Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Sebagai orang tua, penting bagi anda untuk mengetahui cara menghitung biaya pendidikan anak sejak dini. Hal ini bahkan perlu dilakukan sebelum tahun ajaran baru dimulai, agar nantinya anda tidak kelimpungan untuk menyiapkan biaya yang ada. Pasalnya semakin ke sini, biaya pendidikan terbilang semakin meningkat dari tahun tahun sebelumnya.

1. Melakukan Riset Sekolah

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menghitung biaya pendidikan anak, yakni riset terhadap sekolah yang ada. Untuk saat ini, pilihan sekolah sudah begitu beragam. Ada sekolah negeri dan sekolah swasta yang tidak kalah apik, sekolah nasional plus dan internasional, sekolah reguler atau yang bentuk asrama.

Pilihan yang ada ambil nantinya tentu akan mempengaruhi biaya yang harus anda bayarkan. Jadi penting untuk melakukan riset terlebih dahulu pada masing masing jenis sekolah ini, cari tahu pula biaya pendaftaran yang diberlakukan. Dengan begitu nantinya anda dapat menyesuaikan kemampuan keuangan dengan sekolah yang diinginkan.

Baca Juga: Merencanakan Pendidikan Anak

2. Hitung Dana Pendidikan di Masa Sekarang

Apabila anda telah mengantongi daftar biaya dari sekolah impian untuk si kecil, maka ini saatnya memulai cara menghitung biaya pendidikan anak. Perhitungan ini perlu dibagi sesuai dengan tingkatan pendidikannya, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Pasalnya masing masing tingkatan tentu akan mempunyai waktu dan cara yang berbeda dalam menabung.

Apabila anda memiliki gaji bulanan tetap, maka untuk dana pendidikan di jenjang TK hingga SMA hanya perlu memperhitungkan uang pangkal. Sebab uang sekolah dapat anda ambil dan sisihkan dari penghasilan bulanan. Namun bila anda belum memiliki gaji tetap, akan lebih baik jika anda juga menghitung uang sekolah bulanan di perhitungan awal ini.

Sementara untuk jenjang perguruan tinggi atau kuliah S1, hitung biaya dari anak masuk sampai dengan kelulusannya sekitar dalam waktu empat tahun. Di sini sebaiknya anda mengambil patokan perhitungan dari opsi sekolah paling mahal, yang telah anda pilih di awal pada saat melakukan riset sekolah. Dengan begitu biaya perhitungan bisa mencakup semua sekolah pilihan.

3. Hitung Dana Pendidikan di Masa Depan

Cara menghitung biaya pendidikan anak tidak bisa hanya mengacu pada biaya di masa sekarang saja. Karena seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa dana pendidikan secara konsisten naik di setiap tahunnya. Belum lagi jika terjadi faktor inflasi, yang bisa menyebabkan biaya berubah bahkan jauh lebih tinggi.

Tentu anda mengetahui, bahwa inflasi merupakan kondisi dimana harga barang mengalami kenaikan atau terjadinya peningkatan nilai uang. Sehingga perekonomian keluarga anda juga akan terdampak, dan berakibat pula pada biaya pendidikan. Inflasi ini memang sangat variatif, namun umumnya nilainya sebesar 10 persen per tahun. Jadi hitung biaya lebih banyak 10 persen.

Baca Juga: Pastikan Pendidikan Anak Terlindungi di Masa Depannya

4. Tabungan Pendidikan Anak

Terakhir yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak yakni memilih cara menabung. Cara menabung yang tepat akan membantu anda dalam mengelola keuangan, dan mencapai angka yang telah anda temukan dari cara menghitung biaya pendidikan anak. Dalam hal ini, anda bisa memilih cara menabung biasa maupun berbagai jenis investasi.

Perhitungan yang matang akan mengantarkan anda pada biaya pendidikan yang akurat atau setidaknya mendekati, yang wajib anda bayarkan untuk sekolah anak hingga jenjang tertentu. Angka yang muncul nantinya akan membantu anda melakukan persiapan yang baik pula. Dimana akan terbesit berbagai opsi yang bisa dipilih untuk mencapai angka tersebut.

Selain itu Anda dapat mendaftarkan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Edu. Salah satu tujuan dari memiliki asuransi tentunya adalah untuk bisa melindungi dari berbagai kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Contohnya adalah ketika pihak tertanggung ternyata mendapatkan musibah seperti mengalami cacat atau bahkan meninggal dunia.

Di sisi lain, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Dampaknya orangtua kadang terpaksa melakukan hutang untuk membayar biaya pendidikan anaknya. Mengikuti program ini, secara tidak langsung juga bisa mencegah hutang di kemudian hari jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Mengingat ada santunan dana pendidikan yang bisa digunakan untuk membiayai.

Dengan semua penjelasan diatas pastinya membuat Anda lebih paham tentang perhitungan asuransi untuk jaminan pendidikan. Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk memahami seluk beluk asuransi untuk jaminan pendidikan secara lebih detail. Salah satu Asuransi untuk jaminan pendidikan anak adalah Garda Edu. Perlindungan Pendidikan Garda Edu wujud cinta untuk mengalihkan risiko yang mungkin terjadi di masa depan dan berdampak langsung pada pendidikan buah hati. Bayar Premi mulai 100 ribu/tahun dapatkan pertanggungan hingga 55 juta. #PeaceofMind