10 Model Teralis Jendela Minimalis dan Modern

10 Model Teralis Jendela Minimalis dan Modern

Pemilihan model teralis jendela penting untuk diperhatikan agar rumah lebih terjaga keamanannya. Salah satu model yang bisa dijadikan pilihan yaitu model minimalis, yang mana jika pemilihannya tepat akan memberikan banyak manfaat untuk penghuni rumah.

Tidak hanya meningkatkan keamanan, namun desain minimalis juga dapat melindungi privasi penghuni rumah serta mempercantik desain jendela. Manfaat lain yang diperoleh yaitu mencegah masuknya berbagai hewan yang tidak diinginkan.

Model Jendela Minimalis dan Modern

Saat ini sudah banyak model teralis minimalis dengan banyak desain yang berbeda. Sebelum menentukan ide desain maka perhatikan terlebih dahulu kecocokannya dengan tema rumah yang akan diusung. Berikut ini adalah beberapa ide dari model teralis yang bisa dipilih.

  1. Model teralis bentuk persegi

Desain ini umum dipergunakan di rumah-rumah Amerika dan Eropa. Walaupun begitu di Indonesia sudah banyak yang memakainya. Bentuknya sederhana berbentuk persegi panjang untuk jeruji teralisnya.

  1. Model teralis bentuk kotak

Bila dibandingkan model sebelumnya memang tidak terdapat perbedaan signifikan kecuali pada segi ukurannya. Namun jika kalian perhatikan secara keseluruhan akan tampak berbeda. Teralis model ini kebanyakan memakai material besi jadi lebih aman, modelnya sederhana jadi cocok digunakan pada tipe jendela apapun.

  1. Model teralis bermotif wajik

Desain ini merupakan paling banyak dipakai di berbagai negara seperti Amerika, Eropa, dan Indonesia. Teralis ini mempunyai bentuk motif menyerupai wajik dan jaraknya cukup rapat. Model ini sangat cocok digunakan pada rumah bertema apapun dan hanya perlu menyesuaikan warnanya.

  1. Model teralis motif ulir wajik

Perbedaan dengan model teralis jendela sebelumnya yaitu pada motif wajiknya memiliki bentuk gelombang atau uliran. Penggunaan motif ini dapat membuat tampilan jendela yang minimalis lebih terkesan berbeda dan memunculkan kesan klasik.

  1. Model teralis ulir ala Eropa

Model tersebut terkenal di Eropa pada abad 16-18 dan sering dipergunakan di kamar loteng. Bentuknya tergolong unik karena menyerupai ukiran daun rambat dan melilit pada bagian baja atau besi. Tidak hanya menimbulkan kesan unik namun teralis tersebut dapat mempercantik tampilan rumah.

  1. Model teralis minimalis ala Jepang

Untuk kalian yang memiliki hunian dengan tema tradisional ataupun Asia maka model yang satu ini sangat pas digunakan. Umumnya model ini memakai material kayu namun juga bisa diganti menggunakan besi atau baja. Desain ini mempunyai garis kotak-kotak serta terdiri dari dua lapisan supaya lebih aman.

  1. Model teralis minimalis horizontal dan vertikal

Model ini paling banyak dipergunakan dikarenakan bentuknya sederhana jadi mudah diaplikasikan pada teman bangunan apapun. Jaraknya tergolong cukup dekat sehingga akan membuat jendela rumah lebih aman.

  1. Model teralis minimalis ala Renaisans

Model yang satu ini sangat pas digunakan pada rumah bergaya vintage, klasik, dan Eropa. Ciri khas dari model ini yaitu pada bentuk ukirannya menyerupai ukiran Eropa kuno. Tidak hanya berhasil memperindah tampilan jendela namun juga dapat menjaga rumah supaya lebih aman.

  1. Model teralis minimalis bentuk labirin

Model yang satu ini sangat pas jika digunakan pada rumah berkonsep minimalis modern. Sesuai namanya jika diperhatikan teralis tersebut berbentuk menyerupai labirin. Model ini berhasil membuat rumah tampak sederhana walaupun lekukannya menyerupai labirin dan bahan yang dipergunakan adalah besi berwarna hitam atau putih.

  1. Model teralis minimalis bentuk geometris

Untuk kalian yang menginginkan tampilan lebih artistik maka bisa menggunakan model teralis jendela yang satu ini. Model tersebut sering digunakan pada hunian di Asia Timur dan ciri khasnya memiliki bentuk kotak-kotak serta disusun secara horizontal dan vertikal.

*Baca Juga: 10 Model Pagar Rumah Minimalis, Modern, dan Kekinian

Cara Memasang Teralis Jendela Minimalis

Banyak yang beranggapan ketika memasang teralis harus menggunakan bantuan tukang bangunan padahal kalian bisa melakukannya sendiri. Berikut ini terdapat tiga cara yang bisa dipraktekkan untuk memasang teralis jendela tersebut.

  • Perhatikan jarak antara jendela dan teralis

Cara yang pertama tentu saja dengan memperhatikan jaraknya dan jarak yang bagus tidak lebih dari 30 cm. Sangat disarankan untuk jarak diantara jeruji harus agak rapat, umumnya jarak diantara keduanya yaitu 10-20 cm.

  • Perhatikan lokasi baut

Sangat penting untuk melakukan pemasangan baut teralis pada tempat tersembunyi serta susah dijangkau agar keamanan rumah lebih terjaga. Akan lebih baik lagi jika pemasangan baut teralis tersebut dari arah dalam jadi kalian bisa melakukan bongkar pasang hanya dari dalam rumah.

  • Buatlah salah satu sisinya menggunakan sistem buka tutup

Cara terakhir yang dapat dilakukan saat pemasangan teralis jendela yaitu buatlah salah satu sisinya menggunakan sistem buka tutup yang berasal dari arah dalam. Hal tersebut harus dilakukan agar ketika dalam keadaan darurat para penghuni dapat keluar secara cepat dari dalam rumah.

Sehingga ketika terjadi keadaan yang tidak diinginkan seperti gempa bumi maupun kebakaran kalian bisa segera keluar dari jendela.

Cara Merawat Teralis

Model teralis rumah umumnya menggunakan material besi dan baja. Material tersebut rentan terkena keropos serta karat maka perlu perawatan yang baik.

  • Bersihkan dari debu
  • Bersihkan bagian berkarat memakai amplas dan cat ulang menggunakan cat minyak
  • Lapisi menggunakan cat anti karat
  • Ketika terkena percikan hujan lap sampai kering

*Baca Juga: 10 Model Teras Rumah Minimalis yang Cantik dan Kekinian

Itulah hal-hal yang bisa kalian ketahui soal teralis rumah yang mana menjaga rumah tetap aman. Berbicara mengenai keamanan rumah, Anda juga bisa memberikan proteksi lebih dengan menggunakan asuransi.

Anda bisa memilih asuransi kebakaran rumah dari Garda Home untuk melindungi rumah dari berbagai risiko. Dengan jaminan yang diberikan Garda Home untuk berbagai risiko, tinggal di rumah akan terasa lebih aman dan nyaman.