Bagi Anda yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari, sudah sepantasnya Anda memperhatikan kondisi dan umur pemakaian Aki mobil Anda. Terkadang, ada beberapa orang mengeluh “baru saja kemarin ganti aki mobil, eh sekarang sudah rusak saja”.

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak ada waktu pasti berapa lama umur aki, karena itu didasarkan pada beberapa faktor yang mempengaruhi umur aki mobil, salah satunya yaitu penggunaanya. Biasanya mobil yang sering menempuh jarak jauh mempunyai umur yang lebih panjang. Hal ini dikarenakan alternator akan mengisi aki dengan arus maksimal ketika putaran mesin di kisaran 2.000 rpm. Namun, bukan berarti menyarankan Anda harus kebut-kebutan saat mengemudi.

Untuk umur aki basah atau kering kisaran 1-2 tahun. Usia ini adalah usia rata-rata mobil dengan pemakaian normal. Untuk menghitung secara tepat umur aki mobil Anda adalah sebagai berikut:

1. Beri Tanggal saat melakukan Penggantian Aki

Saat Anda melakukan penggantian aki, sebaiknya Anda mengecek tanggal produksi aki tersebut sebelum membelinya. Kemudian setelah dipasang, jangan lupa untuk memberi tangga penggantian. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda mengecek usia aki mobil Anda.

2. Sesuaikan Beban Listrik Pada Mesin Mobil

Sesuaikan beban listrik untuk mesin mobil Anda. Jangan terlalu berlebihan dalam memasang aksesori-aksesori tambahan pada mobil. Pemasangan aksesori berlebihan dapat menambah beban listrik pada mesin mobil. Hal ini akan berdampak pada pendeknya usia aki mobil Anda.

3. Perhatikan Perawatan Aki

Anda sebagai pemilik mobil Anda sendiri, sebaiknya juga memperhatikan kondisi aki mobil Anda. Jika Anda menggunakan aki basah, maka Anda harus memperhatikan kondisi air pada aki. Jika jumlah air pada aki basah dibiarkan kurang bahkan sampai kering, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel dalam aki yang mengakibatkan aki cepat rusak dan usia aki akan pendek.

4. Lakukan Perawatan dan Pengecekan Secara Berkala

Hal lain yang tidak kalah penting untuk mengetahui secara pasti umur pemakaian aki mobil Anda adalah melakukan perawatan atau pengecekan secara berkala.

Saat mobil di service, maka tidak ada salahnya Anda juga meminta tolong kepada pihak mekanik untuk mengecek juga kondisi aki mobil Anda. Dengan begitu Anda bisa tahu kapan Anda harus melakukan penggantian aki.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghitung umur aki mobil Anda secara tepat. Tidak ada waktu pasti, umur aki. Namun, dengan Anda memperhatikan dan melakukan tips-tips berikut bisa setidaknya membantu Anda mengetahui kapan Anda harus melakukan penggantian aki mobil dengan tepat. Selain itu Anda harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara, dengan cara  Anda dengan asuransi mobil . Garda Oto, produk dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda. #PeaceofMind