Cara Mengisi Freon AC Mobil yang Benar

Freon merupakan gas yang mampu menghasilkan udara dingin pada AC kendaraan. Apabila kapasitas freon mulai berkurang, otomatis AC tidak dapat bekerja optimal hingga suhu di dalam kabin kendaraan mulai meningkat. Lalu bagaimana cara mengisi freon AC mobil ? Agar tidak salah langkah, simak ulasan singkat berikut.

1. Mengosongkan sistem AC

Sebelum mengisi ulang freon ke dalam tabung yang telah tersedia, sebaiknya lakukan pengosongan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, dimana Anda hanya perlu memasang manifold gauge pada saluran tertentu. Selanjutnya Anda hanya perlu membuka salah satu kran dengan tekanan yang disesuaikan untuk mengeluarkan sisa freon.

Tunggu beberapa saat dan pastikan tidak ada freon yang tersisa di dalamnya. Anda bisa memastikannya sendiri dengan mendengarkan suara mendesis ketika kran telah terbuka. Ketika suara mendesis mulai menghilang, dapat dipastikan jika freon sudah habis total dan siap diisi sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

2. Vacuum Sistem AC

Usai memastikan tidak ada freon yang tersisa, kini saatnya melakukan vacum sistem AC terlebih dahulu. Rangkaian yang perlu dilakukan sebelum mengetahui cara mengisi freon AC mobil ini, memiliki fungsi untuk menghilangkan atau menghisap uap air yang masih terjebak di dalam sistem AC itu sendiri. Lalu bagaimana cara vacum sistem AC yang benar ?

Pertama, lakukan vacum menggunakan pompa vakum dan manifold gauge maupun menggunakan manometer tekanan yang ada pada kran tekanan.  Tunggulah selama 15 menit hingga sistem AC menunjukkan angka 758.4 mm HG atau 20 psi. Cara ini membuat udara serta uap air keluar dari sistem AC dengan sempurna.

Pada langkah selanjutnya, Anda perlu menutup kran kembali seperti semula. Hal ini perlu dilakukan, karena udara yang telah bercampur dengan uap air dapat mempercepat proses pembekuan zat pendingin yang ada pada sistem AC. Jika sudah demikian, otomatis saluran sistem AC tersumbat yang diakibatkan oleh gumpalan es.

3. Melumasi Sistem AC

Setelah tahap vacum sistem AC selesai dilakukan, kini saatnya melakukan pelumasan pada kompresor AC. Langkah ini perlu dilakukan sebelum menerapkan cara mengisi freon AC mobil yang benar untuk menekan resiko kerusakan pada kompresor AC. Pertama tama tuangkan 5 hingga 10 cc oli pelumas pada kompresor AC menggunakan gelas ukur.

Masukkan selang manifold gauge  yang masih terhubung dengan pompa vacum pada gelas ukur tersebut. Kemudian bukalah kran tekanan rendah sedikit demi sedikit hingga oli pelumas perlahan masuk ke dalam sistem AC dengan sempurna. Pada langkah selanjutnya, segeralah tutup kran tekanan rendah begitu oli pelumas berhasil masuk.

Baca Juga: Tips Untuk Mengatasi Ac Mobil Bau

4. Pengisian Freon Pada AC Kendaraan

Pengisian freon sendiri dibagi menjadi dua, yakni pengisian freon pada saluran tekanan rendah dan pengisian freon pada saluran tekanan tinggi. Bagi Anda yang belum mahir melakukannya sendiri, ada baiknya melakukan pengisian freon pada tekanan tinggi saja, karena prosesnya dilakukan ketika kompresor dalam keadaan mati atau tidak bekerja.

Cara mengisi freon AC mobil yang pertama, Anda harus menaikkan tekanan freon dengan cara memanaskannya dalam alat pengisian khusus. Pastikan mesin dalam keadaan off dan manifold gauge telah terpasang sempurna. Kran tekanan rendah harus ditutup, sedangkan tekanan tinggi dibuka. Selanjutnya balik tabung freon agar freon cair dapat masuk ke dalam sistem AC dan sisi penuh.

Radiasi panas yang masuk ke dalam ruang kabin kendaraan, membuat pengendara serta penumpang merasa gerah dan tidak nyaman selama perjalanan berlangsung. Oleh sebab itu, penting untuk mengisi freon ketika mulai merasakan tanda tanda tidak ada perubahan suhu meski AC kendaraan mulai dinyalakan. Dengan mengisi freon di saat yang tepat, otomatis AC dapat bekerja kembali.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengisi Freon AC mobil yang benar? Jika AC mobil dingin dapat membuat kegiatan berkendara Anda menjadi nyaman. Selain itu untuk melindungi kendaraan, Anda dapat mengikuti program asuransi mobil. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Garda Oto memiliki layanan Home Survey dan Pick Up Delivery Service yang memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti di rumah atau di kantor. Setelah proses perbaikan mobil selesai, Garda Oto melayani antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel. Tak hanya itu, Garda Oto pun menawarkan berbagai keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari beberapa bank yang bekerja sama. #PeaceofMind