4 Tips Membeli Rumah Pertama

4 Tips Membeli Rumah Pertama

Memiliki rumah tinggal sendiri adalah impian banyak orang. Untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli rumah dan ingin mendapatkan rumah sesuai dengan bayangan Anda. Berikut tips yang perlu Anda tahu, agar rumah tinggal Anda nantinya aman dan nyaman.

  1. Perhatikan reputasi Developer

Reputasi developer sangat amat penting. Developer terpercaya menjadi kata kunci disini. Karena rumahnya belum jadi sementara Anda sudah harus membayar rumah tersebut dengan cara tunai ataupun kredit. Dan juga, pengurusan sertifikat sangat tergantung pada pengembang. Pengembang yang tidak professional menyebabkan pengurusan surat dan sertifikat akan terhambat.

  1. Perhatikan lokasi dan material bangunan

Carilah rumah dengan akses jalan yang dekat jaraknya dari rumah sakit, pasar, ataupun fasilitas transportasi publik. Banyak rumah dengan harga murah namun letaknya jauh dari transportasi publik ataupun fasilitas publik lainnya. Apalagi jika Anda yang harus bekerja dengan menggunakan transportasi publik. Jika Anda ingin membeli rumah yang jauh dari fasilitas transportasi publik pikirkan kembali ongkos yang harus dikeluarkan serta kelelahan yang bakal didapatkan nantinya. Jangan sampai menyesal nantinya, setelah membeli rumah tersebut.

Sebagai calon pembeli Anda, patut memerikas seluruh kondisi rumah tersebut. Perhatikan secara detail spesifikasi material bangunan. Jangan sampai Anda baru menyadari setelah Anda membelinya.

  1. Jangan lakukan transaksi jual beli rumah bawah tangan

Apabila rumah yang akan dibeli masih dalam status dijaminkan di bank, lakukanlah pengalihan kredit pada Bank yang bersangkutan dan dibuat akte jual beli di hadapan notaris. Janan sekali-kali melakukan transaksi pengalihan kredit “di bawah tangan”, artinya atas dasar kepercayaan saja dan tanda buktinya hanya berupa kwitansi biasa, karena bank tidak mengakui transaksi yang seperti ini.

  1. Jangan lupa lindungan rumah tinggal kamu dengan asuransi

Setelah membeli rumah impian, sebaiknya lindungi rumah tinggal Anda dengan Asuransi. Dengan memiliki asuransi untuk rumah tinggal, manfaat utama yang akan kita dapat adalah perlindungan fisik bangunan dari kejadian-kejadian seperti kebakaran, tersambar petir, asap, bahkan jika kejatuhan pesawat terbang sekalipun, dan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan lainnya. Memiliki asuransi sama halnya dengan Anda menabung dalam jangka panjang sekaligus menyusun keuangan Anda secara lebih teratur dalam jangka waktu panjang.

Lindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran dari Garda Home. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang produk asuransi rumah tinggal Garda Home atau program promosi yang kami tawarkan bulan ini, Anda dapat mengunjungi Gardaoto.com cukup dengan mengisi aplikasi pembelian asuransi Garda Home melalui website Gardaoto.com, rumah Anda bisa langsung terlindungi sesuai dengan paket perlindungan yang Anda pilih. #PeaceofMind