Cara Memasang dan Membersihkan Sarung Jok Mobil

Cara Memasang dan Membersihkan Sarung Jok Mobil

Sarung jok mobil tidak hanya mempercantik interior tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengemudi dan penumpang. Pemilik mobil dapat mengganti sarung jok mobil sesuai dengan keinginan. Namun perlu diperhatikan cara memasang sarung jok yang benar sesuai dengan tipe kursi atau jok mobil. Berikut cara memasang sarung jok mobil untuk masing-masing jenis sarung jok mobil.

Jenis Sarung Jok Mobil dan Cara Memasangnya

  1. Sarung jok permanen

Jika ingin memasang sarung jok permanen, maka sarung jok yang lama harus dilepas terlebih dahulu. Lepas sarung jok hingga tersisa kerangka dan busa saja. Setelah itu pasang sarung jok yang baru dengan benar. Keunggulan memasang sarung jok permanen adalah bentuknya yang lebih rapi. Bentuknya akan terlihat bagus di jok mobil sehingga dapat memperindah kabin atau interior mobil. Selain itu, kualitas sarung jok ini juga bagus sehingga terasa nyaman untuk diduduki.

  1. Sarung jok semi permanen

Sarung jok ini dapat dipasang di semua model jok mobil. Berbeda dari sarung jok permanen karena untuk jenis semi permanen ini dapat langsung dipasang tanpa harus melepas sarung jok yang lama. Sarung jok yang baru dapat langsung dipasang dan kemudian dijahit mengikuti bentuk jok aslinya. Sarung jok semi permanen dapat digunakan sebagai cover untuk melindungi sarung jok dengan tampilan seperti aslinya. Namun jenis sarung ini memiliki kekurangan karena pemasangannya yang mungkin kurang rapi dengan benjolan-benjolan dari sarung jok lama.

  1. Sarung jok bertali

Jenis sarung ini biasanya dipasang untuk melindungi sarung jok asli dari bawaan mobil. Termasuk sarung jok yang murah dan mudah digunakan. Cukup dengan membuka sarung dan kemudian memasangnya ke jok mobil. Cover jok ini dapat melindungi sarung jok yang asli agar tidak mudah kotor. Namun pemasangannya tidak ngepres dengan jok mobil dan mudah bergeser. Kurang cocok untuk Anda yang menginginkan interior mobil yang rapi dan elegan.

*Baca Juga: Tips Merawat Sarung Jok Mobil dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan Noda pada Sarung Jok Mobil

Perawatan berkala diperlukan untuk menjaga kenyamanan di bagian interior mobil. Salah satunya adalah dengan membersihkan jok dari kotoran seperti remahan makanan, tumpahan air, dan noda lainnya. Berikut cara membersihkan sarung jok mobil sesuai dengan tipe sarungnya.

  1. Membersihkan sarung jok berbahan kulit

Pemilihan cairan pembersih sangat penting untuk diperhatikan saat membersihkan sarung jok berbahan kulit. Namun sebelum menggunakannya, sebaiknya sarung jok sudah dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan vacuum untuk menyedot kotoran yang ada di permukaan jok. Setelah itu, cairan pembersih dapat diaplikasikan ke jok menggunakan kain lembut.

Hindari menggunakan kain kasa untuk mencegah sarung jok rusak. Lebih disarankan untuk menggunakan cairan pembersih yang memiliki tekstur pasta. Jika cairan pembersih terlalui cair atau berbahan air, akan lebih mudah untuk muncul jamur pada permukaan jok berbahan kulit.

  1. Membersihkan sarung jok berbahan kain beludru

Cara membersihkan sarung jok berbahan beludru atau kain ini tentu berbeda dengan sarung jok berbahan kulit. Hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan sarung jok ini adalah sarung jok kain harus terpisah atau tidak dalam keadaan terpasang pada jok mobil. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kotoran yang menempel pada sarung jok.

Gunakan vacuum cleaner agar semua kotoran dapat tersedot hingga bersih. Selanjutnya adalah menyemprotkan cairan pembersih yang memiliki tekstur busa. Jika perlu, sikat pada noda yang membandel dengan cara menyikat satu arah. Setelah noda dibersihkan, lap sarung jok menggunakan kain bersih.

  1. Membersihkan sarung jok berbahan vinyl

Bahan vinyl memiliki permukaan seperti plastik sehingga mudah untuk dibersihkan. Sebelum menggunakan cairan pembersih, bersihkan terlebih dulu sarung jok dari kotoran-kotoran dan debu yang menempel di permukaan dengan menggunakan vacuum cleaner.

*Baca Juga: 4 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan Dalam Merawat Mobil

Aplikasikan cairan pembersih ke permukaan sarung jok vinyl hingga menyeluruh. Jika ada noda yang membandel, maka bisa disikat namun dengan jenis sikat yang halus agar tidak merusak bahan vinyl. Gunakan lap bersih untuk menghilangkan cairan pembersih di seluruh bagian jok mobil.

Selain cara di atas, membersihkan sarung jok mobil juga dapat dilakukan melalui bengkel. Biasanya mereka memiliki banyak peralatan untuk membersihkan sarung jok mobil dengan maksimal. Kerusakan sarung jok mobil memang bisa terjadi kapan saja, karena banyak hal termasuk faktor eksternal seperti bencana alam, kecelakaan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting untuk melindungi kendaraan Anda dengan asuransi mobil.

Garda Oto adalah salah satu asuransi kendaraan terbaik di Indonesia yang memberikan pertanggungan untuk kerusakan mobil akibat kecelakaan, banjir, gempa, atau kerusuhan masal. Garda Oto akan mengcover kerusakan mobil Anda apabila terjadi hal-hal diatas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas garansi hasil kerja bengkel hingga 6 bulan. Hal ini karena Garda Oto sudah berkerja sama dengan beberapa bengkel resmi yang ada di Indonesia.