Semakin berkurangnya cadangan energi fosil di Indonesia untuk sumber energi listrik membuat pemasangan solar panel rumah bisa dijadikan solusinya. Menurut Kementerian ESDM pada tahun 2022, mayoritas pembangkit listrik di Indonesia masih mengandalkan batu bara dengan persentase mencapai 67,21%, gas 16%, EBT 14,1%, dan BBM 2,7%.

Jika berkaca pada data yang dikeluarkan Kementerian ESDM tersebut, tentu kita bisa menyimpulkan bahwa penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia masih jarang. Ada beberapa alasan yang membuat banyak rumah di Indonesia enggan menggunakan solar panel. Salah satu alasannya adalah karena faktor biaya. Anda perlu mengeluarkan setidaknya Rp5 juta per meter persegi untuk biaya pemasangan solar panel di atap rumah.

Dengan demikian, tak heran jika masih banyak rumah di Indonesia yang belum menggunakan solar panel sebagai salah satu sumber energi listrik di rumah selain PLN. Faktor utamanya adalah harganya yang belum ramah bagi kantong rata-rata orang Indonesia pada umumnya, dan biasanya solar panel hanya digunakan di berbagai hunian kelas atas yang memiliki harga rumah lebih dari Rp1 miliar.

Bagi pemilik rumah yang tertarik untuk memasang solar panel di rumah, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja untung rugi pasang solar panel di rumah agar pemilik rumah tidak menyesal dengan biaya pasang solar panel yang mahal.

Fungsi dan Manfaat Solar Panel

Solar panel adalah perangkat yang terdiri dari sel-sel surya, di mana sel-sel surya tersebut terbuat dari bahan semikonduktor yang berfungsi untuk mengubah energi surya menjadi energi listrik. Dalam penggunaannya, sistem solar panel untuk rumah menawarkan beberapa manfaat bagi pemilik rumah seperti berikut:

  • Menghemat Tagihan Listrik

Ketika Anda memasang solar panel di rumah, sumber energi listrik yang Anda gunakan bukan hanya berasal dari listrik PLN. Melainkan, Anda bisa menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari solar panel.

Untuk menghemat tagihan listrik bulanan Anda, Anda bisa mengombinasikan penggunaan listrik di rumah. Pada siang hari, pemilik rumah bisa menggunakan sumber listrik dari solar panel dan di saat malam hari baru menggunakan sumber listrik PLN.

  • Menciptakan Konsep Rumah Ramah Lingkungan

Di berbagai negara di dunia seperti Amerika Serikat, konsep rumah ramah lingkungan dikabarkan mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat dengan pemberian insentif pajak untuk tiap pembelian dan instalasi panel.

Di Indonesia, PLTS juga memberikan insentif pendanaan dari 10% hingga 100% dari biaya pemasangan panel surya di rumah. Pemberian insentif pendanaan dari PLTS ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia dan mendorong terciptanya konsep perumahan ramah lingkungan.

Hal ini dikarenakan energi listrik yang dihasilkan dari solar panel tidak menghasilkan emisi karbon berbahaya. Tentu berbeda dengan sumber listrik yang dihasilkan dari energi fosil.

  • Meningkatkan Level Hunian

Perumahan di Indonesia belum banyak yang menggunakan solar panel. Jika ada, itu pun hanya perumahan kelas atas yang memiliki harga di atas Rp1 miliar. Dengan adanya solar panel di atap rumah, rumah Anda akan terlihat lebih mewah dan lebih ramah lingkungan.

Cara Kerja Solar Panel

Tidak begitu sulit memahami cara kerja solar panel jika Anda cukup paham kelistrikan. Sinar matahari yang ada di siang hari diserap oleh sel-sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor. Lalu, inverter mengubah listrik yang dihasilkan oleh solar panel dari DC menjadi AC. Energi listrik yang dihasilkan inilah yang menjadi sumber energi listrik untuk menghidupkan berbagai peralatan elektronik Anda.

Keunggulan Memasang Solar Panel di Rumah

Walaupun mahal, penggunaan solar panel di rumah sebagai salah satu sumber listrik menawarkan sejumlah keunggulan untuk lingkungan dan keuangan Anda.

  • Ikut Berperan Memerangi Polusi Udara

Solar panel sebenarnya sangat cocok digunakan di berbagai perumahan yang berlokasi di perkotaan dengan tingkat polusi udara yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan solar panel tidak menghasilkan polusi udara dan tidak seperti energi listrik yang dihasilkan dari energi fosil.

  • Pemilik Rumah Tidak Khawatir dengan Padam Listrik

Rumah yang hanya mengandalkan sumber listrik dari PLN, rumah tersebut sewaktu-waktu bisa mengalami padam listrik. Sementara itu, rumah yang memasang solar panel tidak perlu khawatir dengan padamnya aliran listrik dari PLN.

  • Menghemat Pengeluaran

Rumah yang memiliki sistem solar panel sebagai salah satu sumber listrik bisa kita ibaratkan seperti mobil hybrid. Anda bisa menghemat tagihan listrik dengan menggunakan sumber listrik dari PLN dan solar panel secara bergantian.

  • Energi Matahari yang Disediakan Melimpah dan Gratis

Indonesia berada di garis khatulistiwa yang membuat Indonesia punya energi matahari yang sangat melimpah sehingga Anda tidak perlu mencari atau membeli energi matahari karena sudah disediakan secara gratis oleh alam.

  • Tidak Sulit untuk Merawatnya

Keunggulan lain yang ditawarkan solar panel di rumah adalah daya tahannya yang kuat dan juga mudah untuk merawatnya. Pemilik rumah cukup membersihkan solar panel secara berkala untuk menjaga fungsi solar panel rumah tetap optimal.

Kekurangan Memasang Solar Panel di Rumah

Di balik keunggulannya, ternyata memasang solar panel di rumah juga memiliki kekurangan yang perlu pemilik rumah ketahui.

  • Biaya Instalasi Mahal

Kekurangan utama dari sistem solar panel untuk rumah adalah biaya pemasangannya yang sangat mahal. Untuk memasang solar panel di rumah, Anda sebagai pemilik rumah perlu mengeluarkan biaya setidaknya Rp5 juta untuk satu meter persegi solar panel.

  • Atap Ambruk

Jenis atap rumah yang tidak sesuai dengan spesifikasi pemasangan solar panel bisa berisiko membahayakan penghuni rumah jikatidak kuat menahan beban solar panel.

  • Fungsi Panel Solar di Rumah Dipengaruhi Intensitas Sinar Matahari

Solar panel bisa berfungsi optimal jika mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jadi, ketika kondisi mendung atau berawan fungsi solar panel kurang begitu optimal untuk menghasilkan energi listrik.

  • Butuh Ruang yang banyak

Semakin banyak solar panel yang Anda pasang di atap rumah, maka akan semakin banyak pula energi listrik yang bisa dihasilkan dari sinar matahari. Oleh karenanya, pemasangan solar panel di atap rumah butuh ruang yang banyak.

Pertimbangan Ketika Akan Memasang Solar Panel di Rumah

Setelah Anda mengetahui untung rugi memasang sistem solar panel di rumah. Ada sejumlah pertimbangan yang perlu pemilik rumah ketahui ketika Anda akan memasang solar panel di atap rumah.

  1. Ketahui Jenis Atap Rumah yang Digunakan

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah jenis atap rumah yang digunakan saat ini sesuai dengan spesifikasi atau tidak.

Jika belum sesuai, Anda perlu merombak atap rumah saat ini dengan jenis atap rumah yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan. Jenis atap rumah yang bisa dipasang solar panel adalah atap komposit, atap ubin, dan atap logam.

  1. Mempertimbangkan Lokasi Pemasangan

Selain mempertimbangkan jenis atap rumah yang digunakan, pemilik rumah juga perlu memastikan bahwa lokasi pemasangan solar panel di atap rumah mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat menghasilkan energi listrik yang optimal.

  1. Luas Area Atap Rumah

Pemasangan sistem solar panel di atap rumah memerlukan space yang cukup luas sekitar 2,5 meter persegi untuk memproduksi 1 kWh listrik.

  1. Suhu dan Kecepatan Angin

Untuk menjaga fungsi panel solar di rumah Anda tetap optimal, Anda juga perlu mempertimbangkan suhu dan kecepatan angin di lokasi pemasangan. Suhu ideal bagi solar panel adalah 25 derajat Celcius, sementara kecepatan angin mempengaruhi proses pendinginan sel-sel surya.

  1. Tipe Solar Panel yang Digunakan

Jika jenis atap rumah Anda sudah memenuhi spesifikasi dan memiliki space yang cukup untuk memasang solar panel. Anda bisa memilih jenis panel surya mana yang ingin dipasang, apakah jenis solar panel thin flim atau polycrystalline.

Tips Perawatan Solar panel di Rumah

Setelah sistem solar panel di tempat tinggal Anda sudah terpasang rapi dan bisa berfungsi secara baik. Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menjaga dan merawat solar panel rumah tersebut dengan cara seperti berikut:

  1. Rutin Membersihkan Permukaan Sel Surya

Permukaan sel surya yang kotor tentu akan menghambat penyerapan energi matahari. Oleh karenanya, pemilik rumah bisa dengan rutin membersihkannya agar tidak menghalangi intensitas cahaya yang diserap melalui sel-sel surya.

  1. Cek Berkala Kondisi Kabel

Kondisi kabel yang mulai jelek dapat mempengaruhi fungsi panel solar di rumah. Untuk menjaga fungsi solar panel agar selalu optimal, pemilik rumah bisa mengecek kondisi kabel panel solar secara berkala.

Jika terdapat ada kabel yang rusak, Anda tidak boleh membeli kabel solar panel secara sembarangan. Pastikan, ukuran kabel sudah sesuai dan juga telah berlabel SNI.

  1. Bersihkan Solar Panel Rumah dengan Alat Pembersih yang Sesuai

Saat proses pembersihan solar panel, Anda tidak boleh membersihkannya dengan kain dan sikat berbahan kasar. Hal ini dapat merusakan permukaan solar panel dan dapat mempengaruhi penyerapan energi matahari. Alat pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan solar panel adalah sikat halus dan kanebo agar permukaan sel surya tidak tergores.

  1. Pilih Momen yang Tepat Saat Melakukan Pembersihan

Aktivitas pembersihan solar panel yang dilakukan pada siang hari di saat kondisi matahari sedang terik sangat tidak dianjurkan. Aktivitas pembersihan tersebut akan memengaruhi kinerja sel surya saat menyerap energi matahari.

Alangkah baiknya, pemilik rumah bisa memulai aktivitas pembersihan solar panel di saat matahari mulai tenggelam pada sore hari atau saat pagi hari ketika matahari belum muncul.

Lindungi Hunian Anda dengan Asuransi Kebakaran dari Garda Oto

Punya hunian dengan konsep ramah lingkungan dengan adanya solar panel di atap rumah akan membuat tempat tinggal Anda terlihat sangat mewah.

Selain pemilik rumah perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memasang sistem solar panel di rumah. Setiap pemilik rumah juga perlu mengetahui bahwa pemasangan solar panel di atap rumah juga memiliki risiko terbakar karena disebabkan oleh kesalahan produksi, komponen yang sudah usang, dan kesalahan saat pemasangan.

Meledaknya baterai tenaga surya bisa menghanguskan seluruh rumah dan juga menghilangkan harta benda yang Anda miliki. Oleh karenanya, penting bagi pemilik rumah untuk memiliki asuransi kebakaran dari Garda Oto.

Terdapat pilihan Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home yang bisa Anda pilih, yaitu paket Garda Home PLUS dan Garda Home FIT yang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rumah tempat tinggal Anda dengan perlindungan dari risiko kebakaran, kerusuhan dan huru-hara, tertabrak kendaraan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, sampai dengan jaminan pengobatan untuk Anda dan keluarga akibat kebakaran.