Beberapa negara memiliki desain rumah yang khas, salah satunya rumah bergaya Amerika dengan desainnya yang klasik nan menarik. Saking menariknya, tak sedikit pengembang hunian di Indonesia mulai mengadaptasi model rumah ini.

Rumah American style sendiri memiliki keberagaman jenis yang dipicu oleh perubahan zaman juga tren-tren yang terus bermunculan seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh, ada desain rumah ikonis yang disebut federal style house dengan kesan klasik atau rumah arts & craft yang minimalis.

Selengkapnya tentang inspirasi desain rumah ala Amerika, simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Rumah American Style?

Rumah bergaya Amerika termasuk konsep hunian yang tidak pasaran. Rumah dengan desain ini umumnya memiliki bangunan yang besar dan kuat serta halaman luas. Jika dilihat dari luar, rumah ini memiliki kesan elegan juga mewah.

Desain rumah American style biasanya dibuat dengan konsep simpel menggunakan material alami seperti batu dan kayu. Sangat mirip dengan rumah bergaya klasik, hanya saja tidak terlalu banyak detail bangunan.

Ciri-Ciri Desain Rumah American Style 

American style house tentunya memiliki ciri khas unik, yaitu:

  • Penggunaan Warna Putih Sebagai Cat Dinding

Umumnya beberapa hunian American style selalu menggunakan warna putih sebagai cat dinding. Warna cat rumah American style ini dianggap sebagai reflektor alami dari cahaya matahari. Terlebih di Amerika sering mengalami musim panas yang sangat terik.

Warna putih pada dinding rumah memberikan kesan menenangkan sehingga menggambarkan rumah klasik dan ikonis. Meski populer di negara-negara beriklim subtropis, penggunaan warna putih pada dinding pun sangat cocok untuk negara tropis agar memantulkan sinar matahari yang mengarah ke dinding.

  • Mempunyai Gaya Cape Cod

Mungkin penggunaan istilah cape cod masih terdengar asing di telinga Anda. Padahal gaya tersebut lahir di abad ke-17 dan menjadi salah satu desain ikonis rumah American style yang tidak lekang oleh waktu.

Cape cod memiliki bentuk dasar persegi panjang dengan langit-langit yang lebih rendah dan atap curam. Tidak hanya itu, desain rumah American style ini memiliki cerobong asap di bagian tengah serta mempunyai satu lantai untuk loteng dengan tinggi setengah lantai.

  • Penggunaan Banyak Jendela di Fasad

Salah satu ciri ikonis yang dimiliki oleh desain rumah American style klasik maupun modern yaitu keberadaan banyak jendela pada eksterior depan rumah. Umumnya, desain rumah bergaya Amerika  mempunyai dua jendela di sisi kanan dan kiri pintu rumah.

Kemudian di lantai pertama terdapat dua jendela lagi yang dipasang bersebelahan dengan jendela besar. Tidak hanya itu, ada lima sampai enam jendela yang disusun secara simetris pada masing-masing lantai.

Penggunaan banyak jendela ini tentunya bukan sekedar estetika saja, tapi memiliki beragam manfaat, di antaranya membuat sirkulasi udara dari luar semakin lancar serta mencukupi cahaya yang masuk ke dalam rumah.

  • Desain Rumah Menggunakan Atap Pelana

Selain gaya cape cod, penggunaan atap pelana juga menjadi ciri khas dari rumah American style yang masih diterapkan sampai sekarang. Konsep atap pelana sendiri sering dibuat menumpuk dan menyatu di tengah agar terlihat lebih unik.

  • Menggunakan Bahan Alami Sebagai Materialnya

American style house sering menggunakan bahan yang berasal dari alam, baik sebagai penyusun interior maupun eksterior. Di bagian eksterior, beberapa rumah bergaya Amerika menggunakan warna alami batu bata, ada juga yang dilapisi warna putih.

Pada bagian interior rumah American style menggunakan lantai yang terbuat dari kayu, sedangkan dinding menggunakan material batu bata. Bila ingin menambah perapian, material alami pun berlaku untuk konstruksinya.

  • Menggunakan Cornice yang Dekoratif

Cornice adalah hiasan yang dipasang secara horizontal di atap atau tembok sebagai penanda. Ciri khas dari rumah American style ini menambahkan kesan indah karena memiliki desain ukiran dan bentuk yang cantik nan dekoratif.

Tips Memilih Desain yang Tepat untuk Rumah American Style

Desain interior rumah American style memang identik dengan kesan elegan, sederhana, tapi tetap mewah. Bagi Anda yang berminat memiliki hunian dengan gaya ini, simak dulu tips berikut:

  • Gunakan Material Alami

Untuk menciptakan desain rumah American style pada hunian Anda, hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan bahan. Biasanya konsep bangunan rumah Amerika lebih banyak menggunakan bahan alami seperti batu bata dan kayu solid sebagai material dominan.

  • Menggunakan Warna Cerah untuk Eksterior Maupun Interior

Jika tertarik dengan rumah bergaya Amerika, maka Anda harus menggunakan warna cerah yang lembut sebagai cat dinding. Warna lembut ini nantinya bisa dipadukan dengan pemilihan material alami seperti kayu, marmer dan batu. Kombinasi ini akan menghasilkan atmosfer yang lebih hangat.

  • Gunakan Furnitur Berukuran Besar

Hunian yang diadaptasi dari desain American style biasanya menggunakan furnitur berukuran besar. Tujuannya untuk menegaskan kesan mewah dan elegan.

  • Terapkan Atap yang Khas

Untuk menciptakan gaya American style, Anda bisa menerapkan atap yang khas. Misalnya desain atap pelana atau perisai. Atap pelana didesain dengan bentuk persegi panjang yang saling menyatu. Meskipun terlihat nyeleneh, desain ini akan menambahkan keindahan jika dilihat dari jauh.

  • Menggunakan Barang Kuno Sebagai Dekorasi

Tidak hanya menggunakan furnitur berukuran besar saja, rumah American style identik dengan hiasan-hiasan bernuansa vintage. Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi kuno mulai dari ukiran kayu, tembikar, vas bunga, dan keranjang rotan.

  • Motif Lantai yang Lurus

Jika ingin memiliki rumah dengan desain American style, maka Anda harus memfokuskan motif lantai yang simetris dengan motif garis horizontal maupun vertikal. Tujuannya untuk membuat tampilan ruangan terlihat lebih unik dan menambahkan kesan mewah. Bila perlu, tambahkan juga karpet untuk memberi kesan lebih nyaman.

  • Layout Rumah Tanpa Sekat

Serupa dengan desain minimalis terbuka, ciri khas rumah American style yaitu tidak memiliki batasan antar ruangan. Kebanyakan hunian bergaya Amerika menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang keluarga dan ruang makan.

Jika ada pembagian ruangan pun tidak memakai dinding sebagai pembatas. Melainkan partisi dan lengkungan pembatas saja.

8 Inspirasi Desain Rumah American Style

Desain rumah American style sudah menjadi primadona dari zaman dulu. Tidak heran karena rumah ini menampilkan kesan menenangkan dan mewah. Sebagai inspirasi, berikut desain hunian bergaya Amerika yang bisa Anda tiru:

  1. Rumah dengan Desain Queen Anne

Jika Anda pecinta film horor pasti sering melihat gaya rumah satu ini. Rumah berdesain Queen Anne memiliki konsep klasik tapi tidak terlalu jadul. Umumnya didukung dengan dekorasi maupun furnitur yang bertema vintage.

Rumah Queen Anne ini sudah dikenal sejak zaman perang saudara. Keindahan dari bentuk bangunan juga warna lembutnya tidak lekang dimakan oleh waktu. Bahkan sampai sekarang, beberapa pengembang dari luar negeri pun masih menjadikan gaya Queen Anne sebagai inspirasi.

  1. Desain Rumah Classic Tudor Revival

Sesuai dengan namanya, desain rumah American style ini terinspirasi dari Bangsa Tudor yang memasuki kawasan Amerika. Fasadnya mempunyai garis atap yang menyiku bahkan berbentuk segitiga tanpa alas. Untuk keseluruhan bangunannya didominasi oleh ornamen kayu.

  1. Desain Rumah Cape Cod

Rumah American style dengan desain Cape Cod mulai tren pada abad ke-17-an dan menjadi salah satu tanda perkembangan arsitektur di seluruh bagian Amerika. Rumah dengan desain ini dibawa oleh orang Inggris yang tinggal di Amerika, kemudian dimodifikasi sedemikian rupa.

Rumah dengan gaya Cape Cod identik dengan cat berwarna putih, cerobong asap di atap, tangga yang berada di depan pintu, serta halaman luas untuk taman maupun arena bermain keluarga.

  1. Rumah dengan Desain Farm House

Peternakan adalah industri yang tumbuh pesat di Amerika sehingga membawa inspirasi untuk desain-desain rumah American style sejak tahun 1932. Biasanya, rumah dengan gaya peternakan ini memiliki denah ruangan sederhana dan hanya mempunyai garasi juga ruang tamu yang minimalis.

Untuk membuat tampilan seperti peternakan zaman sekarang, desain rumahnya di modifikasi dengan menggunakan atap model gergaji yang terlihat modern. Ada juga tambahan perpaduan batu berwarna gelap untuk menciptakan kontras.

  1. Desain Midcentury Modern

Anda bisa menjadikan desain Midcentury Modern sebagai inspirasi rumah American style yang mampu menampilkan kesan klasik sekaligus modern. Ciri khasnya penggunaan kaca berukuran besar, ruangan terbuka, dan bentuk interior serta eksterior yang estetik.

  1. Desain Ranch House

Rumah American style dengan desain Ranch House terbilang sangat mudah dibuat karena tidak banyak ukiran juga lengkungan. Model ini sudah populer sejak tahun 1940 dan banyak terlihat di beragam film Hollywood.

  1. Desain Colonial Revival

Desain Colonial Revival menjadi gaya yang sangat bersejarah bagi warga Amerika, karena pada zaman dulu, rumah ini seperti tempat tinggal para kolonis. Rumah American style ini menggunakan bata merah sebagai tembok serta pemasangan pintu dan jendelanya dibuat sama sehingga terlihat simetris satu sama lain.

  1. Desain Klasik Modern

Inspirasi rumah bergaya Amerika terakhir yaitu desain klasik modern yang sedang pamor belakangan ini. Modelnya identik dengan penggunaan jendela pada tampilan luar sebagai ventilasi udara. Tidak lupa, material besi yang digunakan untuk railing teras maupun pagar rumah American style membuat tampilan rumah lebih hidup

Rumah American style sering disebut sebagai gaya rumah dengan budget murah karena materialnya yang berasal dari alam dan penggunaan dekorasi minim. Belum lagi tampilannya yang mampu menciptakan kesan indah, elegan, sekaligus mewah. Itulah mengapa banyak negara di luar Amerika yang mengidam-idamkan gaya rumah seperti ini.

Selain aspek estetika, Anda juga perlu mengoptimalkan perlindungan pada hunian terlepas dari gaya apa yang Anda adopsi. Untuk itu, demi melindungi rumah Anda dari berbagai peristiwa tak diinginkan, Garda Oto menghadirkan asuransi kebakaran rumah Garda Home.

Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rumah tinggal Anda dengan perlindungan dari risiko kebakaran, kerusuhan dan huru-hara, tertabrak kendaraan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, sampai dengan jaminan pengobatan untuk Anda dan keluarga akibat kebakaran. Asuransi Garda Home ini tersedia dalam dua paket, yaitu Garda Home PLUS dan Garda Home FIT. Kira-kira, mana nih yang cocok dengan kebutuhan perlindungan rumah Anda?