Perlukah Asuransi Kebakaran? Ini Manfaat Asuransi Kebakaran Rumah

Perlukah Asuransi Kebakaran? Ini Manfaat Asuransi Kebakaran Rumah

Saat ini asuransi adalah salah satu produk keuangan yang mulai banyak diminati oleh masyarakat kekinian. Yaitu sebuah produk keuangan yang berguna untuk memberikan perlindungan pada risiko keuangan di masa yang akan datang, terutama dari beragam peristiwa yang tak terduga datangnya seperti misalnya resiko meninggal dunia, mengalami kecelakaan atau mengalami penurunan kondisi kesehatan yang menyebabkan tak bisa beraktivitas atau bekerja lagi.

Semakin tingginya antusias dari masyarakat untuk memiliki produk asuransi secara tidak langsung membuat perusahaan asuransi pun berusaha untuk menyediakan berbagai produk asuransi secara lengkap. Terutama yang memiliki manfaat, fasilitas sekaligus keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan pemilik asuransi. Diantaranya adalah jenis asuransi kebakaran yang dipakai untuk memberikan perlindungan pada bangunan properti seperti misalnya kantor, rumah atau bangunan lainnya dari musibah kebakaran yang terjadi.

Lalu apa itu asuransi kebakaran dan manfaat yang dimilikinya? Apa saja hal yang tercakup dalam asuransi kebakaran tersebut? Berikut kita bahas bersama ulasan lengkapnya.

Manfaat Asuransi Kebakaran yang Perlu Anda Ketahui

Jika rumah Anda mengalami kebakaran maka ada banyak sekali resiko yang harus Anda tanggung seperti kehilangan tempat tinggal, kehilangan keluarga atau kehilangan barang berharga yang tersimpan di dalam rumah. Maka dari itu sangat penting untuk mulai memikirkan adanya asuransi kebakaran untuk memberikan perlindungan pada semua hal berharga yang Anda miliki.

*Baca Juga: 4 Alasan Anda Harus Menggunakan Asuransi Kebakaran Rumah

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memiliki asuransi kebakaran untuk hunian tercinta.

  1. Santunan pembeliaan perabotan

Asuransi kebakaran bisa memberikan santunan untuk perabotan yang terbakar dalam musibah kebakaran. Santunan untuk pembelian perabotan rumah tangga maks. 50 juta rupiah, apabila rumah tinggal mengalami kerusakan akibat kebakaran.

  1. Terhindar dari kerugian materiil

Manfaat yang berikutnya adalah agar supaya Anda terhindar dari kerugian materiil ketika rumah Anda mengalami kebakaran. Di mana Anda akan mendapatkan perlindungan dari resiko yang bisa terjadi ketika mengalami kebakaran. Sehingga secara tidak langsung bisa memberikan ketenangan pada diri Anda dan keluarga.

  1. Biaya untuk tempat tinggal sementara

Banyak sekali korban kebakaran yang terlantar ketika rumah mereka mengalami kebakaran. Namun dengan asuransi kebakaran maka Anda tak perlu khawatir karena pihak asuransi akan menyediakan perlindungan untuk tempat tinggal sementara selama Anda membangun kembali atau mendapatkan tempat tinggal yang baru. Tempat tinggal sementara tersebut disediakan oleh pihak asuransi tanpa biaya tambahan karena memang merupakan layanan untuk pemegang polis asuransi kebakaran.

  1. Memberikan rasa aman pada Anda dan keluarga

Keberadaan asuransi kebakaran bisa memberikan rasa aman pada Anda dan keluarga terutama karena memiliki perlindungan asuransi kebakaran untuk rumah tempat tinggal. Hal itu akan membuat pemilik rumah bisa mendapatkan ganti rugi secara layak sehingga ketika mengalami kebakaran, kerugian yang harus dialami tidaklah begitu banyak.

  1. Memiliki jaminan perlindungan yang diperluas

Dalam artian, asuransi kebakaran juga bisa memberikan perlindungan lebih terutama pada beberapa kejadian yang tak bisa Anda hindari. Seperti misalnya resiko kerugian karena bencana alam, tertimpa pesawat terbang, tersambar petir, mengalami kerusakan akibat demonstrasi massa atau ketika terjadi kerusuhan dan terorisme, dan gempa bumi.

Asuransi kebakaran juga memberikan perlindungan pada rumah Anda ketika mengalami kerugian akibat ledakan yang terjadi, baik karena kecelakaan kerja maupun aksi terorisme di lingkungan Anda. Selain itu ketika terjadi kebakaran, asuransi kebakaran juga akan memberikan perlindungan pada barang-barang yang ada di dalam rumah baik untuk benda elektronik maupun non elektronik yang terkena resiko dari terkena asap kebakaran.

*Baca Juga: Mengenal 6 Klasifikasi Kebakaran dan Bentuk Pencegahannya

Jenis Kerugian yang Dijamin oleh Asuransi Kebakaran

Berikut ini adalah beberapa jenis kerugian yang dijamin atau akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kebakaran yang Anda miliki.

  • Kerusakan pada perabotan yang ada di dalam rumah dengan catatan kebakaran terjadi bukan karena kelalaian pemilik rumah
  • Asuransi kebakaran juga mencakup untuk menanggung biaya pemadam kebakaran yang dipanggil untuk memadamkan kebakaran yang terjadi
  • Pihak asuransi kebakaran memberikan biaya untuk tempat tempat tinggal sementara
  • Asuransi kebakaran juga akan memberikan santunan pemakaman pada tertanggung jika ada yang meninggal

Itulah beberapa jenis kerugian yang dijamin atau ditanggung oleh pihak asuransi dalam kebakaran rumah. Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, sebaiknya Anda segera memiliki asuransi kebakaran. Anda bisa memilih produk asuransi kebakaran yang sesuai kebutuhan, Garda Home siap memberikan layanan asuransi lengkap untuk kenyamanan dan ketenangan rumah Anda.