Biar Efektif, Ini Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Ketika memiliki buah hati, bukan hanya perlengkapan sandang, pangan, dan papan saja yang harus disiapkan. Namun, orang tua juga perlu memikirkan elemen lainnya agar anak mendapatkan pendidikan yang layak. Mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini perlu diperhatikan untuk menunjang masa depannya. Untuk lebih lanjut, berikut ulasan lengkapnya!

1. Melakukan Survei Sekolah

Langkah pertama yang harus diperhatikan bagi orang tua waktu melakukan survei terhadap sekolah yang memiliki kualitas terbaik versi Anda. Pilih beberapa sekolah yang sesuai kriteria anda sebagai perbandingan. Hal ini juga bertujuan agar Anda bisa melihat dari segi kuantitas serta kualitas untuk anak.

Selain itu, Anda juga perlu mencari informasi detail mengenai keunggulan dan kekurangan dari sekolah yang dituju. Mengingat saat ini ada banyak sekali pilihan berbagai jenis sekolah, mulai dari negeri, swasta sampai dengan sekolah internasional. Begitu juga saat anda berencana untuk mendaftarkan anak dalam program home schooling. Cari info detail terkait sistem pengajaran yang ditawarkan.

2. Memilih Sekolah Sesuai Anggaran

Meskipun orang tua ingin memberikan hal yang terbaik bagi sang buah hati, namun tetap harus mempertimbangkan keadaan dan kemampuan dalam segi finansial. Pilih sekolah atau program pendidikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Namun perlu diingat, jangan sampai asal pilih dan mengabaikan kualitas sekolah. Jika pendapatan bulanan masih belum memenuhi biaya sekolah yang diinginkan, ada baiknya Anda mencari pendapatan tambahan. Tak hanya itu saja, sebagai orang tua juga bisa mengganti target sekolah yang lebih sesuai dengan kondisi finansial yang dimiliki agar tidak membebani di kemudian hari.

Baca Juga: Yuk, Kenali Apa itu Asuransi Perlindungan Pendidikan Anak dan Cara Memilihnya

3. Menanyakan Minat Serta Kemampuan Anak

Selain memperhitungkan sekolah mana yang sesuai dengan anggaran, orang tua juga harus jeli mengenai bakat dan minat anak. Tujuannya agar buah hati bisa mengembangkan potensi, minat, bakat, dan juga kemampuannya. Tanyakan dan komunikasikan pada anak apa yang diidamkan mereka agar sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, Anda juga bisa merekomendasikan program tes minat bakat untuk anak. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengarahkan sang buah hati ke sekolah yang sesuai dan bisa memaksimalkan minat dan bakat yang dimilikinya.

4. Berikan Pengertian Kepada Anak

Tak berhenti sampai disitu saja, Anda juga harus bisa mengomunikasikan perihal kondisi finansial kepada anak. Ajak kerjasama anak agar mendapatkan sekolah yang sesuai dengan anggaran. Berikan pemahaman untuk berprestasi dan tidak bermalas malasan. Langkah ini sangat tepat agar mendapatkan kesempatan besar menuju sekolah impian.

5. Buat Perencanaan Keuangan Sejak Dini

Usahakan untuk membuat perencanaan dana pendidikan sejak dini. Hal ini akan sangat membantu anda dalam memenuhi biaya pendidikan kedepannya. Misal untuk biaya masuk SMP sebaiknya sudah disiapkan minimal saat masih SD, begitu juga untuk biaya SMA sudah disiapkan sejak SMP. Anda bisa menabung secara mandiri atau melakukan investasi di berbagai instrumen seperti saham, reksadana atau asuransi. Pilih yang menurut anda dapat dipercaya untuk mengelola dana pendidikan tersebut.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Seperti yang kita ketahui pendidikan merupakan hak bagi setiap anak. Disisi lain, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh karena itu butuh perencanaan dan pemilihan yang sesuai agar bisa memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak. Jangan lupa untuk memastikan perencanaan Anda tambah matang dengan asuransi perlindungan pendidikan Garda Edu.