Apa itu LCGC? Kelebihan Mobil LCGC Bagi Pecinta Otomotif

Apa itu LCGC? Kelebihan Mobil LCGC Bagi Pecinta Otomotif

Beberapa produsen mobil mengeluarkan seri mobil LCGC yang cukup menarik perhatian konsumen. Apalagi jenis mobil ini identik dengan mobil yang harganya cukup terjangkau dibanding yang lain. Lalu, apa itu LCGC? Simak langsung ulasan berikut mengenai LCGC dan keunggulan yang ditawarkannya.

Mengenal Apa itu Mobil LCGC?

LCGC atau Low Cost Green Car adalah jenis mobil murah ramah lingkungan. Jenis mobil ini mulai diluncurkan oleh beberapa produsen otomotif menyusul kebijakan pemerintah yang mengatur tentang mobil murah ramah lingkungan bebas PPnBM.

Umumnya untuk jenis mobil murah ramah lingkungan atau LCGC ini dipasarkan dengan harga kurang dari 170juta. Tujuannya adalah menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yang lebih terjangkau untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

*Baca Juga: Mengenal Tipe-Tipe Mobil yang Ada di Pasaran

Keunggulan Mobil LCGC (Low Cost Green Car)

  1. Harga mobil yang murah

Mobil memang termasuk barang mahal bagi sebagian orang. Namun dari kelas LCGC sendiri menawarkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau khususnya untuk masyarakat dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Jika menginginkan mobil yang murah, Anda bisa memilih model LCGC ini. Di pasaran harganya dibanderol sekitar 100 juta hingga 170 juta. Pilihannya pun beragam karena banyak produsen mobil yang menghadirkan kendaraan LCGC dalam beberapa tipe untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda.

  1. Mobil yang irit bahan bakar

Keunggulan lain dari mobil ini adalah mesinnya yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Syarat untuk masuk dalam segmen LCGC ini adalah penggunaan bahan bakar yang harus seefisien mungkin agar tidak menimbulkan terlalu banyak polusi. Kendaraan ini dirancang untuk bisa menempuh jarak 20km hanya dengan bermodalkan 1 liter bahan bakar saja. Penggunaan bahan bakar yang tergolong irit pada LCGC ini tentu penting dalam menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.

  1. Dimensi bodi compact

Keunggulan mobil LCGC lainnya adalah pada dimensi bodi mobil yang lebih compact. Umumnya mobil-mobil dari segmen ini sangat cocok untuk kendaraan sehari-hari yang sering melewati jalanan macet. Dengan dimensi bodi yang compact, mobil ini menjadi lebih lincah untuk melintasi jalan-jalan perkotaan atau jalanan yang padat kendaraan. Ramah untuk pemula dan tidak perlu khawatir menyerempet kendaraan lain.

  1. Cocok untuk modifikasi

Bagi penggemar modifikasi, mobil ini juga cocok untuk digunakan. LCGC memiliki desain yang dapat dimodifikasi, baik itu modifikasi ringan maupun modifikasi yang lebih ekstrem. Modifikasi interior mobil ini juga tidak sulit karena sudah banyak bengkel yang dapat memodifikasi khusus mobil-mobil ini. Jadi lebih mudah untuk modifikasi agar mobil semakin nyaman sesuai dengan keinginan.

  1. Perawatan yang murah

Mobil dari segmen ini juga cukup mudah dalam hal perawatan. Tidak perlu khawatir biaya mahal hanya untuk perawatan mobil. Kisaran biaya untuk perawatan mobil seperti di bengkel-bengkel resmi sekitar 1,7 juta. Anda juga tidak perlu kesulitan untuk menemukan bengkel yang melayani service khusus mobil-mobil murah ramah lingkungan ini. Perawatan berkala, penggantian suku cadang, dan lain sebagainya tidak semahal mobil-mobil lain.

  1. Nilai jual tidak terlalu rendah

Keunggulan dari mobil ini juga pada harga jual kembalinya yang tidak terlalu rendah. Banyak orang yang menggunakan kendaraan LCGC sehingga tidak heran jika harga jual kembalinya pun tidak terlalu merosot. Mobil-mobil bekasnya tidak terlalu rendah sehingga untuk Anda yang ingin menjualnya juga tidak usah khawatir. Nilai jual kembali untuk LCGC berkisar 120 juta hingga 150 juta tergantung tipe dan kondisi mobil itu sendiri.

  1. Durabilitas

Walaupun dikategorikan sebagai mobil murah, LCGC bukan sembarang mobil yang mudah bermasalah atau rusak. Mobil murah dan ramah lingkungan ini justru dirancang sedemikian rupa agar memiliki durabilitas yang lebih lama atau awet.

*Baca Juga: Jenis-Jenis Mobil di Indonesia Yang Wajib Anda Ketahui

Anda pun tidak perlu khawatir harus bolak-balik ke bengkel dan membayar biaya mahal. Namun memang untuk durabilitas dari setiap kendaraan akan sangat bergantung dari perawatannya. Bukan hanya perawatan komponen mobil tetapi juga cara mengendarai mobil yang perlu diperhatikan.  

Pada intinya jenis mobil ini memiliki keunggulan pada harga yang lebih terjangkau dan biaya perawatan yang tergolong murah. Bagi yang tidak ingin terlalu membebani finansial, jenis mobil ini bisa menjadi pilihannya. Selain itu, untuk mengurangi risiko finansial di masa depan karena mobil yang rusak atau mengalami kecelakaan, bisa mengcovernya dengan asuransi mobil Garda Oto.

Garda Oto menawarkan pertanggungan TLO dari asuransi mobil yang akan memberikan jaminan atas kerusakan dengan biaya perbaikan lebih dari 75% dari harga mobil sesaat sebelum kerugian atau kerusakan. Sedangkan untuk pertanggungan comprehensive akan memberikan jaminan sebagian dan keseluruhan oleh semua risiko yang ada pada polis.