10 Tempat Wisata di Solo yang Lagi Hits dan Instagramable

Berbagai tempat wisata di Solo kini sudah semakin beragam dan tidak kalah dengan kota-kota lain seperti Yogyakarta, Malang, hingga Bali. Ada banyak wisata alam, budaya, kuliner, bahkan wisata sejarah yang dapat dipelajari di kota ini. Apa sajakah itu?

Daftar Tempat Wisata Hits di Solo

Solo atau Surakarta tidak hanya dikenal sebagai kota namun juga wilayah karesidenan yang mencakup Karanganyar hingga Boyolali. Tidak mengherankan kalau berbagai wilayah tersebut juga sering kali disebut ketika berbicara mengenai tempat wisata Solo. Berikut beberapa daftarnya.

1. The Heritage Palace

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Kartasura, Sukoharjo yang sudah dibuka sejak Juni 2018 lalu. Di sini, Anda akan dapat melihat berbagai bangunan bersejarah, mobil-mobil antik, hingga museum 3D dan wisata Omah Walik.

*Baca Juga: Deretan Objek Wisata di Indonesia yang Indah dan Mendunia

Tentunya, tidak lengkap kalau Anda tidak mengambil gambar berlatar belakang bangunan seperti kastil ini. Terlebih ada banyak spot foto yang menarik di setiap sudut bangunan. Di masa liburan saat ini, The Heritage Palace buka setiap hari dari pagi sampai malam hari.

2. Kraton Surakarta

Berkunjung ke Solo rasanya kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang juga sering kali disebut dengan Kraton Solo. Di sini, Anda tidak hanya dapat belajar mengenai sejarah dan budaya Kraton, namun juga bertemu dengan “kebo bule” atau Kerbau Putih yang sering dilibatkan dalam sejumlah tradisi kerajaan.

3. Pura Mangkunegaran

Tidak jauh dari Kraton Surakarta, ada juga Pura Mangkunegaran yang dapat menjadi salah satu tujuan wisata menarik saat Anda berwisata ke Solo. Tempat bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1757 ini memiliki desain arsitektur yang indah sekaligus menarik.

Temukan juga berbagai koleksi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit maupun Kerajaan Mataram di tempat wisata ini. Anda juga tidak boleh melewatkan pertunjukan gamelan yang digelar setiap Rabu di Pura Mangkunegaran.

4. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Jika dilihat dari luar, pabrik gula ini tampak seperti luar negeri padahal tempat ini masuk dalam kawasan wisata di Surakarta, atau tepatnya di Colomadu, Kab. Karanganyar. Bangunan yang berdiri sejak 1861 ini dulunya memang aktif namun sudah mulai beroperasi beberapa puluh tahun silam.

Kini, bangunan yang desainnya menyerupai gaya Eropa ini sudah dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan bersejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Di dalamnya, Anda masih dapat menemukan berbagai arsip pabrik, mesin tebu, bahkan kafe.

5. Benteng Vastenburg

Mengunjungi tempat wisata di Solo juga tidak afdol kalau tidak mampir ke Benteng Vastenburg. Di sini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang benteng yang bergaya vintage. Tidak hanya berfoto, Anda juga bisa mempelajari sejarahnya yang klasik.

Bangunan benteng ini dikenal sudah ada sejak tahun 1745 dan dulunya digunakan Belanda untuk memata-matai pergerakan Kraton Surakarta. Meskipun bangunan ini sempat terbengkalai, namun mulai 2010 lalu, bangunan ini akhirnya ditetapkan sebagai situs cagar budaya.

6. Pasar Gedhe

Jika di Yogyakarta ada Pasar Beringharjo yang terkenal, Solo juga memiliki Pasar Gedhe yang merupakan pasar tertua di Surakarta. Letaknya juga cukup strategis yakni di sekitar kantor bupati dan Kraton Surakarta. Menariknya, desain bangunannya merupakan perpaduan arsitektur Jawa-Belanda.

Di dalamnya juga dijual berbagai barang khas pasar, mulai dari makanan tradisional, pakaian, dan sebagainya. Beberapa event juga sering kali diselenggarakan di dekat pasar ini, termasuk saat menjelang Imlek maupun hari raya lainnya.

7. Taman Balekambang

Anda juga dapat mengunjungi Taman Balekambang yang sudah ada sejak tahun 1921. Taman ini bahkan termasuk taman bersejarah yang dibangun langsung oleh Mangkunegara VII. Di sini, Anda dapat menikmati suasana yang asri dan bahkan dapat mengajak anak-anak berinteraksi dengan berbagai hewan seperti rusa, angsa, hingga ayam hias.

8. Solo Safari Zoo

Solo Safari menjadi salah satu destinasi wisata baru yang sedang hits akhir-akhir ini. Tempat wisata keluarga yang satu ini baru dibuka pada Januari 2023 lalu dan merupakan branding baru dari Taman Satwa Taru Jurug Surakarta.

Wisata edukasi satwa seluar 13,9 hektar ini cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak. Di sini, Anda akan mendapati berbagai fasilitas, atraksi, dan wahana wisata yang sangat menarik. Mulai dari petting zoo, interaksi satwa, hingga menunggangi beberapa satwa seperti kuda atau gajah.

9. Gedung Djoeang 45

Tempat wisata yang satu ini juga dikenal sebagai tempat yang instagramable dan banyak dikunjungi anak muda. Selain melihat arsitektur bangunan yang bergaya Eropa, Anda juga dapat mencicipi gelato, es krim khas Eropa.

10. Tumurun Private Museum

Bagi pecinta seni, Anda tentu akan sangat senang mengunjungi museum ini. Museum privat ini memang dibuat khusus oleh seorang seniman yang mewarisi berbagai macam karya seni. Tidak mengherankan jika para pengunjung akan puas menikmati keindahan koleksi sekaligus berfoto di sekitar karya seni tersebut. Menariknya, untuk menikmati karya tersebut, Anda tidak dikenakan biaya.

*Baca Juga: 10 Destinasi Road Trip Paling Seru dan Asyik untuk Traveling

Untuk membuat perjalanan wisata Anda semakin aman dan nyaman, Anda dapat membekali diri dengan asuransi Garda Trip. Asuransi ini bisa kamu andalkan untuk perlindungan diri dari risiko  kecelakaan, keterlambatan, cedera saat di perjalanan dan jaminan bagasi serta barang pribadi.

Mulai dari premi Rp33.500, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai perlindungan yang menarik untuk liburan ke Solo. Anda juga bisa mengelilingi kota Solo dengan nyaman kapapun. Jadi, segera hubungi kami untuk memastikan penawaran terbaik dan keunggulan produk asuransi lainnya.