Rumah Kayu VS Rumah Kaca, Mana yang Lebih Baik?

Rumah Kayu VS Rumah Kaca, Mana yang Lebih Baik?

Rumah menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat, selain untuk melindungi diri dan keluarga rumah idaman akan membuat penghuninya betah berlama-lama di dalamnya. Seiring perkembangan waktu dan kemajuan teknologi, kini terdapat beragam konsep yang bermunculan pada hunian baru, seperti rumah tumbuh, rumah minimalis, atau rumah pintar.

Tetapi ada yang menarik, belakangan ini justru rumah kayu mulai diminati kembali, dan trendnya kini tampak lebih modern. Selain rumah berbahan dasar kayu, rumah kaca dengan kombinasi gaya lain juga banyak dilirik. Lalu, manakah yang lebih bagus antara rumah bermaterial kayu atau bermaterial kaca? Simak kekurangan dan kelebihannya di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan Rumah Kayu

Akhir-akhir ini rumah dengan desain kayu marak kembali, namun memang tidak terlepas dari selera sang pemilik rumah. Rumah kayu tak melulu berdesain seperti rumah-rumah pedesaan, namun juga dapat terlihat lebih modern dan minimalis, bahkan rumah dengan gaya urban. Bahan kayu yang berkualitas memiliki kesan natural, hangat, dan nyaman sepanjang waktu.

*Baca Juga: Rumah Modern vs Rumah Minimalis Mana yang Lebih Baik?

Kelebihan:

  1. Ekonomis

Dengan perencanaan yang matang, membangun rumah kayu akan lebih mudah dan juga cepat dibanding dengan model dari bahan lain, sehingga lebih ekonomis dan menghemat biaya.

  1. Ramah Lingkungan

Mengapa ramah lingkungan, karena rumah berbahan kayu ini aktif dalam membantu penyerapan serta penyimpanan CO2 dilingkungan sekitaran rumah.

  1. Kuat dan Kokoh

Rumah ini tidak membutuhkan perawatan yang banyak dan sedikit perbaikan reparasi secara manual. Walaupun bobotnya ringan, kayu dengan kualitas tinggi mempunyai daya tahan yang kuat dan kokoh.

  1. Estetik

Kayu mempunyai corak, warna dan desain berbeda setiap kayunya, sehingga sangat dekoratif dan menghasilkan nilai estetika yang tinggi.

  1. Hemat Energi

Kayu sendiri sangat efektif dalam menjadi insulator suhu, dan sebagai penyerap suara. Hasilnya, rumah kayu terasa hangat dan tenang.

Kekurangan:

  1. Struktur Kayu Berubah

Kekurangan rumah kayu sendiri akibat dari kayu sendiri yang bersifat menyerap uap air, serta mempunyai kelembapan yang berubah-ubah sesuai kondisi lingkungan. Jadi kayu dapat berubah bentuk seperti menciut atau mengembang sesuai dengan suhu yang ada di ruangan.

  1. Kerusakan Alami

Kayu merupakan bahan organik, maka seringkali kayu berjamur, busuk, dan adanya rayap sehingga perlu perawatan yang ekstra.

  1. Kerusakan Non Alami

Bahan kayu akan lebih mudah terbakar dibanding dengan rumah dengan bahan batu beton atau konkrit.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kaca

Kaca bisa menjadi referensi bahan material pilihan yang dapat Anda gunakan saat membangun rumah. Dengan dinding kaca, rumah terlihat lebih minimalis dan modern, namun ternyata ini bukan merupakan hal baru, melainkan merupakan material tertua di dunia industri. Mari kita simak kelebihan dan kekurangan dari rumah kaca.

*Baca Juga: 10 Desain Interior Rumah yang Bagus untuk Anda Tiru

Kelebihan:

  1. Hemat Energi

Sama dengan rumah kayu, rumah kaca juga hemat energi. Kaca yang bersifat transparan membuat cahaya alami mudah untuk masuk ke dalam rumah, karena menghemat pemakaian lampu dan AC sehingga ruangan akan lebih terang, luas dan tentunya lebih sehat.

  1. Cocok Dikombinasikan Dengan Desain Apapun

Dinding kaca dapat menjadi media yang dekoratif, sehingga dapat dikombinasikan dengan desain model rumah apapun, seperti gaya minimalis ataupun gaya tropis dengan balutan dinding kaca disisi rumah.

  1. Tahan Perubahan Cuaca

Kaca ternyata bersifat kokoh dan tahan terhadap kondisi cuaca dan lingkungan, seperti angin, hujan, dan panas.

  1. Lebih Estetik

Dinding dengan material kaca memang terlihat estetik baik untuk interior maupun eksterior, meskipun sederhana namun tetap terlihat cantik.

Kekurangan:

  1. Kurang Privasi

Kelemahan yang pertama adalah kurangnya privasi, karena sifatnya transparan tentu orang di luar bisa melihat aktivitas Anda. Kekurangan ini dapat dihindari dengan menggunakan jenis kaca yang buram dan juga pemasangan gorden penuh.

  1. Mudah Pecah dan Tak Tahan Gempa

Benturan maupun pergerakan tanah tidak dapat dihindari meskipun telah dipasang double tempered glass.

  1. Menyerap Panas

Suhu panas yang terserap dari luar membuat rumah lebih panas dan dapat menimbulkan efek. Sebab itu, rumah kaca tidak cocok di negara dengan iklim tropis.

Kini Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari rumah kayu dan rumah kaca. Rumah menjadi aset dan kebutuhan primer yang harus kita jaga dan kita rawat. Setiap jenis rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti bahan kayu misalnya, merupakan bahan yang mudah terbakar. Anda perlu berhati-hati jangan sampai ada pemicu yang dapat menyebabkan kebakaran.

Selain mencegah suatu peristiwa terjadi pada rumah Anda, perlu juga asuransi untuk melindungi rumah dari berbagai risiko. Asuransi rumah terbaik yang bisa Anda pilih adalah asuransi rumah dari Garda Home. Anda tidak perlu khawatir karena dengan Garda Home dapat memberikan jaminan untuk risiko bencana tidak terduga yang dialami seperti kebakaran dan gempa bumi.