Mengulik 4 Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil dengan Mudah

Dinamo starter mobil sangat dibutuhkan pada kendaraan untuk menyalakan mesin. Namun, seringkali komponen yang satu ini mengalami gangguan bahkan kerusakan. Agar hal tersebut tidak mempengaruhi cara kerja mobil dan menyebabkan masalah serius, sebaiknya lakukan pengecekan. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara mengecek dinamo starter mobil dengan mudah!

1. Mengecek Kondisi Klem Aki Pada Mobil

Terkadang, kerusakan dinamo starter pada mobil berhubungan dengan komponen komponen lain pada mesin kendaraan roda empat. Salah satu bagian yang biasanya terganggu yaitu klem aki. Hal ini dikarenakan baut yang menopang klem aki ini mengalami kelonggaran dan membuatnya bermasalah. Aki tidak bisa mengalirkan listrik secara maksimal agar sampai ke dinamo starter. Maka dari itu, Anda harus membuka kap mesin dan periksa pada bagian penyimpanan aki. Cek klem kabel aki tepatnya terminal positif dan negatif. Jangan lupa periksa bagian klem aki apakah longgar atau tidak. Jika iya, maka segera kencangkan komponen tersebut.

Baca juga: Cara memperbaiki dinamo starter mobil

2. Memeriksa Bagian Bagian Kabel Aki

Cara mengecek dinamo starter mobil selanjutnya yaitu pada bagian kabel aki. Masalah starter tidak mau menyala bisa saja terjadi karena gangguan pada kabel aki. Biasanya, hal ini menyebabkan mesin mobil tidak mau menyala. Selain itu, lampu indikator aki pada dashboard ditemukan tidak menyala. Umumnya, hal tersebut ditandai dengan mobil yang tidak bisa dihidupkan. Langkah yang harus Anda lakukan adalah mengecek kabel yang terhubung pada aki mobil. Kemudian, periksa apakah ada kabel yang longgar atau terputus. Apabila Anda menemukan gangguan atau kerusakan pada kabel, dipastikan jika dinamo starter bermasalah. Untuk itu, segera bawa ke teknisi terdekat agar mobil dapat dikendarai dengan normal.

3. Memperhatikan Bagian Putaran Pada Mesin Mobil

Selain itu Anda juga bisa menerapkan cara lainnya yaitu memperhatikan putaran mesin mobil. Dinamo starter akan bermasalah jika putaran mesin menjadi lemah atau bahkan mengalami malfungsi. Cobalah mengecek dinamo starter mobil dengan menjalankannya. Namun, jika tidak kunjung bekerja dipastikan kondisi dinamo starter sedang terganggu. Masalah tersebut biasanya terjadi akibat aki mobil yang mulai melemah atau karena kabel dinamo mengalami gangguan. Biasanya kabel dinamo starter ini mengalami longgar, kotor, maupun lepas.

Baca juga: Inilah Penyebab Starter Mobil Tidak Mau Dinyalakan

4. Memperhatikan Bagian Soket Otomatis Pada Mobil

Selanjutnya, silahkan cek pada bagian dinamo starter yang merupakan bagian soket otomatis. Coba untuk melihat bagian tersebut apabila kesulitan menghidupkan mobil. Biasanya, masalah tersebut diikuti dengan lampu indikator di dashboard mobil yang sering berkedip. Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan kondisi soket otomatis.

Coba cara mengecek dinamo starter mobil pada bagian kabel kecil yang menyambungkan soket otomatis, apakah bermasalah atau tidak. Apabila hal tersebut tidak terjadi, maka periksa bagian relay dan juga sekring. Caranya adalah dengan starter mobil terlebih dahulu. Jika terdengar suara klek, maka relay dan sekring dalam kondisi yang baik. Namun, terdapat masalah kerusakan pada komponen lain. Mobil yang tidak bisa distarter atau dinyalakan biasanya bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti aki, kabel putus atau longgar dan lain sebagainya. Coba cek bagian soket otomatis mobil, bagian putaran mesin mobil, kabel aki, sampai dengan klem aki apakah klem mengalami kerusakan atau tidak.

Untuk mengurangi risiko dari kerusakan pada mobil Anda, cek info asuransi mobil Garda Oto di sini.