Fungsi dan Cara Gunakan Rem Tangan Mobil dengan Benar

Fungsi dan Cara Gunakan Rem Tangan Mobil dengan Benar

Rem tangan mobil merupakan salah satu bagian dari sistem pengereman yang ada di semua jenis atau tipe mobil. Fitur keamanan ini sering disebut juga sebagai rem parkir yang penting untuk menjaga posisi mobil saat berhenti. Bagi pengendara tentunya sangat penting untuk mengetahui fungsi dan cara menggunakan hand break ini. Cara menggunakan rem tangan sendiri tergantung dari jenisnya. Berikut beberapa fungsi, jenis-jenis rem tangan mobil dan cara menggunakannya.

Fungsi Rem Tangan Mobil

  1. Menjaga posisi mobil

Pada rem biasa digunakan untuk membantu menghentikan laju kendaraan. Sedangkan untuk rem tangan berfungsi untuk menjaga mobil agar diam di posisinya selama parkir beberapa jam. Oleh sebab itu, rem tangan sering disebut sebagai rem parkir.

  1. Membantu kontrol mobil

Rem tangan mobil juga memiliki peran penting saat mobil melintasi jalanan yang tidak rata. Biasanya rem tangan digunakan saat mobil berada di tanjakan atau turunan. Fungsinya adalah membantu mobil agar lebih mudah untuk dikendalikan saat melewati jalanan yang tidak rata tersebut.

  1. Menjadi rem darurat

Fungsi lain dari rem tangan mobil yaitu sebagai rem darurat. Rem tangan dapat dimanfaatkan sebagai rem darurat apabila melewati jalanan macet dan kaki sudah terlalu lelah untuk menginjak pedal rem. Rem tangan mobil juga dapat digunakan sebagai alternatif pengereman saat rem mobil blong. Gunakan rem tangan dengan benar ketika mengalami kondisi darurat.

*Baca Juga: Mengulik Fungsi dan Cara Kerja Booster Rem Pada Mobil

Jenis-jenis Rem Tangan Mobil

  1. Rem tangan tombol

Jenis rem tangan tombol ini menjadi model yang paling mudah digunakan. Desain rem tangan tombol biasanya memiliki bentuk yang kecil. Namun untuk mobil di Indonesia sendiri belum terlalu banyak yang menggunakan rem tangan mobil. Model rem tangan tombol disebut juga dengan istilah rem tangan elektrik. Cara menggunakan rem tangan tombol yaitu dengan menarik tuas yang ada pada tombol. Tarik tuas sedikit ke atas dan rem akan bekerja untuk menghentikan mobil.

  1. Rem tangan pedal

Model rem tangan pedal tergolong rem tangan mobil model baru. Pada mobil-mobil dengan transmisi otomatis banyak yang menggunakan jenis rem tangan ini. Letak rem tangan pedal berada sejajar dengan pedal gas. Desain dari rem ini memberikan pengalaman mengemudi yang lebih mudah karena tangan lebih bebas untuk memegang kendali setir.

Cara menggunakan rem tangan pedal ini tidak menggunakan tangan seperti rem tombol. Pengemudi harus menginjak pedal rem untuk menjalankan fungsi rem tangan ini. Injak pedal rem sampai dalam untuk mengunci posisi mobil. Apabila ingin melepaskan cengkeraman rem tersebut, maka harus menginjak rem sekali lagi dengan dalam dan mobil siap ke posisi melaju.

  1. Rem tangan stik

Jenis rem tangan mobil yang banyak digunakan, baik untuk mobil manual atau mobil otomatis adalah rem tangan stik. Sesuai namanya, model rem ini dilengkapi dengan stik yang biasanya terletak di tengah-tengah antara kursi pengemudi dengan kursi penumpang paling depan. Model rem tangan ini termasuk salah satu yang cukup mudah digunakan, karena dilengkapi tombol pada bagian atas stik.

Saat ingin berhenti, pengemudi hanya perlu menarik tuas stik dan menekan tombol di atasnya, maka mobil akan diam. Biasanya untuk jenis rem tangan ini akan keluar bunyi klik saat rem digunakan. Ketika mengangkat tuas stik untuk pengereman, pastikan terdengar bunyi klik 4-7 kali. Apabila bunyi klik lebih dari itu, kemungkinan ada setelan yang tidak cocok pada sistem pengereman tangan mobil.

*Baca Juga: Ciri – ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis & Harus Diganti

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil agar Tidak Cepat Rusak

  1. Hindari menggunakan rem tangan ketika berhenti sejenak

Rem tangan biasanya digunakan untuk parkir selama beberapa jam. Apabila mobil hanya berhenti sejenak seperti di lampu merah, sebaiknya tidak menggunakan rem tangan melainkan mengubah transmisi ke posisi N atau gigi netral. Cara ini dapat menjaga kampas rem tangan agar lebih awet.

  1. Jangan tancap gas sebelum rem tangan dilepas

Ketika melewati tanjakan dan menggunakan rem tangan, pastikan konfigurasi antara rem tangan dan gas harus seimbang. Jangan langsung tancap gas apabila posisi rem masih mengunci mobil. Hal ini untuk mencegah kabel rem agar tidak putus.

  1. Hindari menggunakan rem tangan untuk parkir dalam kurun waktu lama

Jika mobil parkir dalam waktu yang lama, sebaiknya tidak menggunakan rem tangan agar ban tidak terlalu lama terkunci. Pada mobil manual, silahkan gunakan pengganjal seperti batu atau benda keras lainnya untuk menghambat laju mobil. Sedangkan untuk mobil otomatis dapat memasukkan transmisi “P” atau parkir.

Mengetahui cara menggunakan rem tangan mobil yang benar merupakan hal penting untuk menjaga fungsi rem agar lebih tahan lama, sehingga anda tidak perlu pusing ke bengkel. Mahalnya biaya  service mobil akibat risiko yang tidak terduga mungkin bisa membuat anda tidak nyaman, maka dari itu mobil harus diproteksi dengan baik melalui asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh Garda Oto.