6 Tips Menata Pot Bunga di Teras Rumah Agar Terlihat Rapi

Teras yang cantik akan membuat tampilan keseluruhan rumah menjadi lebih menawan. Salah satu cara yang dapat diterapkan yaitu memberikan dekorasi teras rumah dengan menata bunga di area tersebut. Namun, mendekorasi teras dengan bunga tidak boleh dikerjakan asal-asalan.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menata pot bunga di teras rumah. Berikut informasi lengkapnya!

1. Menggunakan Aksesoris Rak Bunga yang Beragam

Langkah pertama untuk menata bunga di teras yaitu dengan menggunakan tambahan aksesoris rak bunga. Cara ini sangat tepat untuk membuat teras di hunian Anda tampil lebih cantik dan estetik. Anda juga dapat menyesuaikan peletakan rak bunga dengan susunan yang sejajar agar terlihat lebih rapi.

Selain menatanya secara sejajar, Anda juga dapat meletakkan dengan model tertentu. Misalnya saja berselingan, zig-zag dan lain sebagainya. Cara ini cukup efektif untuk menampilkan kesan dekorasi pada teras. Jangan lupa juga menata bunga di teras agar mendapat asupan cahaya matahari lebih maksimal.

2. Hindari Memajang Pot Terlalu Banyak

Teras merupakan bagian rumah yang biasa digunakan sebagai tempat bersantai dan lain sebagainya. Maka dari itu, ada baiknya jangan terlalu memajang banyak tanaman di pot di area tersebut, sebab menata pot bunga di teras rumah terlalu banyak akan membuat tampilan keseluruhan teras terkesan berantakan dan penuh.

Hindari memajang terlalu banyak tanaman di area depan rumah. Sebab, tanaman yang terlalu banyak juga dapat menutupi bagian jendela bahkan pintu rumah. Hal ini akan mengurangi estetika rumah. Untuk itu, aturlah tata letak dari tanaman pot di teras depan hunian Anda. Dengan begitu, tampilan teras rumah menjadi lebih menarik dan cantik.

Baca Juga: Jenis Tanaman Obat yang Bisa ditanam di Rumah

3. Manfaatkan Bagian Atas Teras

Bagi Anda yang memiliki teras mungil atau tidak terlalu besar, ada baiknya menata bunga dengan memilih jenis tanamannya. Pilihlah tanaman gantung untuk diletakkan di bagian atas teras. Tanaman hias gantung memberikan kesan estetik pada sebuah hunian. Menariknya, tanaman ini sangat mudah dirawat dan menghemat tempat.

4. Memanfaatkan Sudut Teras

Menata pot bunga di teras rumah dengan ukuran apapun juga perlu dilakukan agar memberi suasana segar dan menarik. Cara yang dapat diterapkan yaitu dengan memaksimalkan penggunaan sudut teras. Langkah ini cukup efektif membuat dekorasi lebih cantik dan juga menghilangkan kesan monoton. Agar menarik, gunakan media pot warna terakota yang menawan.

5. Mengatur Posisi Tanaman Agar Sesuai dengan Konsep Rumah

Selain mengatur pot dengan menggunakan rak atau media gantung, Anda juga dapat menata pot sesuai konsep hunian yang dimiliki. Apabila Anda memiliki rumah dengan desain minimalis, maka berikan penataan yang sederhana. Misalnya saja letakkan tanaman bidara di bagian sudut kanan teras ditemani bangku kecil. Kemudian, hiasi sisi kanan dengan tanaman lidah mertua.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Inspirasi Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

6. Menyamakan Jenis Tanaman Hias yang Dipilih

Menata pot bunga di teras rumah agar lebih cantik bisa dilakukan dengan cara menyamakan satu jenis tanaman. Anda bisa menggunakan satu sisi teras yang terisi penuh dengan tanaman lidah mertua kuning. Sementara itu pada sisi lainnya bisa diberi dengan tanaman hias jenis kaktus dengan pot warna putih.

Itulah beberapa ulasan mengenai tatanan tanaman hias untuk teras rumah. Ada banyak langkah yang bisa diterapkan, mulai dari mengatur posisi tanaman sesuai konsep rumah, menyamakan jenis tanaman, menggunakan rak aksesoris, memilih tanaman gantung, hingga penataan tanaman yang tidak terlalu penuh sehingga, Anda bisa membuat tampilan teras menjadi lebih cantik.

Teras rumah yang cantik tentunya juga memperindah estetika rumah Anda secara keseluruhan. Pastikan rumah Anda tetap cantik dengan adanya perlindungan dari asuransi perlindungan rumah Garda Home.