiap komponen mobil maka dari itu pemilihan kabel juga di sesuaikan untuk menghindari konsleting pada mobil.

Insiden mobil yang terbakar akhir-akhir ini makin marak. Pada dasarnya mobil terbakar bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. Hal itu tertuang dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia pasal 1 mengenai Jaminan terhadap Kendaraan Bermotor. Namun, pihak asuransi tidak serta-merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebabnya. Anda harus selalu melapor jika Anda memodifikasi mobil Anda. Karena jika terjadi kebakaran karena modifikasi itu dan Anda tidak melapor sebelumnya, pihak asuransi tidak akan mengganti klaim mobil Anda.

Untuk itu jika kendaraan Anda mengalami korsleting dan terbakar dan Anda ingin mengklaimnya, Anda dapat menghubungi Garda Akses 1 500 112 yang dapat membantu 24 jam ataupun mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat.