Pusing dan mulai mencari cara mengusir tikus di rumah karena merasa binatang pengerat tersebut sudah ada di hunian Anda? Keberadaan tikus memang bisa sakit kepala karena bisa membuat berbagai kerugian yang cukup besar jika sudah bersarang di rumah.

Anda mungkin bingung kenapa binatang tersebut bisa sampai masuk ke rumah. Namun ternyata, banyak celah di dalam rumah yang akhirnya bisa menjadi pintu masuk bagi tikus untuk bersarang dan berkembang biak di hunian.

Jadi sebelum repot mencari cara menghilangkan tikus di rumah ataupun mengusirnya, pahami dulu penyebab hama tikus bisa sampai meraja rela di rumah. Ternyata, penyebabnya bisa berasal dari hal-hal simpel, seperti ini.

Penyebab Ada Tikus di Rumah

  • Celah di Dinding

Cerita tikus masuk ke rumah lewat tembok yang bolong yang ada di kartun-kartun ternyata bukan khayalan. Kenyataannya, salah satu penyebab tikus bisa masuk rumah memang karena adanya celah atau lubang di dinding. Ukuran tikus yang lumayan kecil membuatnya lebih mudah masuk lewat lubang-lubang yang terlihat berukuran mini di dinding.

  • Kebocoran Saluran Air

Tikus suka masuk rumah melalui pipa atau saluran air yang bocor. Bukan hanya sebagai pintu masuk, pipa yang bocor menjadi idaman karena melalui pintu masuk tersebut, para tikus juga dapat memperoleh sumber air minum.

  • Makanan

Tentu saja makanan menjadi alasan kuat tikus-tikus masuk rumah. Jadi, kalau di rumah memang banyak makanan yang tersisa atau tidak tersimpan dengan baik, jangan heran jika akhirnya Anda akan pusing mencari cara mengusir tikus di rumah.

  • Sampah

Sampah yang berserakan di rumah juga sangat disenangi tikus. Binatang pengerat ini akan senan hilir mudik di dalam hunian yang banyak sampah dan tidak terkelola dengan baik. Soalnya, tidak jarang para tikus mendapatkan sisa makanan dari sampah-sampah tersebut.

  • Tanaman dalam Ruangan

Tanaman di rumah memang bisa menjadi salah satu sumber penurun stres. Namun di sisi lain, tanaman-tanaman tersebut juga disukai tikus-tikus. Ini karena daun, biji, maupun buah dari tanaman tersebut bisa menjadi sumber makanan untuk sang binatang pengerat.

Tanda-tanda Keberadaan Tikus di Rumah

Tanda-tanda keberadaan tikus di rumah sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diketahui. Kalau menemukan tanda-tanda di bawah ini, sudah saatnya siap berperang dengan para tikus karena binatang pengerat tersebut sudah ada bahkan berserang di rumah Anda.

·       Bau Busuk

Urine atau kotoran tikus akan menimbulkan bau busuk yang cukup khas. Jika sudah mulai mencium bau busuk yang tidak biasa, itu sudah mengindikasikannya telah ada keberadaan tikus di rumah.

·       Kotoran Tikus

Kotoran tikus umumnya akan cepat kering dan berwarna abu-abu. Tentu saja kotorannya juga menimbulkan bau busuk. Kotoran tikus berwarna abu-abu ini umumnya ada di sepanjang dinding, bawah wastafel, ataupun dekat lemari makanan jika binatang pengerat tersebut sudah berdiam di rumah.

·       Bunyi Goresan

Cukup sering mendengar suara goresan di dinding atau plafon rumah, khususnya pada malam hari? Bunyi goresan tersebut ternyata berasal dari aktivitas tikus yang tengah melangkah, mencakar sesuatu, atau menggigit. Jadi, jika cukup sering mendengar bunyi goresan tersebut, artinya melakukan cara mengusir tikus di rumah harus mulai dipraktikkan.

·       Jalur Tikus Terlihat

Tikus cenderung berjalan ataupun bergerak melalui jalur yang sama di rumah. Jalur tikus yang dimaksud biasa ditanda dengan adanya jejak kaki, noda, maupun kotoran tikus. Anda bisa menggunakan senter untuk melihat ada tidaknya jalur tikus di area-area yang dicurigai.

·       Tanda Gigitan Tikus

Gigitan tikus umumnya bisa dilihat di kemasan makanan atau dinding. Bekas gigitan tikus yang baru akan berwarna terang. Sementara jika sudah cukup lama ada, gigitannya akan berubah menjadi lebih gelap. Sudah tidak ada kata menunda untuk segera mengusir binatang pengerat tersebut dar rumah apabila mulai ditemukan tanda-tanda gigitan tikus tersebut.

·       Perubahan Perilaku Hewan Peliharaan

Perilaku anjing atau kucing peliharaan bisa berubah karena ada tikus di rumah. Binatang-binatang peliharaan tersebut akan lebih mudah dan lebih sering menggonggong ataupun mengeong di area tentu. Perubahan perilaku ini bisa menjadi petunjuk sudah ada tikus atau tidak di rumah Anda.

Waspadai, Area-area Ini Sering Jadi Sarang Tikus di Rumah!

Berbagai tanda kehadiran tikus di rumah akan semakin kuat jika sarang tikus sudah ditemukan. Soal sarang tikus sendiri, ternyata ada beberapa area di dalam rumah yang mesti diperhatikan lebih detail. Ini karena di area-area di bawah ini, tikus suka membuat sarangnya!

·       Belakang Lemari

Bagian belakang lemari ternyata menjadi salah satu tempat kegemaran para tikus. Bagian belakang lemari dianggap hangat dan memiliki sumber bahan untuk membuat sarang.

·       Atap dan Loteng

Atap dan loteng menjadi tempat favorit tikus membuat sarang. Pasalnya, atap dan loteng dinilai sebagai tempat aman karena jauh dari jangkauan manusia dan cenderung gelap sehingga keberadaan mereka tidak mudah ditemui. Selain itu, atap dan loteng juga cenderung hangat bagi para tikus.

·       Rongga Dinding

Kalau menemukan ada lubang di sudut-sudut dinding, cobalah untuk tetap tenang dan mulai melakukan cara mengusir tikus di rumah. Ini karena sudut dinding tersebut sudah menjadi sarang tikus. Tikus suka membuat sarang di rongga dinding karena selain terpencil, juga bisa menjadi akses keluar masuk yang mudah.

·       Belakang Kulkas dan Kompor

Bagian belakang kulkas maupun kompor ada surga bagi para tikus. Selain sulit dijangkau manusia, bagian belakang peralatan-peralatan dapur tersebut pasti dekat dengan tempat makanan. Jadi, tikus-tikus tidak akan mudah kelaparan!

·       Pot Tanaman

Siapa sangka, pot tanaman yang menjadi penyejuk rumah ternyata juga bisa menjelma menjadi sarang tikus. Pot tanaman menjadi salah satu area ideal untuk tikus karena cukup tersembunyi, sekaligus dekat dengan sumber makanan yang berasal dari tanaman itu sendiri.

Dampak Negatif akibat Ada Tikus di Rumah

Kalau sudah menemukan tanda-tanda keberadaan tikus apalagi sarangnya, disarankan untuk lebih cepat membasminya. Soalnya, dampak negatif jika terus membiarkan tikus di rumah sangat besar. Berikut adalah berbagai dampak negatif dan kerugian yang dapat terjadi jika tidak segera mencari cara mengusir tikus di rumah.

·       Bau dan Kotoran di Mana-mana

Membiarkan tikus di dalam rumah sama artinya membiarkan para binatang pengerat tersebut buang kotoran dan urine di mana-mana. Tentu saja hunian akan menjadi kotor dan bau busuk. Kalau sudah begitu, yakin masih betah di rumah?

·       Suara Bising yang Mengganggu

Suara bising dari tikus bisa sangat mengganggu waktu tidur. Ini karena tikus biasanya aktif ketika malam hari. Pada saat malam, tikus-tikus cenderung berkeliling di area rumah untuk mencari makan atau sekadar beraktivitas. Aktivitas tersebutlah yang menimbulkan suara bising yang mengganggu.

·       Risiko Penyakit

Banyak penyakit yang bisa muncul akibat tikus bersarang di rumah. Soalnya, tikus suka membawa bakteri dan virus dari kaki dan bulunya yang kotor. Di mana bakteri dan virus tersebut bisa menular ke manusia ketika tikus memasuki area dapur dan penyimpanan makanan. Hantavirus dan salmonela menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit yang bisa ditularkan dari keberadaan tikus. Karena itulah, orang-orang di dalam rumah bisa lebih mudah terkena tifus, diare, sampai meningitis.

·       Kerusakan Barang

Hobi tikus adalah menggigit dan mengerat untuk makan dan menjaga ketajaman giginya. Namun dampaknya, barang-barang yang ada di rumah akan mudah rusak karena digigit binatang pengerat tersebut. Soalnya bukan hanya bahan makanan, ternyata tikus juga suka menggigit berbagai furnitur dan peralatan rumah tangga.

·       Kebakaran

Inilah bahaya terbesar kalau tikus bersarang di rumah. Kebiasaan menggigit tikus tidak terbatas pada kabel maupun selang gas. Jika kedua komponen tersebut sudah sering digigit dan dikerat oleh tikus, risiko kebakaran rumah sangat mungkin terjadi.

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Rumah

Daripada pusing mencari cara menghilangkan tikus di rumah, lebih baik buat langkah awal agar tikus tidak sampai masuk ke rumah. Ikuti beberapa tips di bawah ini sebagai cara agar tikus tidak masuk rumah dan membuat kekacauan.

·       Tutup Semua Celah

Periksa semua dinding di rumah apakah masih ada celah atau tidak. Jika ada celah yang sangat kecil pun, segera tutup agar tikus tidak bisa masuk. Begitu pun soal celah di pipa, segera tutup walaupun ukurannya terlihat kecil. Soalnya, tikus bahkan bisa masuk ke rumah melalui celah dinding atau pipa air yang berukuran 0,5 sentimeter.

·       Menyimpan Makanan dengan Benar

Makanan menjadi salah satu pengundang tikus masuk ke rumah. Cara agar tikus tidak masuk rumah yang efektif adalah dengan menyimpan makanan dengan benar. Biasakan menyimpan makanan di wadah kedap udara yang tebal atau kaca agar tikus sulit mengambilnya dan binatang pengerat tersebut ogah masuk ke rumah.

·       Bersihkan Rumah secara Teratur

Tikus suka rumah yang kotor karena umumnya mereka akan mendapatkan sisa-sisa makanan dari kekotoran tersebut. Biasakan membersihkan rumah secara teratur dan tidak membiarkan sampah menumpuk agar tikus enggan main ke rumah.

Cara Mengusir Tikus di Rumah agar Tidak Kembali Lagi

Kalau tikus sudah telanjur masuk rumah dan membuat sarang bagaimana? Adakalanya meskipun sudah melakukan berbagai cara agar tikus tidak masuk rumah, tetap saja rumah kebobolan oleh hadirnya binatang pengerat tersebut. Jika sudah demikian, segera lakukan beberapa cara mengusir tikus di rumah di bawah agar binatang tersebut tidak kembali lagi.

  • Pakai Perangkap Tikus

Cara mengusir tikus di rumah yang paling umum adalah menggunakan perangkap tikus, bisa menyerupai capit ataupun lem keras. Perangkap tikus disebut-sebut merupakan salah satu cara menghilangkan tikus di rumah yang paling efektif.

·       Manfaatkan Detergen dan Cabai

Buatlah ramuan dari satu cangkir detergen yang dicampur dengan beberapa sendok cabai yang sudah diblender halus. Semprotkan larutan ramuan tersebut ke area-area yang sering menjadi sarang tikus. Semprotkan juga di sekitar area atau di tempat-tempat yang memiliki jejak tikus. Tikus sangat tidak suka bau dari detergen dan cabai. Binatang tersebut akan memilih pergi dan enggan kembali.

·       Memelihara Kucing

Memelihara kucing ternyata bisa menjadi strategi untuk mengusir tikus dari rumah. Sudah bukan rahasia, kucing dan tikus sangat bermusuhan sehingga jika ada kucing di rumah, tikus bakal tidak betah.

·       Usir dengan Bedak Bayi

Bedak bayi ternyata bisa menjadi cara mengusir tikus di rumah. Soalnya, bedak bayi memiliki kandungan yang dapat mengganggu fungsi tubuh tikus jika dikonsumsi. Untuk mengusir tikus, cukup taburkan bedak bayi di tempat tikus biasa lewat dan dilakukan berulang kali.

·       Gunakan Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial dengan aroma yang kuat juga dapat digunakan sebagai cara mengusir tikus di rumah. Contohnya, Anda bisa menggunakan minyak esensial cengkih ataupun peppermint. Cara mempraktikkannya, cukup dengan menyemprotkan minyak esensial tersebut di bola kapas, kemudian letakkan di area-area yang kerap menjadi sarang tikus.

Memahami cara mengusir tikus di rumah dengan tepat bisa mengantisipasi kebakaran terjadi. Namun selain langkah preventif, menyiapkan asuransi kebakaran untuk hunian juga tidak boleh dilupakan.

Garda Home bisa menjadi pilihan tepat untuk melindungi rumah dari kebakaran. Asuransi dari Garda Home ini akan membuat Anda tenang karena memberikan perlindungan bagi rumah, bukan hanya dari risiko kebakaran, tapi juga dari kerusakan yang muncul akibat kerusuhan ataupun tertabrak kendaraan.

Anda tinggal memilih salah satu paket yang ditawarkan dari Garda Home, yaitu Garda Home Plus dan Garda Home Fit. Hati pun jadi lebih tenang karena rumah ekstra terlindungi.