Apa Penyebab Rem Mobil Terasa Keras?

Apa Penyebab Rem Mobil Terasa Keras?

Rem merupakan bagian penting dari komponen mobil yang harus diperhatikan. Kondisi rem yang keras dan kurang nyaman bahkan dapat mempengaruhi pengendara dan bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, memastikan komponen mobil tetap baik sebelum dikendarai wajib dilakukan. Yuk ketahui penyebab rem mobil keras dan solusinya disini.

1. Kerusakan Booster

Booster merupakan salah satu komponen penting yang memiliki fungsi untuk membantu meringankan pengemudi saat menginjak rem. Booster ini dapat bekerja ketika mesin mobil sedang dinyalakan. Komponen ini dilengkapi dengan ruangan bertekanan konstan dan ruangan bertekanan variabel yang dihubungkan oleh diafragma.

Lazimnya, kedua ruangan tersebut menjadi vacuum ketika rem tidak diinjak. Namun, penginjakan pedal rem dapat berakibat pada penutupan vacuum port internal dan pembukaan inlet air valve. Hal ini tentu menyebabkan kedua ruangan bertekanan yang ada pada booster tidak terhubung. Akibatnya, diafragma akan tertarik ke arah vacuum dan melawan tekanan pegas agar roda berhenti.

Berbeda dari kondisi tersebut, kerusakan pada booster dapat membuat ruangan yang terdapat dalam komponen ini tidak berfungsi dengan optimal. Hal ini bahkan dapat menjadi penyebab rem mobil terasa keras dan tidak nyaman saat diinjak. Parahnya, bagian rem ini bahkan tidak bisa diinjak yang bisa berdampak kecelakaan. Untuk itu, anda perlu mengganti komponen ini jika dirasa bermasalah.

2. Volume Minyak Rem Menipis

Minyak rem juga memiliki peran penting untuk mengontrol kecepatan mobil ketika berjalan. Pasalnya, minyak ini digunakan untuk melumasi bagian cakram dan kampas agar tidak kering sehingga tidak menghambat laju mobil. Minyak rem ini juga memiliki fungsi untuk membantu kerja master silinder dan piston untuk menghasilkan panas dan membuat laju roda mobil menjadi terhenti.

Tidak terlumasinya komponen-komponen dengan baik karena minimnya volume minyak rem juga bisa membuat rem terasa keras saat diinjak. Untuk itu, anda harus mengecek kondisi ini secara berkala apakah sudah masuk waktu pengisian ulang maupun terjadi kebocoran. Jika terjadi kebocoran pada sistem tersebut, anda sebaiknya segera memperbaikinya maupun mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

3. Kampas Rem Habis

Penyebab rem mobil keras juga dapat berasal dari kondisi kampas rem yang habis. Kampas memiliki peran penting untuk menekan piringan cakram agar terjadi gesekan dan memperlambat laju mobil. Namun, kondisi kampas rem yang lebih lunak dapat menjadi kotor, aus dan habis jika selalu terjadi gesekan dengan komponen cakram.

Kondisi kampas yang habis tentu dapat berdampak pada kondisi rem yang terasa keras. Begitu pula, kondisi kampas yang habis ini juga dapat mengeluarkan bau hangus ketika digunakan untuk berkendara pada tanjakan menurun. Parahnya, kerusakan pada kampas ini dapat berdampak pada kerusakan cakram dan piston rem. Untuk itu, segerakan ganti komponen ini jika sudah mulai menipis.

4. Kebocoran Pada Selang Vakum

Selain itu, kebocoran selang vakum juga dapat menjadi penyebab rem mobil keras. Kebocoran ini biasanya dapat berpengaruh pada rembesan minyak rem pada beberapa titik. Anda bahkan dapat melihat rembesan ini mencapai permukaan parkir. Jika tidak mencapai permukaan luar, rembesan tersebut juga dapat membasahi berbagai komponen pada sistem pengereman.

Untuk memastikan kondisi kebocoran tersebut, anda dapat mengecek kebocoran dengan menghidupkan mesin sembari membuka kap mobil. Selanjutnya, cabut selang yang terhubung dengan booster dan tutup dengan jari. Lalu, rasakan tekanan dan daya hisap dari selang. Jika tidak terdapat tekanan, maka dapat dipastikan terjadi kebocoran sehingga anda perlu mengganti selang ini.

Rem mobil memiliki peran penting untuk menghentikan laju mobil. Untuk itu, anda perlu memperhatikan kondisi rem ini sebelum mengendarai mobil agar tidak terjadi kecelakaan. Memperhatikan beberapa kerusakan pada ulasan di atas dapat membantu anda untuk mengidentifikasi kerusakan sistem pengereman pada mobil anda.

Itulah beberapa informasi penyebab rem mobil terasa keras dan pastikan mobil Anda sudah terlindungi oleh asuransi agar Anda dapat dengan tenang berkendara. Garda Oto dapat membantu Anda dengan menyediakan layanan asuransi kendaraan yang bisa diberikan untuk kendaraan Anda. #PeaceofMind