Simak di Sini! Pedoman Feng Shui Tanaman di Dalam Rumah yang Perlu Diketahui

Feng shui secara harfiah memiliki arti yaitu angin dan air, yang mana feng shui ini mempelajari bagaimana energi dari alam semesta serta lingkungan sekitar dari sebuah bangunan akan mempengaruhi hidup seseorang. Oleh karena itu, feng shui tanaman di dalam rumah banyak diperhatikan bukan hanya soal desain tetapi manfaatnya.

1. Ruang Keluarga dan Area Lorong Depan

Ruang keluarga serta lorong depan rumah merupakan tempat yang tepat untuk meletakkan tanaman hias indoor yang berukuran besar. Sebab menurut ahli feng shui tanaman, menempatkan tanaman kannya di area ini disebut mampu meningkatkan keberuntungan. Kendati demikian, jika lorong atau ruang keluarga ada di arah barat laut, barat daya, atau timur laut, maka sebaiknya tidak perlu.

2. Bawah Balok Rumah

Apakah Anda tahu bahwa dalam ilmu feng shui, adanya balok kayu di struktur rumah merupakan elemen atau ornamen yang buruk? Hadirnya balok ini dinilai bisa merusak energi chi yang ada. Oleh karena itu, tanaman perlu diletakkan di bawah balok balok kayu yang ada pada struktur rumah. Keberadaan tanaman tersebut akan menghindarkan Anda untuk bekerja, beristirahat, dan tidur di bawah balok kayu yang mampu merusak energi chi. Agar energi chi tidak rusak, para ahli feng shui menyarankan menempatkan tanaman yang serupa dengan balok kayu dipercaya mampu memperbaiki aliran chi yang tersendat.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Inspirasi Membuat Kebun Sayur Di Pekarangan Rumah

3. Ruang Makan

Apabila ingin meningkatkan keberuntungan finansial, maka menempatkan tanaman hias di area ruang makan merupakan sesuatu hal yang baik menurut ilmu feng shui. Ukuran tanaman nantinya bisa disesuaikan dengan ukuran ruang makan yang Anda miliki. Sementara jenisnya, beberapa ahli feng shui menyarankan untuk memilih tanaman yang berbuah sebagai simbol memanen berkah.

4. Area Kantor Rumah

Apabila Anda memiliki area kantor di dalam rumah, maka menempatkan tanaman hias pada area ini akan memberikan dampak yang baik. Bahkan tidak hanya menurut ilmu feng shui, berbagai kajian ilmiah juga mengatakan hal yang senada. Menempatkan tanaman hias di area kantor akan membantu dalam meningkatkan konsentrasi serta kemampuan belajar. Tidak heran jika banyak yang menyarankan agar tanaman hias juga diletakkan pada ruangan tempat belajar anak, supaya dapat meningkatkan konsentrasinya saat belajar. Menurut ilmu feng shui sendiri, memajang pohon bambu keberuntungan pada area wen chang atau area belajar tersebut juga akan meningkatkan konsentrasi serta kemampuan dalam belajar.

5. Arah Timur dan Tenggara

Feng shui tanaman di dalam rumah akan bagus juga ditempatkan pada arah timur dan tenggara. Karena area yang ada di arah timur dan tenggara ini identik dengan elemen kayu. Tanaman hias di dalam ruangan sebagai elemen kayu yang hidup, dapat membantu meningkatkan energi kayu pada area yang berada di arah timur dan tenggara tersebut.

Penerapan ilmu feng shui ini sangat berguna untuk dicoba, terlebih jika energi kayu yang ada di area arah timur dan tenggara pada rumah Anda dirasa kurang mencukupi. Sehingga energi di sana pun akhirnya bisa diperkuat dan meningkat, jadi dapat memberikan keberuntungan dalam menghadapi kehidupan.

6. Arah Selatan

Jika arah timur dan tenggara memiliki energi elemen kayu, maka area yang berada pada arah selatan sangat identik dengan elemen api. Penambahan tanaman hias pada area ini pun dinilai dapat meningkatkan energi yang ada, sebab kayu bisa menjadi bahan bakar api. Feng shui tanaman di dalam rumah satu ini disebut dapat meningkatkan kebijakan Anda dalam membuat keputusan.

Itulah beberapa penempatan tanaman hias di dalam rumah berdasarkan ilmu feng shui. Terlepas dari ilmu feng shui ini, tanaman hias memang sangat cocok diletakkan dalam area indoor karena dapat meningkatkan unsur estetika. Keberadaannya juga sekaligus mampu membangun energi positif di dalam rumah Anda. Rasa aman di rumah juga dapat membangun energi positif di rumah Anda, jadi jangan lupa untuk melindungi rumah Anda dengan asuransi kebakaran rumah Garda Home.