Mengenal Silencer Knalpot, Komponen Penting Kendaraan

Mengenal Silencer Knalpot, Komponen Penting Kendaraan

Knalpot adalah salah satu komponen penting pada kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil. Knalpot bisa berpengaruh pada performa kendaraan ketika digunakan. Oleh karena itu banyak orang memilih knalpot dengan silencer yang berkualitas. Apakah Anda mengetahui tentang silencer knalpot?

Silencer adalah bagian dari knalpot yang umumnya memiliki bentuk tabung yang ada di bagian belakang. Anda juga perlu mengetahui bahwa silencer adalah komponen yang bisa berpengaruh pada suara kendaraan. Nah, agar lebih jelas ikuti terus pembahasan tentang silencer di bawah ini.

Pengertian Silencer

Silencer adalah komponen utama dari suatu knalpot. Dalam silencer juga ada beragam komponen yang fungsinya untuk meredam suara dari kendaraan ketika dijalankan. Suara knalpot ini asalnya dari pembuangan gas ketika proses pembakaran terjadi.

Bentuk dan desain knalpot sangat berpengaruh pada suara yang dihasilkan dari kendaraan. Maka dari itu, sebelum mengganti knalpot, Anda perlu memperhatikan ukuran silencer serta jenis material yang digunakan, sudah tepat atau belum.

Komponen Penting Silencer

Komponen-komponen penting pada silencer contohnya partition yang memiliki fungsi untuk memecah suara agar bunyi kendaraan tak terlalu bising atau keras. Ada pula komponen lain contohnya glasswool yang memiliki fungsi untuk meredam serta menghaluskan suara dari kendaraan ketika dijalankan.

*Baca Juga: Mengenal Komponen Mobil Beserta Bagian-Bagiannya

Silencer knalpot standar dan knalpot racing secara umum mempunyai sekat yang berbeda. Perbedaannya yaitu pada knalpot standar tak terdapat glasswool, sementara pada knalpot racing menggunakan glasswool.

Fungsi dari Silencer

Setelah mengetahui tentang silencer, berikutnya Anda pun perlu mengetahui tentang fungsi dari silencer yang ada pada knalpot kendaraan. Anda perlu mengetahui fungsi dari silencer mempunyai peran sangat penting. Berikut beberapa fungsi dari silencer untuk Anda ketahui.

1. Silencer Bisa Meredam Suara Kendaraan

Ketika kendaraan dijalankan maka mesin mengalami proses pembakaran. Gas buang akan dikeluarkan oleh mesin dari proses pembakaran. Gas buang yang dihasilkan dari kendaraan nantinya dikeluarkan dari knalpot.

Saat sisa gas dari pembakaran masuk ke bagian silencer, suara yang dihasilkan nantinya diredam oleh partition yang ada di dalam silencer. Proses itu nantinya menyebabkan suara kendaraan diperhalus oleh bagian dari silencer yaitu glasswool.

2. Silencer Bisa Meningkatkan Performa Kendaraan

Performa kendaraan sebenarnya memang erat kaitannya dengan material atau bahan silencer yang digunakan berikut sekat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu tak perlu heran bila silencer mempunyai berbagai model yang juga memiliki desain berbeda.

3. Silencer Bisa Mengatur dB yang Dihasilkan

Sekarang ini ada banyak pabrik yang sudah mengembangkan knalpot racing terbaik untuk motor dan mobil, baik yang dilengkapi fitur dB killer ataupun belum. dB killer ini memungkinkan Anda dapat mengatur kualitas dari suara yang dihasilkan oleh knalpot.

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan suara yang tak terlalu bising/bising, Anda dapat menurunkan tingkat dB menggunakan fitur satu ini, ini berlaku pula sebaliknya.

Bahan-bahan Silencer

Silencer knalpot yang ada di pasaran dibuat dengan bahan berbeda-beda. Tak hanya itu, perbedaan bahan juga menyebabkan harga yang bervariasi, tergantung dari bahan yang dipakai.

1. Stainless dan Aluminium

Hampir semua bahan untuk membuat silencer mempunyai jenis suara yang tak berbeda jauh. Namun soal performa dan bobot tentu masing-masing bahan akan berbeda. Keunggulan stainless dan aluminium adalah harganya cukup terjangkau.

Performa kendaraan dengan knalpot yang menggunakan bahan stainless dan aluminium juga sangat dipengaruhi ukuran panjang pendek knalpot. Knalpot jenis ini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, bahkan knalpot standar memakai bahan ini pada silencernya.

2. Galvanis

Galvanis adalah jenis bahan terbaik serta banyak dipilih bila dibandingkan dengan silencer dengan bahan stainless. Hal ini karena galvanis mempunyai keunggulan tak mudah berkarat. Mengenai bobotnya, silencer dari galvanis tak jauh berbeda dengan silencer dari stainless.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan silencer ini, tak perlu khawatir sebab silencer dengan bahan galvanis juga banyak ditemukan di pasaran. Tak hanya itu, Anda pun harus teliti dalam memilihnya sebab silencer galvanis memiliki bentuk menyerupai bahan stainless.

3. Carbon

Tak seperti bahan silencer knalpot yang lainnya, carbon justru sangat berpengaruh pada performa yang dihasilkan oleh kendaraan. Tak hanya kendaraan mempunyai tampilan yang lebih mewah dan trendy, knalpot dengan material carbon juga bisa menyerap suara dari kendaraan.

Material carbon bisa membuat suara kendaraan menjadi lebih lembut serta jernih. Tak hanya itu saja, carbon juga mempunyai bobot sangat ringan bila dibandingkan dengan aluminium dan galvanis.

4. Titanium

Jenis material atau bahan titanium umumnya digunakan pada motor sport dan motor balap. Hal ini mungkin karena bobotnya memang lebih ringan bila dibandingkan dengan material galvanis serta material stainless.

Tak hanya itu, material titanium juga mempunyai keunggulan yang patut untuk Anda pertimbangkan, sebab dapat menahan udara panas sangat tinggi. Penggunaan material satu ini bahkan dianggap lebih kuat bila dibandingkan dengan material lainnya.

5. Monel

Material monel adalah campuran tembaga, sulfur, besi, nikel dan beberapa unsur yang lain. Namun knalpot dengan material ini karakternya sensitif pada debu, maka dari itu harus rutin dibersihkan agar tak mudah berkarat.

Material knalpot yang dibuat dari monel umumnya kerap digunakan oleh pabrik mobil untuk membuat knalpot terbaru. Untuk perawatan material knalpot satu ini bisa dilakukan dengan memakai lap, amplas halus dan juga sikat kawat yang setiap hari digunakan untuk membersihkannya.

*Baca Juga: Ketahui Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Biasa

Demikian pembahasan tentang silencer knalpot yang termasuk dalam komponen penting kendaraan. Untuk melindungi mobil dari risiko kerusakaan, pastikan Anda mempunyai asuransi mobil. Garda Oto adalah perusahaan asuransi yang siap membantu Anda dalam jaminan suku cadang asli. Kami memiliki jenis pertanggungan untuk kendaraan Anda, seperti Total Loss Only dan All Risk.