Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang & Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang & Cara Mengatasinya

Pernah menderita sakit kepala bagian belakang? Ingin tahu mengenai apa sih yang menyebabkan serta cara mengatasinya? Untuk itu, tetaplah berada di sini dan baca artikel ini sampai dengan habis ya. Sebab, kami akan memberikan penjelasan yang mudah untuk dipahami oleh kalian semua.

Apa Itu Sakit Kepala Bagian Belakang?

Sakit kepala satu ini, bisa saja terjadi kepada setiap orang tanpa melihat jenis kelamin dan umur dan biasanya di rasakan di bagian belakang kepala dari orang yang mengalaminya. Namun, untuk lokasi titik sakitnya sendiri, walaupun berada di belakang kepala, memiliki titik yang berbeda – beda.

Perbedaan titik sakit kepala yang terjadi itu tergantung dari sebab yang memicunya.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Melansir melalui berbagai sumber, terdapat beberapa penyebab yang bisa memicu seseorang mengalami sakit kepala di bagian belakang kepalanya. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, kondisi yang terjadi juga akan berbeda di mana sangat tergantung dari penyebab yang memicunya.

Agar kalian bisa membedakannya dan mengetahui apa saja penyebabnya, simak penjelasan berikut :

1. Tension Headache atau Sakit Kepala Tegang

Kondisi ini adalah kondisi sakit kepala di bagian belakang kepala yang sangat umum atau sering terjadi kepada orang – orang. Rasa yang akan muncul adalah rasa sakit di tengkorak bagian belakang, yang mana rasa sakit itu bisa berlangsung sampai 30 menit lamanya.

Pemicu dari kondisi ini, adalah stres yang dialami oleh seseorang, atau otot pada bagian leher dan kepala belakang yang menjadi tegang. Itulah mengapa orang yang sedang stres sering mengalami sakit kepala.

2. Migrain Basilar

Merupakan salah satu kondisi sakit kepala yang juga sering dialami oleh orang banyak. Lagi – lagi bagian yang sakit adalah tengkorak kepala bagian belakang.

Tapi ketika seseorang mengalami kondisi seperti ini, rasa sakit tidak akan langsung berada di bagian belakang kepala loh. Melainkan rasa sakit awal akan muncul di bagian sisi kiri dan akan terus berpindah atau merambat hingga ke kepala bagian belakang, itulah mengapa sakit ini bukanlah migrain biasa.

*Baca Juga: 10 Jenis Penyakit yang Bisa Diobati Dengan Rawat Jalan

Risiko orang untuk terkena kondisi sakit kepala saat ini, sangat dipengaruhi oleh umur yang dimilikinya. Di mana orang yang lebih tua akan lebih sering untuk mengalaminya, terlebih lagi untuk para wanita yang sudah memiliki umur sekitar 35 sampai dengan 45 tahun.

3. Sakit Kepala Cluster

Adalah penyebab sakit kepala bagian belakang yang sangat jarang terjadi. Namun, rasa sakit yang terjadi karena sakit kepala ini, amatlah menyakitkan loh. Bahkan, bisa muncul kapan saja serta dapat terjadi lebih dari satu kali dalam satu hari.

Kondisi yang terjadi akan menimbulkan rasa sakit di kepala bagian belakang, atau di bagian sisi lainnya dari kepala. Saat mengalaminya, rasa sakit akan menjadi lebih terasa ketika penderita tersebut membaringkan tubuhnya.

4. Oksipital Neuralgia

Selanjutnya adalah kondisi yang akan terjadi ketika saraf yang ada dan menjalar dari bagian belakang leher kalian, tulang leher, sampai bagian paha mengalami iritasi atau kerusakan. Kondisi ini yang disebut juga sebagai Oksipital Neuralgia.

Rasa yang muncul diawali dari bagian leher belakang yang mulai sakit dan terus menjalar ke kepala bagian belakang kalian. Saat mengalaminya, kalian akan merasakan rasa sakit yang tajam seolah menusuk bagian yang sakit diiringi dengan rasa berdenyut yang tidak nyaman.

5. Postur Tubuh yang Buruk

Maaf, apabila postur tubuh yang kalian miliki buruk, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit di kepala bagian belakang sampai dengan leher kalian. Karena postur tubuh yang tidak baik, bisa menimbulkan penekanan terhadap pundak, leher, sampai kepala bagian belakang.

Ketika mengalaminya, kalian akan merasakan sakit yang berdenyut. Itulah mengapa ada baiknya kalian segera melakukan olahraga untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih baik hingga menurunkan terjadinya sakit kepala di bagian belakang.

6. Sakit Kepala Exertional

Adalah sakit kepala yang muncul karena dipicu berbagai aktivitas fisik. Rasa nyeri bagi para penderita, bisa semakin bertambah kalau kegiatan yang dilakukan termasuk kegiatan yang berat. Contohnya seperti ketika penderitanya melakukan kegiatan lari.

Rasa nyeri akan muncul di kepala bagian belakang serta berlangsung kurang lebih selama 20 menit. Tenang saja, hal ini bukan menjadi pertanda bahwa kalian memiliki penyakit yang serius.

Namun, apabila kondisi ini sering terjadi kepada kalian, tidak ada salahnya untuk melaporkannya kepada ahli kesehatan yang kalian percayai. Sebab, sakit kepala satu ini bisa jadi pertanda bahwa ada gangguan terhadap pembuluh darah di otak.

7. Terjepitnya Saraf

Penyebab sakit kepala bagian belakang selanjutnya adalah adanya saraf kalian yang mengalami kondisi terjepit. Yang mana hal ini bisa menimbulkan rasa sakit di bagian leher kalian.

Awalnya rasa sakit hanya terasa di bagian belakang kepala lalu akan semakin menjalar ke arah bagian belakang mata kalian. Biasanya para penderitanya juga akan merasakan bahu dan lengan yang tidak nyaman. 

*Baca Juga: Manfaat Asuransi Rawat Jalan Untuk Anda dan Keluarga

Itulah penyebab sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya. Apabila Anda ingin menjaga kesehatan dengan baik, gunakan asuransi rawat jalan Garda Healthtech. Produk asuransi ini terbaik di Indonesia, karena kesehatan Anda akan dijamin secara cepat, seperti konsultasi kepada dokter langsung dan pembelian obat secara online berdasarkan anjuran dokter.

Asuransi ini berlaku untuk umur minimum 15 tahun dan umur maksimum 55 tahun. Untuk sistem penjaminan klaim secara Cashless di Provider. Tertanggung juga dapat melakukan upgrade paket perlindungan yang lebih tinggi. Sangat banyak sekali bukan keuntungannya? Jika Anda tertarik dengan asuransi rawat jalan ini, silahkan hubungi nomor berikut ini: 1 500 112..