Perbedaan Bahan Bakar Jenis Pertamax dan Pertalite

Perbedaan Bahan Bakar Jenis Pertamax dan Pertalite

Sejak tahun 2014 lalu,  pemerintah mulai membatasi penjualan bahan bakar Premium dan mulai perlahan hingga kini berganti dengan Pertalite. Dilihat dari posisinya, Pertalite yang beroktan 88 ini berada diantara Premium dan Pertamax dengan oktan 90 dan 92. Jika dilihat dari segi harga, Pertalite pun tidak jauh berbeda dari Pertamax. Nah, bagi yang belum tahu perbedaan apa saja yang ada antara pertamax dan pertalite, silahkan simak pembahasan berikut.

1. Nilai Oktan

Apabila dilihat dari nilai oktan, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90, dan Pertamax dengan nilai RON 92. Hal ini menunjukkan besar tekanan yang bisa diberikan sebelum pembakaran bensin secara spontan. Semakin tinggi nilai oktan suatu bahan bakar, maka BBM akan lebih lama untuk terbakar. Maka, tidak adanya residu pada mesin yang ditinggalkan bahan bakar sehingga dapat mengganggu kinerja mesin kendaraan. Selain itu, kendaraan yang memiliki kompresi tinggi lebih cocok menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

2. Warna Cairan

Kamu dapat membedakan warna cairan dari masing-masing bahan bakar yang dapat mempengaruhi kinerja mesin. Bahan bakar yang tidak terdapat zat pewarna tambahan dalam komposisinya dapat memberikan dampak pembakaran sempurna pada mesin.

  • Premium: Kuning cerah (zat warna tambahan)
  • Pertamax: Biru kehijauan
  • Pertamax Plus: Merah
  • Pertalite: Hijau terang

3. Polusi

Apapun bahan bakarnya pasti akan mengeluarkan polusi. Tapi, setiap bahan bakar memiliki tingkat polusi yang berbeda berdasar kualitas dari bahan bakar tersebut.

  • Premium: Besar
  • Pertamax: Sedikit
  • Pertalite: Sedikit
  • Pertamax Plus: Paling sedikit

Apabila dilihat dari perbedaan di atas, maka Pertalite sedikit lebih unggul daripada bahan bakar lainnya. Selain Pertalite memiliki harga yang murah daripada Pertamax, bahan bakar Pertalite juga tidak mengandung timbal dan juga terdapat kandungan zat aditif seperti anti karat, demulsifier atau pembersih, dan zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air.

Tapi jangan terlalu terburu-buru berpihak kepada Pertalite, karena sebelum memilih kamu juga harus tahu kelebihan dari Pertamax. Bahan bakar ini memiliki kualitas sedang yang lebih baik dari Premium. Pertamax dibuat untuk mesin dengan kompresi diatas 10:1 sampai 10,9:1. Bahan bakar ini juga berada di bawah Pertamax Plus jika dilihat dari kualitas keunggulannya. Pertamax memiliki oktan sebesar 92, lebih tinggi daripada Premium ataupun Pertalite. Selain itu Pertamax juga memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan Pertalite. Mengandung zat aditif seperti pembersih , anti karat, dan juga zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air atau demulsifier.

Apapun bahan bakarnya, gunakan bahan bakar kendaraan sesuai yang telah direkomendasikan oleh standar pabrikan untuk menjaga kualitas & daya tahan mesin kendaraan. Selain menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan Anda, jangan lupa untuk lindungi kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil. Bila Anda ingin mengasuransikan mobil, Anda bisa mencari tahu mengenai jenis perlindungan apa saja yang ditawarkan oleh Garda Oto untuk mobil Anda, cukup dengan akses website gardaoto.com. Di gardaoto.com Anda dapat menghitung nilai premi sesuai kebutuhan Anda. Dengan membeli asuransi mobil Garda Oto, mobil Anda akan terlindungi dan mendapatkan jaminan perbaikan saat terjadi kerusakan. #PeaceofMind bersama Garda Oto.