Simak 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Kondisi finansial yang tenteram dan seimbang tentunya menjadi idaman setiap rumah tangga. Apalagi mengingat bahwa kehidupan berumah tangga tidaklah sama dengan masa lajang.

Hal ini karena kebutuhan dan kewajiban yang harus dipenuhi pun akan semakin meningkat. Untuk itu, simak tips finansial rumah tangga agar tidak boros berikut ini.

1. Berlatih Untuk Menabung

Jangan segan untuk menabung meski hanya terkesan receh. Cara mengatur finansial rumah tangga ini mungkin tampak sangat sepele, namun menerapkan anggaran untuk tabungan akan memaksa Anda untuk berhemat.

Anda bisa memulai dengan jumlah kecil, seperti 2 ribu sampai 10 ribu per harinya. Terapkan prinsip sedikit demi sedikit menjadi bukit. Jika dilakukan secara rutin, biaya yang telah terkumpul adalah hasil upaya yang layak untuk diperjuangkan. Bahkan tak sedikit yang akan merasa terbantu dengan tambahan biaya tabungan yang semakin hari semakin besar. Secara tidak langsung, Anda pun akan berusaha untuk menyisihkan uang dari kelebihan anggaran untuk kebutuhan bulanan rumah tangga dan mulai berhemat.

2. Membatasi Pengeluaran

Anda juga bisa memulai untuk membatasi aktivitas yang bersifat konsumtif. Hal paling sederhana adalah mengurangi kebiasaan untuk makan di luar dan jajan. Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros ini paling efektif untuk upaya menghemat pengeluaran setiap bulannya. Bahkan, Anda pun dapat mengurangi aktivitas belanja produk-produk yang tidak perlu atau sekedar jalan-jalan ke mall.

Baca Juga: Kiat Menabung Untuk Membeli Rumah

3. Merencanakan Belanja Bulanan Secara Matang

Sempat disinggung tentang belanja, memang benar kebutuhan ini tidak akan bisa dihilangkan begitu saja. Karena itulah Anda harus bijak dalam merencanakan anggaran yang akan digunakan. Hindari nafsu untuk memenuhi keinginan membeli barang yang tidak diperlukan. Jika perlu, catat dengan detail segala kebutuhan dan perkiraan biayanya. Jangan takut untuk memberi catatan secara mendetail. Hal ini karena Anda akan tahu manakah hal yang harus dibutuhkan atau tidak. Anggap saja dengan menuliskan rincian kebutuhan primer dan tersier.

Jika perlu, Anda pun harus pintar mencari taktik. Gunakan dengan baik kesempatan diskon, gratis ongkir, membeli grosir terutama untuk beli produk yang tahan lama.

4. Pintar Dalam Segala Kebutuhan

Yang dimaksud dengan cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros ini adalah bijak dalam mengatur segala kebutuhan.

Anda bisa menerapkan peraturan hemat listrik, membatasi jajan, bijak dalam opsi kredit, menggunakan fungsi Paylater, dan berhemat dalam penggunaan paket internet.

Dalam penerapannya, sebenarnya kata bijak dan pintar dalam memilih tidak akan terlepas dengan upaya untuk berhemat. Apa pun bentuk kebutuhan yang ada, entah itu tersier atau pokok, Anda harus bijak dalam memenuhinya apalagi melihat bahwa kebutuhan di dunia modern semakin meningkat, seperti gawai, internet, pulsa, dan kesehatan.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Pertama

5. Mengalokasikan Dana Darurat

Meski selalu dikatakan bahwa harus berhemat dan mengurangi pengeluaran pada beberapa bidang, namun bukan berarti Anda tidak punya dana darurat. Dana darurat adalah salah satu konsep paling penting yang harus dipikirkan saat membahas keuangan rumah tangga.

Sama halnya dengan menabung, tips yang satu ini mengutamakan kebiasaan untuk mengalokasikan dana khusus. Anggap saja untuk kebutuhan masa depan atau kesehatan. Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros ini pun bisa Anda lakukan dengan menyisihkan dana tertentu. Tidak harus besar, namun konstan.

Lakukan secara rutin dan disiplin, sehingga suatu saat nanti Anda tidak akan bingung dengan keadaan darurat yang melanda dan masih memiliki dana untuk kebutuhan lainnya. Pada dasarnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa siklus finansial akan semakin susah untuk dikendalikan saat berumah tangga. Kebutuhan rumah tangga yang meningkat akan berjalan segaris dengan pengeluaran. Karena itu Anda harus berusaha untuk menabung, membatasi pengeluaran, merencanakan kebutuhan belanja, dan bijak dalam mengalokasikan dana. Satu hal lagi yang penting dalam perencanaan finansial rumah tangga adalah mengantisipasi yang tidak terduga melalui asuransi. Asuransi perlindungan rumah Garda Home siap melayani anda dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga di masa depan.