5 Persiapan Renovasi Rumah yang Penting untuk Dilakukan

Untuk menambah kenyamanan di hunian, banyak orang yang memilih untuk melakukan renovasi rumah. Meski skala renovasi ini kecil, namun tetap saja harus dipertimbangkan dengan baik untuk waktu jangka panjang. Ini juga termasuk ke dalam rencana keuangan anda nantinya, sehingga persiapan renovasi rumah berikut penting untuk anda terapkan.

1. Siapkan Budget

Tentu yang pertama tidak jauh jauh dari anggaran yang siap anda keluarkan, untuk melakukan kegiatan renovasi ini. Karena besaran budget inilah yang nantinya bisa menjadi acuan, sejauh mana anda bisa melakukan perubahan pada hunian. Nantinya pun anda bisa mendapat gambaran, apakah sebaiknya menggunakan jasa perancang desain untuk renovasi atau tidak.

Apabila dana terlihat belum mencukupi, anda bisa memilih beberapa kemungkinan. Pertama tetap melanjutkan renovasi namun hanya sebagian yaitu yang sekiranya membutuhkan perubahan, atau kedua menabung terlebih dahulu sampai dana mencukupi. Sehingga renovasi bisa dilakukan sesuai keinginan, semua pilihan ada di tangan anda.

2. Mempelajari Lingkungan Sekitar

Persiapan renovasi rumah selanjutnya yaitu mempelajari lingkungan sekitar. Mengapa hal ini penting ? Karena anda hidup bermasyarakat, sehingga sangat penting untuk lebih memperhatikan keadaan setempat sebelum menerapkan renovasi. Misalnya anda tinggal di gang, dan perubahan rumah anda ternyata malah membuat sinar matahari sulit masuk ke gang tersebut.

Tentu hal ini bisa membuat tetangga tetangga menjadi tidak nyaman. Jadi sebelum proses renovasi berlangsung, perhatikan terlebih dahulu apakah konsep yang akan anda terapkan mengganggu sekitar atau tidak. Selain itu, bila rumah anda terlalu mencolok sendiri, maka bukan tidak mungkin jika menjadi incaran oleh penjahat.

3. Menggunakan Perencana Profesional

Apabila anda ingin melakukan renovasi yang cukup besar dan banyak, ada baiknya untuk menyewa perencana profesional. Karena tenaga profesional tentu akan membantu anda dalam menerapkan konsep sesuai keinginan, dan membuka pandangan anda apakah konsep tersebut memang benar benar dapat diterapkan atau tidak di rumah.

Selain itu, perencana profesional akan menyelamatkan anda dari risiko kerugian yang terjadi di kemudian hari akibat dari salah perencanaan. Mereka pun dapat mempertanggungjawabkan desain yang ditawarkan, karena gambaran renovasi sudah tertuang dengan jelas dalam bentuk gambar teknik.

4. Pilih Konsep Rumah Segala Zaman

Agar hunian anda tak lekang oleh waktu, persiapan renovasi rumah yang juga penting yaitu memilih konsep segala zaman. Tidak harus yang lagi ngetrend di era sekarang, tapi pertimbangkan apakah model tersebut nantinya akan tetap bertahan lama atau tidak. Baik dari segi model maupun fungsi dari konsep tersebut.

Karena bisa jadi suatu saat anggota keluarga anda akan bertambah, atau kegiatan yang biasanya tidak pernah dilakukan jadi banyak dilakukan. Misalnya saja anda saat ini sengaja membuat dapur dalam bentuk kecil, sebab tidak ada yang suka memasak di rumah karena kesibukan masing masing. Padahal mungkin saja nantinya anda jadi suka memasak, setelah tidak lagi bekerja.

5. Lakukan Riset Harga

Meski anda telah memilih menggunakan perencana profesional atau jasa kontraktor yang terpercaya, namun bukan berarti anda lepas tangan terhadap jalannya renovasi ini. Sebaliknya anda harus melakukan riset harga terlebih dahulu, agar material yang anda dapatkan memang sepadan dengan yang dikeluarkan. Ini menjadi persiapan renovasi rumah yang sangat penting.

Melakukan renovasi rumah memang tidak boleh sembarangan, karena hunian anda diharapkan bisa ditinggali dalam waktu yang lama bahkan hingga akhir hayat jika memungkinkan. Sehingga perencanaan yang matang harus dipertimbangan dengan baik, mulai dari anggaran dananya hingga riset harga terhadap material bangunan yang digunakan.

Jangan lupa lindungi rumah kesayangan Anda dengan Asuransi Kebakaran Garda Home. Garda Home memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke). Dapatkan diskon 15% untuk Asuransi Garda Home. Cek sekarang di gardaoto.com. #PeaceofMind