Cara Merawat dan Membersihkan Interior Mobil Agar Tetap Baru

Cara Merawat dan Membersihkan Interior Mobil Agar Tetap Baru

Untuk bisa berkendara dengan nyaman tentu tak hanya dari segi performa mesin mobil namun juga interior yang selalu bersih. Membersihkan interior mobil tak hanya menghadirkan kenyamanan namun kesehatan Anda yang menggunakannya juga lebih terjaga. Komponen yang terdapat dalam bagian interior juga lebih awet. Namun, memang perlu lebih mengetahui cara merawat interior mobil. Hal ini karena komponennya sangat beragam dan cara untuk membersihkannya juga bisa berbeda-beda.

Berikut cara merawat dan membersihkan interior mobil

  1. Membersihkan plafon mobil

Plafon mobil dibuat dari beragam jenis bahan seperti fabric atau beludru. Masing-masing bahan memerlukan perawatan yang berbeda. Bila plafon memakai bahan fabric, Anda harus memakai pembersih interior mobil khusus.

Pembersih juga tak langsung disemprotkan namun memakai kain dengan serat halus. Baru digunakan untuk mengelap semua bagian plafon secara searah. Anda dapat menggosoknya perlahan agar kotoran dan debu menghilang.

Sementara untuk plafon memakai bahan beludru Anda perlu memakai air terlebih dahulu. Gosok plafon menggunakan kain yang dibasahi air hingga bersih. Jangan langsung memakai air sebab bisa membuat lapisan bludru menjadi bau karena menyerap air. Plafon berbahan bludru lebih sulit dibersihkan, maka jangan sampai terkena noda bahkan jamur.

  1. Perawatan jok mobil

Jok mobil merupakan bagian paling sering digunakan dan memerlukan perawatan rutin. Seperti halnya plafon, bahan jok bisa berbeda-beda maka cara perawatannya pun berbeda. Terdapat dua tahap yang dapat dilakukan untuk membersihkannya.

Pertama Anda dapat menggunakan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Lalu gunakan mesin vakum agar kotoran dan debu pada sela-sela jok dapat terangkat.

*Baca Juga: Begini Cara Benar Merawat Jok Mobil untuk Kendaraan Anda

Jika ada noda pada bagian jok maka Anda harus membersihkannya menggunakan cairan sabun lalu gosok perlahan serta keringkan. Cara ini hanya dapat dilakukan bila jok memakai lapisan vinyl.

Jika jok mobil memakai bahan yang sulit untuk dibersihkan seperti kulit, Anda wajib menyediakan cairan pembersih khusus. Anda harus menghindari cara membersihkan jok kulit menggunakan air deterjen sebab bisa merusaknya.

  1. Membersihkan dashboard

Dashboard adalah komponen interior penting yang menutup bagian mesin dan banyak kabel serta menghadirkan ruang penyimpanan. Sekalipun dashboard berwarna hitam, kotoran tetap bisa menempel.

Untung cara merawat dashboard tak terlalu sulit. Anda bisa memakai kemoceng untuk membersihkan debu kering. Bila ada kotoran berkerak, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang dibasahi air hangat.

Anda pun dapat menggunakan mesin vakum untuk membersihkan semua debu kering hingga pasir. Jangan lupa untuk membersihkan setir mobil yang ada pada dashboard. Kebersihan setir harus selalu terjaga sebab mudah terpapar bakteri.

  1. Membersihkan kaca jendela luar dalam

Tips berikutnya adalah bagian kaca, baik kaca depan, samping, luar dan dalam harus selalu terjaga kebersihannya. Kaca harus tampak kinclong terutama bagian depan sebab memiliki dampak sangat besar bagi penglihatan pengemudi.

Untuk membersihkannya bisa memakai kain lap dan air. Khusus bagian depan Anda dapat membersihkannya saat mencuci mobil. Sementara kaca bagian dalam Anda dapat membersihkannya dengan cairan khusus untuk membersihkan kaca.

*Baca Juga: Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Gunakan kain halus agar tak menyebabkan goresan yang bisa merusak kaca. Jangan lupa untuk cek wiper apakah bekerja dengan baik dan air wiper bisa membersihkan kaca depan. Selain itu Anda pun harus membersihkan kaca spion di dalam mobil, sebab memiliki fungsi untuk mengamati area belakang mobil.

  1. Membersihkan karpet dan pijakan kaki

Bagian ini mungkin jarang Anda bersihkan. Bagian ini nantinya sangat kotor saat musim hujan. Alas kaki yang membawa kotoran, debu hingga lumpur dapat menjadi sumber bau tak sedap di dalam mobil. Oleh sebab itu perawatan bagian interior mobil ini harus diperhatikan.

Anda perlu melepas karpet lalu mencucinya secara terpisah. Gunakan sabun dan air. Lalu gunakan mesin vakum pada bagian bawah karpet. Bersihkan juga pedal di bagian pengemudi.

  1. Membersihkan lubang ventilasi AC

Bagian interior mobil yang tak boleh terlewatkan adalah lubang ventilasi AC. Saat membersihkan dashboard tentunya ventilasi AC di depan juga harus dibersihkan. Bila mobil Anda memakai AC jenis double blower maka bagian itu juga perlu dibersihkan. Ventilasi AC kotor bisa menyebarkan bakteri dan virus.

Anda dapat menggunakan kemoceng atau kanebo yang sudah dibasahi dan diperas. Hal ini bertujuan  agar kotoran berkerak bisa terangkat.

  1. Menyediakan tempat sampah mini

Perawatan interior mobil tak hanya membersihkan semua bagian namun juga bagaimana penggunaannya. Selama berkendara Anda perlu menyiapkan tempat sampah mini agar sampah bisa terorganisir.

  1. Menyediakan pengharum mobil

Perawatan interior mobil dilakukan agar menjaga kabin tetap harum. Anda dapat menggunakan pengharum khusus mobil yang dijual di banyak tempat. Anda hanya perlu memilih wangi yang paling disukai.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadikan mobil baru setiap harinya, Anda bisa merawat dan memproteksinya dengan asuransi mobil. Hal ini penting, melihat mobil sangat riskan sekali terjadi kerusakan, apalagi jika dipakai setiap hari. Anda bisa melindungi kendaraan tersebut bersama Garda Oto, asuransi kendaraan nomor 1 di Indonesia. Dengan pertanggungan TLO (Total Loss Only) dan Comprehensive membuat kendaraan anda menjadi lebih aman di apaki setiap harinya.