Mengenal Arti Engine Mounting dan Fungsinya Pada Mobil

Mengenal Arti Engine Mounting dan Fungsinya Pada Mobil

Salah satu faktor yang Anda pertimbangkan untuk membeli mobil merk tertentu adalah karena kenyamanan saat digunakan. Kenyamanan berkendara dipengaruhi oleh fitur keamanan, kenyamanan kabin, ground clearance sampai tingginya masalah getaran. 

Coba Anda lihat, apakah mobil saat ini memiliki getaran yang kencang? Hal tersebut karena adanya komponen yang mampu menahan getaran dari mesin. Komponen ini disebut dengan bantalan besar yang dapat meredam getaran mesin hingga ke seluruh body mobil. Komponen itu disebut dengan Engine mounting. 

Pengertian Engine Mounting

Engine mounting merupakan salah satu komponen yang penting dalam mesin kendaraan dengan tenaga besar karena memiliki fungsi untuk menjaga getaran yang tinggi agar getaran tersebut tidak masuk ke kabin. Bisa dikatakan bahwa komponen ini memiliki fungsi untuk meredam getaran pada mobil sehingga pengguna kendaraan tidak merasa adanya getaran. 

Getaran diakibatkan karena adanya ledakan antara udara ruang pembakaran dengan bahan bakar. Kruk as yang memiliki bentuk seperti bandul terputar oleh ledakan dan terjadi getaran. Bila getaran tidak ditahan dengan komponen tersebut, maka getaran akan terasa sampai rangka kendaraan dan kenyamanan di ruang kabin menjadi berkurang. 

*Baca Juga: Apa itu Busi? Tanda-Tanda Busi Mobil Harus Diganti

Tidak hanya menahan getaran saja tetapi memiliki fungsi untuk menjaga mesin agar masih menempel dengan sasis. Sebab bila tidak menempel maka komponen tersebut akan rusak. Dengan komponen ini maka membantu pekerjaan komponen lainnya seperti griboks dan piston

Komponen tersebut juga memiliki tugas untuk menjaga stabilitas mobil, karena getaran dari mesin mempengaruhi kendaraan. Akibatnya, pemakaian komponen tersebut akan mengalami kerusakan. 

Material Engine Mounting

Umumnya, komponen tersebut berasal dari bahan karet. Dimana karet dapat bekerja untuk meredam getaran dengan baik karena sifat karetnya yang elastis. Tidak hanya dari karet, namun dari bahan polyurethane juga ada yang bahannya kaku. Biasanya bahan jenis itu digunakan pada mobil sport karena lebih cocok untuk menjaga keseimbangan kendaraan. 

Umumnya, komponen tersebut ada dua buah atau sesuai kebutuhan dari kendaraan tersebut. Namun semakin banyak yang dipasang maka memiliki dampak baik untuk meredam getaran pada kendaraan. Bagi Anda yang awam dimana posisi engine mounting tidak perlu khawatir. Sebab posisinya mudah dikenali ketika Anda buka kap mesin dan liat posisi yang menopang mesin. 

Umumnya, ada bagian sisi yang berbahan besi berfungsi sebagai pemegang ke sasis dan sisi lain dengan bahan karet yang dapat meredam getaran mesin. Saat ini ada komponen peredam getaran yang memanfaatkan sistem hidrolik seperti sokbreker mobil atau shock absorber. Dengan jenis hidrolik maka mampu meredam getaran mesin sekaligus dapat menjaga kestabilan mobil. 

Jenis-jenis Engine Mounting

Ada dua jenis peredam getaran yang bisa kamu pilih. Hal yang perlu diingat ketika Anda menggunakan lebih dari satu komponen maka pastikan semuanya memiliki jenis yang sama. 

1. Konvensional

Jenis ini terbuat dari baja dan memiliki bentuk yang sederhana. Salah satu sisi sebagai sasis dan sisi lainnya berbentuk tabung yang dilengkapi dengan karet berlubang di tengahnya yang memiliki fungsi untuk menahan getaran pada mesin supaya tidak sampai ke bagian body mobil. 

2. Modern

Jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis konvensional. Dimana konstruksinya juga lebih modern dan tabungnya hidrolik. Sudah dijelaskan di atas bahwa yang memiliki hidrolik biasanya dimiliki oleh kendaraan mewah seperti mobil sport. 

Fungsi Engine Mounting

Engine mounting memiliki fungsi utama, yaitu dapat meredam getaran pada mobil. Dengan memendam getaran dari mesin maka memiliki manfaat utama dua, yaitu:

  • Memiliki manfaat untuk kenyamanan penumpang. Bila tidak ada komponen ini maka getaran akan menembus pada kabin mobil sehingga pengguna tidak nyaman. 
  • Perlindungan bagi komponen mesin lainnya. Bila adanya getaran hebat maka akan berpengaruh dengan sparepart lainnya dan sparepart lain jadi tidak berfungsi dengan baik. 

Ciri-Ciri Engine Mounting Rusak

1. Ada getaran pada mesin

Memiliki fungsi menahan getaran, sehingga bila merasa getaran sampai ke kabin maka komponen tersebut telah rusak. Tidak hanya merasa getaran, namun terasa hentakan saat dipindahkan ke kopling gigi satu yang awalnya pada posisi diam. Akan terasa pada bagian transmisi. 

2. Posisi mesin miring atau turun

Tidak hanya terasa getaran, namun komponen terlihat dari mesin mobil yang menjadi turun atau miring. Hal tersebut diketahui bila komponen diletakkan pada dudukan mesin 

3. Terdengar bunyi aneh pada mesin

Selanjutnya, memiliki ciri-ciri munculnya bunyi aneh, ketika berjalan pada jalanan yang rusak maka muncul suara gluduk-gluduk. Bunyi aneh muncul ketika mobil pertama kali distarter. 

Penyebab Engine Mounting Rusak 

1. Karet retak

Komponen ini memiliki karet sebagai bagiannya. Bila karet mengalami keretakan karena sering digunakan maka harus diganti secara berkala. 

2. Service yang kurang detail

Komponen yang berada di posisi yang lumayan tersembunyi sehingga diperlukan pengecekan secara detail, bisa saja tidak mengalami kerusakan pada komponen ini. 

3. Beban kendaraan terlalu besar

Terakhir faktor penyebabnya adalah sering menahan beban yang ditahan oleh komponen ini. Dengan beban yang berat maka energi yang dikeluarkan mobil saat berjalan maka semakin besar sehingga adanya getaran ekstra yang membuat komponen ini harus bekerja keras.

*Baca Juga: Kenali Throttle Body dan Fungsinya untuk Kendaraan Anda

Hal yang perlu diingat ketika mengalami kerusakan, yaitu segera diperbaiki agar tidak perlu harus diganti dengan yang baru. Itulah beberapa informasi terkait Engine mounting mulai dari pengertiannya, jenis, fungsi, ciri-ciri bila mengalami kerusakan, material bahannya, hingga penyebab terjadi kerusakan. 

Engine mounting sebenarnya memiliki fungsi utama, yaitu menahan getaran agar tidak masuk ke dalam kabin mobil yang membuat penumpang menjadi tidak nyaman. Komponen ini memiliki dua jenis, yaitu konvensional dan modern. Jenis konvensional memiliki karet pada lubang tabung dan lebih murah, sedangkan modern harganya lebih mahal, karena bentuk tabung hidrolik.

Itulah pembahasaan mengenai engine mounting. Untuk perlindungan yang lebih ekstra terhadap mobil Anda, sebaiknya gunakan asuransi mobil. Garda Oto adalah perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan untuk Anda yang memiliki kendaraan. Produk asuransi ini menjamin modil Anda dari risiko rusak akibat banjir, hilang akibat pencurian, dan meledak akibat bencana alam. Segera hubungi Garda Oto di nomor 1 500 112 untuk mengetahui informasi lebih lanjut.