Persyaratan Naik Kereta Api Terbaru untuk Orang Dewasa & Anak-anak

Persyaratan Naik Kereta Api Terbaru untuk Orang Dewasa & Anak-anak

Moda transportasi kereta api hingga saat ini masih menjadi favorit dan andalan masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan jauh. Setelah masa pandemi berlalu, kini syarat untuk bisa menjadi penumpang kereta api yang berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak pun telah berubah. Berikut ulasan singkatnya Kami bagikan hanya untuk Anda.

Ketahui Syarat Untuk Naik Kereta Api Bagi Orang Dewasa dan Anak-anak

Saat ini sudah berlaku ketentuan bagi calon penumpang kereta api yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap hingga booster tidak mendapatkan kewajiban untuk menunjukkan hasil tes rapid atau PCR lagi. Untuk calon penumpang yang berusia di bawah 12 tahun masih wajib menunjukkan hasil tes PCR atau rapid yang dilakukannya, berada dalam kondisi yang sehat, wajib menggunakan masker dengan benar dan melakukan protokol kesehatan secara ketat.

*Baca Juga: Cara Melewati Perlintasan Kereta Api dengan Aman

Selain itu, khusus untuk calon penumpang kereta api yang berusia di bawah 12 tahun wajib mendapatkan pendampingan dari pihak orang tua maupun keluarga yang diperkuat dengan adanya bukti Kartu Keluarga. Di bawah ini adalah beberapa persyaratan lengkap untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

  1. Semua calon penumpang kereta api baik untuk jarak jauh maupun dekat wajib menunjukkan kartu vaksin dengan ketentuan sebagai berikut:

– Minimal menunjukkan kartu vaksin dosis pertama

– Khusus untuk calon penumpang dengan usia di bawah 12 tahun maka tidak mendapatkan kewajiban menunjukkan kartu vaksin

– Untuk calon penumpang dengan riwayat kesehatan khusus atau memiliki komorbid sehingga terkendala untuk mendapatkan vaksin maka sebagai gantinya wajib menunjukkan dan melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang berwenang.

  1. Calon penumpang kereta api dengan Jarak Jauh harus menunjukkan surat keterangan hasil tes PCR atau Rapid Antigen yang berlaku sesuai jenis tes dengan hasil yang menunjukkan negatif kurang lebih sekitar 1×24 jam sebelum melakukan keberangkatan perjalanan dengan kereta api.

Saat ini untuk mendapatkan tiket kereta api, semua calon penumpang wajib melakukan input NIK dengan benar yang berlaku untuk penumpang dewasa maupun anak-anak. Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan pada program yang diberikan oleh pemerintah khususnya dalam upaya penggunaan NIK di semua bidang layanan publik yang ada. Terlebih untuk saat ini, pihak PT KAI sudah melakukan upaya yang terbaik sehingga aplikasi PeduliLindungi sudah terintegrasi secara langsung dengan sistem boarding KAI yang ada.

  1. Pihak KAI juga mengingatkan tentang protokol kesehatan yang masih harus tetap dijalani dengan ketat oleh seluruh calon penumpang kereta api yaitu:

– Menggunakan masker dengan benar

– Mencuci tangan dengan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir

– Menjaga jarak dari kerumunan orang

– Sebisa mungkin mengurangi mobilitas di wilayah publik

– Hindari berkumpul untuk makan bersama

– Menggunakan hand sanitizer saat diperlukan

  1. Semua calon penumpang harus dalam kondisi yang sehat dengan ketentuan sebagai berikut:

– Tidak sedang menderita penyakit flu, batuk, pilek, demam atau diare

– Tidak sedang mengalami kehilangan daya penciuman

– Suhu tubuh pada saat pemeriksaan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius

  1. Selama perjalanan dengan kereta semua penumpang wajib :

– Menggunakan masker kain atau masker medis sebanyak 3 lapis yang digunakan dengan benar hingga menutup mulut dan hidung

– Calon penumpang juga tak diperbolehkan untuk mengobrol dengan sesama penumpang maupun berbicara dengan satu arah maupun dua arah secara langsung atau dengan menggunakan sambungan telepon.

– Jika perjalanan dengan kereta api hanya dilakukan dalam kurun waktu tak lebih dari 2 jam maka tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas makan atau minum terkecuali untuk makan obat sesuai jadwal yang dimiliki

*Baca Juga: Rekomendasi Alat Transportasi Untuk Perjalanan Jarak Jauh

Tips Menggunakan Moda Transportasi Kereta Api Bersama Keluarga

Jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan perjalanan bersama keluarga dengan menggunakan alat transportasi kereta api, maka sebaiknya persiapkan dan lakukan tips berikut untuk mendapatkan perjalanan yang aman dan nyaman.

  • Pastikan Anda sudah melakukan packing perlengkapan jauh hari untuk menghindari adanya keterlambatan naik kereta api
  • Pilih tempat duduk yang berdekatan sehingga memudahkan Anda untuk berkomunikasi dan saling terhubung selama perjalanan berlangsung
  • Bawa sendiri alat perlengkapan pendukung protokol kesehatan seperti misalnya masker cadangan, hand sanitizer, sabun antiseptik, tisu basah dan tisu kering yang kemungkinan besar akan sangat dibutuhkan selama perjalanan dilakukan.
  • Siapkan dokumen penting dalam tas khusus yang aman untuk Anda bawa dalam perjalanan. Karena meski sudah tak membutuhkan hasil tes PCR atau rapid antigen, dalam beberapa kasus tertentu penggunaan hasil tes tersebut masih bisa diterima oleh pihak PT KAI.

Itulah informasi tentang persyaratan yang harus dipenuhi untuk naik kereta api bagi orang dewasa dan anak-anak. Dapatkan info terbaru untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api dan moda transportasi umum lainnya dari Garda Trip. Kami memiliki info dan panduan asuransi perjalanan terlengkap untuk Anda dan keluarga dengan nyaman dan menyenangkan.