Cara Aman Puasa untuk Ibu Hamil

Cara Aman Puasa untuk Ibu Hamil

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim, namun pada bulan puasa ibu hamil memiliki keringanan dalam memilih untuk ikut berpuasa ataupun tidak ikut berpuasa, tergantung pada kondisi kesehatan yang berbeda pada masing-masing ibu hamil. Namun untuk ibu hamil yang berniat untuk tetap berpuasa, disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter kandungannya terlebih dahulu. Namun jika kondisi kesehatan memungkinkan untuk berpuasa, berikut beberapa tips yang dapat menjadi referensi membantu ibu hamil menjalani puasa dengan nyaman dan aman.

Penuhi kebutuhan nutrisi setiap hari

Makan makanan yang bergizi setiap sahur dan buka puasa untuk mencukupi kebutuhan janin dan menjaga kesehatan ibu selama berpuasa seharian. Disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah, sayur, karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung banyak protein seperti daging, keju, susu, dan kacang-kacangan.

Konsumsi vitamin dan asam folat

Ibu hamil juga membutuhkan vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui vitamin mana yang dibutuhkan dan cocok untuk tubuh ibu dan janinnya, jangan lupa untuk meningkatkan konsumsi asam folat, karena asam folat salah satu asupan terpenting yang wajib dipenuhi untuk ibu hamil, dengan tercukupinya asupan Asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi.

Saat sahur dan buka puasa, perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak minum air putih saat sahur dan buka puasa +bukan hanya berlaku pada orang yang tidak mengandung, tak terkecuali pada badan ibu hamil, asupan air putih yang cukup sangat penting agar tidak cepat mengalami dehidrasi saat siang hari. Normalnya kebutuhan minum pada manusia adalah 8 gelas sehari, ibu hamil dapat membaginya menjadi 4 gelas saat sahur dan 4 gelas lagi saat berbuka puasa.

Hindari risiko dehidrasi dengan mengurangi konsumsi minuman berkafein

Perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh sering ingin buang air kecil berisiko menyebabkan dehidrasi. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, melainkan pada coklat, teh, minuman ringan, dan minuman energy.

Atur jam istirahat

Hindari untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat yang dapat menyebabkan tubuh cepat mengalami kelelahan. Hindari juga kegiatan yang dapat menyebabkan stress. Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan janin dan tubuh ibu hamil selama menjalankan puasa.

Nah, sekarang sudah tahu apa saja yang harus dilakuakan oleh ibu hamil selama berpuasa bukan? Sebagai calon orang tua, tentunya kita selalu ingin memberikan yang terbaik sejak si kecil lahir ke dunia, bahkan sejak si kecil masih di dalam kandungan, Anda pasti sudah jauh-jauh hari memikirkan masa depan si kecil. ⠀⠀

Banyak hal yang harus dipikirkan serta dipersiapkan dengan baik ketika si kecil lahir ke dunia. Anda harus bisa mengatur seluruh aspek kehidupan keluarga Anda mulai dari yang kecil hingga yang besar, dan dari yang terencana hingga yang mendadak sekalipun. Dengan begitu, pastikan Anda melindungi buah hati Anda dengan untuk masa depan yang lebih peace of mind. adalah salah satu produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan utama berupa santunan pendidikan serta jaminan pendidikan untuk anak apabila tertanggung utama meninggal dunia karena kecelakaan. Ajukan segera , Anda dapat membelinya dengan #DirumahAja melalui gardaoto.com.