5 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Di antara beberapa masalah yang bisa terjadi pada mobil, kondisi mesin mobil yang kurang bertenaga menjadi salah satu masalah yang paling merepotkan. Mobil yang normal biasanya memiliki tarikan yang mantap dan jarang tersendat, tetapi mobil yang kurang bertenaga atau mengalami masalah biasanya memiliki tarikan yang kurang mantap bahkan tidak jarang tersendat. Untuk mengatasi masalah ini, pemilik mobil harus mengetahui penyebab mobil kurang bertenaga. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab mobil kurang bertenaga yang perlu anda ketahui.

1.       Masalah pada komponen pengapian

Salah satu penyebab menurunnya performa mesin mobil adalah adanya masalah pada busi yang menyebabkan proses pengapian mesin menjadi tidak maksimal. Masalah pada busi mobil sendiri sangat beragam, mulai dari kabel busi yang bermasalah hingga busi yang kotor atau usang.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama anda harus memeriksa kondisi busi mobil Anda satu persatu. Kemudian, Anda juga harus membersihkan busi yang kotor atau mengganti busi yang usang. Selain itu, perlu juga untuk memeriksa kabel busi, lalu mengencangkan atau menyambungnya kembali.

Baca juga: Ini Lho, Masalah-Masalah yang Seringkali Terjadi Pada Mobil

2.      Masalah pada mesin

Mesin yang bermasalah atau mesin yang terlalu panas (overheat) juga dapat menyebabkan penurunan performa kendaraan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, mesin mobil merupakan penggerak utama mobil. Oleh karena itu, sangat wajar jika masalah pada mesin menjadi salah satu penyebab mobil kurang bertenaga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus memeriksa keadaan mesin mobil dan memperbaikinya di bengkel terdekat. Akan tetapi, jika penyebabnya adalah overheat, sebaiknya Anda dinginkan mesin terlebih dahulu. Setelah suhu mesin menjadi dingin, isi atau gantilah oli mesin mobil Anda.

3.      Masalah pada filter bahan bakar

Filter bahan bakar berperan penting dalam menyuplai bahan bakar, karena itulah kita harus selalu menjaga agar filter bahan bakar tersebut selalu dalam keadaan baik. Jika filter bahan bakar ini kotor atau tersumbat, maka suplai bahan bakar mesin akan terganggu dan menyebabkan kurangnya tenaga mesin.

4.      Masalah pada filter udara

Sama seperti filter bahan bakar, filter udara juga mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu menyuplai oksigen untuk mesin. Oksigen yang berkualitas sangat penting bagi proses pembakaran, karena itulah filter udara juga harus selalu dalam keadaan yang baik. Jika filter udara ini kotor, maka akan terjadi penyumbatan yang menghambat aliran udara. Jika sudah begitu, maka mobil akan menjadi kurang bertenaga.

5.      Kualitas bahan bakar

Perbedaan kualitas bahan bakar adalah salah satu masalah yang paling umum yang membuat mesin mobil menjadi kurang bertenaga. Perlu Anda ketahui bahwa angka oktan pada masing-masing jenis bahan bakar berbeda. Semakin tinggi angka oktan, maka bahan bakar tersebut akan semakin bagus. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu menggunakan bahan bakar yang paling bagus, misalnya BBM jenis Pertamax.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Itulah beberapa informasi penting terkait penyebab mobil kurang bertenaga yang perlu Anda ketahui, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika perlu, tambahan program perlindungan asuransi kendaraan agar berkendara lebih aman dan nyaman. Anda bisa menambahkan asuransi mobil Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi mobil Anda. Jika Anda menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi menjaga kenyamanan Anda selama 24 jam. #PeaceofMind