Yuk, Intip 3 Penyebab Oli Power Steering Bocor Serta Cara Mengatasinya

Perawatan oli power steering sangat penting untuk dilakukan. Jika dibiarkan saja tanpa adanya perawatan, maka oli pada komponen tersebut bisa bocor dan berbahaya bagi kendaraan. Agar dapat diatasi dengan baik, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab oli power steering bocor serta cara mengatasinya.

1. Selang yang Retak atau Pecah

Selang power steering akan mengalami masalah jika terlalu banyak menerima panas mesin. Bahkan masalah pada komponen tersebut juga bisa dipicu akibat usia pemakaian yang cukup lama. Hal ini menyebabkan rusaknya selang power steering dengan retakan kecil atau pecah. Tak heran membuat oli terus menetes.

Tanda dari kebocoran ini memang tidak selalu terlihat karena berupa tetesan dengan jumlah yang relatif sedikit. Namun, hal tersebut perlu diperhatikan lebih lanjut agar menghindari kerusakan lebih parah. Anda bisa mengidentifikasi masalah ini dengan melihat tetesan kecil yang ditemukan di lantai garasi. Oleh karena itu, penting melakukan perawatan secara berkala agar menjaganya.

2. Pelindung Steering Rack Bocor

Penyebab oli power steering bocor selanjutnya karena seal pada bagian steering rack mengalami kebocoran. Seal yang ada berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kebocoran minyak rem pada power steering mobil. Jika saja komponen tersebut mengalami retak, maka akan menyebabkan kebocoran dan masalah pada power steering. Untuk masalah kebocoran pada steering rack mungkin tidak terlalu terlihat dengan jelas. Namun ketika digunakan, maka kebocoran dengan jumlah besar bisa saja terjadi di kemudian hari.

Hal ini dikarenakan terdapat minyak rem bertekanan tinggi dalam komponen tersebut. Untuk itu perlu adanya tindakan khusus agar tidak membahayakan keselamatan penumpang mobil.

Anda dianjurkan untuk mengecek terlebih dahulu dengan menghidupkan mesin. Kemudian, belokkan setir ke kanan dan ke kiri. Apabila ada kebocoran ketika setir mobil dibelokkan, maka menandakan bahwa seal rack power mengalami masalah. Jika sudah mengetahui penyebab oli power steering bocor, solusi yang paling tepat yaitu mengganti komponen tersebut.

Baca juga: Mobil yang Baik Tentu Tidak Memiliki Kebocoran Mesin

3. Klem Selang yang Terlepas atau Kendor

Masalah yang akan dihadapi berikutnya yaitu jika klem selang terlepas atau kendor. Biasanya, komponen tersebut dipasang dengan klem sekrup atau klem pegas sebagai penguatnya. Apabila sudah dimakan usia, bisa saja klem selang mengalami kebocoran. Hal ini bisa terjadi karena melakukan perbaikan dan lain sebagainya. Langkah yang bisa Anda terapkan jika menemukan tetesan oli power di lantai, maka segera mengecek kondisi power steering dengan segera.

Anda harus mengecek penyebab oli power steering bocor sebelum melakukan penanganan yang tepat. Jika dirasa bermasalah, ada baiknya Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru di tempat service terpercaya. Jangan lupa pilihlah klem selang sesuai dengan tipe dan jenis mobil Anda agar lebih cocok. Pilih juga yang cara pemasangannya mudah jika ingin mengatasinya sendiri.

Bagi Anda yang pernah menemukan tetesan oli di bagian mobil dan tidak berhenti mengucur, ada baiknya memperhatikan kondisi tersebut. Hal ini bisa terjadi akibat beberapa faktor, misalnya kebocoran pada seal steering rack, klem selang yang kendor atau terlepas, sampai dengan masalah selang yang retak atau pecah. Untuk itu, segera cek kondisi mobil dan atasi dengan cara yang tepat. Serta jangan lupa asuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto – simak infonya di sini.