Cara Ampuh Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil yang Bandel

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, sudah semestinya memahami berbagai cara perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri agar kondisi kendaraan tetap prima. Dalam hal ini penting untuk mengetahui bahwa ruang mesin memiliki kerak bekas oli yang bisa mengurangi fungsi mesin jika dibiarkan. Oleh karena itu, berikut cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil.

1. Gunakan Peralatan yang Tepat

Sebelum memulai membersihkan kerak oli yang terdapat pada mesin mobil, tentu Anda membutuhkan peralatan pendukung yang akan menunjang kegiatan pembersihan tersebut. Dalam hal ini, penting untuk menggunakan peralatan yang tepat. Karena dengan menggunakan peralatan yang tepat, maka kerak akan hilang lebih cepat secara tuntas.

Pada praktiknya, umumnya peralatan pendukung yang digunakan yaitu sikat gigi atau spons. Bahkan kedua perangkat tersebut biasa digunakan untuk membantu membersihkan mesin mobil bagian lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan kain microfiber kering. Kain ini nantinya bisa diaplikasikan setelah penggunaan beberapa cairan pembersih.

2. Engine Conditioner dan Engine Flush

Cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil berikutnya yaitu menggunakan engine conditioner dan engine flush. Kedua cairan ini akan sangat membantu pembersihan kerak oli, sebab kerak tersebut tidak bisa langsung hilang hanya dengan air serta peralatan sederhana seperti spons dan sikat gigi dimana engine conditioner merupakan pembersih khusus yang nantinya bisa menghasilkan busa saat disemprot ke dalam ruang bakar, sementara engine flush merupakan pembersih yang bentuknya seperti deterjen, dengan fungsi membersihkan kotoran serta menghilangkan kerak oli. Kedua cairan ini memang merupakan pembersih mobil khusus yang bisa Anda gunakan.

Namun dalam pengaplikasiannya, perlu diingat bahwa engine conditioner tidak sama dengan engine flush. Jika engine conditioner membersihkan ruang mesin atau ruang bakar, maka engine flush digunakan untuk membersihkan jalur oli. Jadi, Anda bisa memasukkan cairan tersebut ke dalam bagian mesin sebelum melakukan penggantian oli.

Baca Juga: Tips Memilih Oli yang Tepat bagi Mobil Kesayangan Anda

3. Gunakan Engine Degrease

Tidak kalah penting dari engine conditioner dan engine flush, cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil juga dapat menggunakan engine degreaser. Cairan satu ini dimanfaatkan untuk beberapa bagian mesin lainnya yang terlihat masih kotor. Agar fungsinya optimal, Anda sepertinya perlu menggunakan peralatan lain sebagai pendukung engine degreaser ini dengan cara mula mula semprotkan cairan engine degreaser, lalu sikat menggunakan air sabun agar bersih. Selanjutnya siram bagian mesin dengan air mengalir lalu gunakan kain microfiber sebagai alat untuk mengeringkan ruang mesin. Namun sebelum dikeringkan, pastikan bahwa semua bagian sudah dalam keadaan bersih.

4. Lakukan Perawatan Secara Berkala

Fungsi maksimal dan kondisi prima yang dimiliki mobil merupakan tanggung jawab Anda sebagai pemilik kendaraan. Meski beberapa cara membersihkan kerak oli di atas bisa Anda terapkan untuk menghilangkan kerak oli pada mesin, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sisa sisa oli akan kembali membentuk kerak pada bagian ruang bakar.

Maka dari itu, cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil juga harus berkesinambungan dengan perawatan berkala. Perawatan secara berkala ini akan membantu agar tidak ada kerak yang menumpuk lagi di dalam ruang mesin. Bahkan dengan perawatan berkala, kondisi mesin dijamin bisa tetap prima seperti spesifikasinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh guna membersihkan kerak oli yang ada pada mesin mobil. Cara yang telah disebutkan terbilang cukup mudah, bahkan bisa Anda lakukan seorang diri di rumah. Meski begitu, tentu membawanya ke tempat jasa perawatan atau service mobil terbaik akan membuat kendaraan menjadi lebih optimal.

Selain merawat mobil Anda, jangan lupa untuk memberikan perlindungan pada mobil Anda dengan asuransi. Cek info tentang asuransi mobil Garda Oto di sini.