Agar Selamat Sampai Tujuan, Yuk Kenali Bahaya Berkendara Saat Hujan

Agar Selamat Sampai Tujuan, Yuk Kenali Bahaya Berkendara Saat Hujan

Menghadapi musim hujan, para pengendara di jalan raya harus selalu waspada. Pasalnya bahaya berkendara saat hujan ini begitu tinggi, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Pun dengan berkendara, anda juga harus selalu siap dengan segala keadaan yang mungkin terjadi.

1. Siapkan Kendaraan dengan Baik

Sebelum berkendara, anda harus memeriksa bagian kontrol utama pada kendaraan. Kontrol utama ini meliputi kemudi, pedal rem, pedal gas, serta kopling. Dimana anda wajib untuk memeriksa semua bagian tersebut dalam keadaan baik, dan mampu berjalan sesuai dengan fungsinya masing masing. Pastikan bahwa tidak terdapat bagian yang macet satupun.

Kemudian periksa kondisi semua ban, karena kondisi jalanan yang licin harus didukung dengan kondisi ban kendaraan yang benar benar prima. Baik itu apakah ban masih dalam keadaan bagus atau tidak, serta tekanan anginnya. Terlebih jika anda hendak berkendara untuk menempuh perjalanan yang jauh, ini akan membantu anda menghindari risiko aquaplaning.

Semua lampu kendaraan juga harus diperiksa, apakah berfungsi dengan baik. Karena lampu lampu ini akan membantu memberi tanda pada pengendara yang lain, sehingga bahaya berkendara saat hujan bisa diatasi. Selain itu ketika dalam keadaan hujan, biasanya jalanan jadi terlihat kurang jelas. Sehingga adanya lampu akan sangat membantu anda dalam berkendara.

Baca Juga: 4 Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Saat Musim Hujan

2. Berhenti Ketika Hujan Deras

Meski sudah menyiapkan kendaraan dengan sebaik mungkin, namun hujan yang terlalu lebat sebaiknya tidak anda terobos begitu saja. Sebab menyalakan lampu pun di tengah hujan lebat, tetap tidak bisa membantu anda untuk fokus. Wiper juga tidak akan membantu banyak, karena kaca mobil tidak bisa kembali jernih.

Jadi sebaiknya anda menepi terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan. Dalam hal ini anda dapat memilih cafe atau restoran, karena memungkinkan anda untuk bersantai dan mobil pun akan berada di tempat yang aman. Jika menemukan area peristirahatan atau pom bensin, maka tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk menepi.

Namun jika anda tidak menemukan tempat tempat tersebut dan terpaksa untuk berhenti di pinggir jalan, maka nyalakan lampu hazard. Ini dilakukan untuk memberi tanda bahwa anda tengah menepi. Setelah cuaca mulai membaik, anda bisa melanjutkan perjalanan meski hujan belum benar benar reda. Yang penting bahaya berkendara saat hujan lebat sudah dicegah.

3. Aturan Berkendara Saat Hujan

Karena berkendara saat hujan ini membutuhkan kehati hatian yang ekstra, maka anda wajib mengetahui beberapa aturan saat mengendarai kendaraan dalam kondisi tersebut. Yang pertama yaitu wajib waspada pada menit menit pertama hujan turun, karena pada saat tersebut kondisi jalan akan menjadi sangat licin akibat dari air hujan yang bercampur partikel di jalan.

Lalu jangan ngebut, mengurangi kecepatan kendaraan ketika hujan wajib untuk dilakukan. Karena ban mobil bisa tergelincir atau selip jika melaju kencang. Mobil dengan kecepatan rendah, bisa membuat alur ban bersentuhan secara langsung dengan aspal. Sehingga daya cengkram pada ban menjadi lebih baik, meski dalam cuaca hujan.

Dan untuk mencegah bahaya berkendara saat hujan, pastikan anda menyalakan lampu mobil untuk memberi tanda pada pengendara lain. Sehingga kejadian tabrak belakang atau lain sebagainya bisa dihindari. Namun jangan gunakan lampu hazard dalam kondisi ini, karena pengendara di belakang akan kesulitan melihat anda saat berbelok arah.

Baca Juga: Ini Dia Fitur yang Sangat Bermanfaat saat Musim Hujan

Melihat bahwa berkendara dalam keadaan hujan bisa berisiko, maka berbagai tindakan preventif harus dilakukan. Tips tips seperti di atas bisa anda terapkan sebagai tindakan preventif tersebut. Dengan begitu anda maupun orang lain tetap akan aman ketika berkendara di jalan raya, meskipun hujan turun. Selain mengetahui tips berkendaraan saat hujan, Anda juga harus tau pentingnya memiliki asuransi kendaraan yang akan memastikan ketenangan Anda saat berkendara. Dengan memiliki Asuransi mobil, Anda tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil Anda. Asuransi mobil dari Garda Oto dapat dibeli melalui situs dan via aplikasi Garda Mobile Otocare.