Daftar Mobil Listrik Yang Masuk Indonesia & Menjadi Trend

Sekarang jenis mobil di Indonesia sudah sangatlah banyak dan salah satu jenis mobil yang saat ini menjadi trend di Indonesia adalah mobil listrik. Mobil jenis ini sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih sehingga kalau dikendarai itu rasanya sangatlah nyaman dan juga tidak membuat pengeluaran membengkak.

Produsen mobil sudah banyak yang memproduksi mobil ini karena banyak sekali masyarakat yang berminat untuk memiliki mobil tersebut. Ada beberapa tipe mobil yang sudah menggunakan tenaga listrik di Indonesia dan berikut adalah ulasan mengenai mobil-mobil tersebut.

Jenis Mobil Listrik Terpopuler di Indonesia

Saat ini jenis kendaraan yang sedang diminati oleh masyarakat Indonesia adalah mobil, kendaraan ini sukai karena kapasitasnya yang besar sehingga bisa mengangkut banyak orang sekaligus. Selain kapasitasnya besar, mengendarai mobil juga lebih nyaman dikarenakan pengendara dan juga penumpang tidak perlu lagi merasa takut kepanasan ataupun terkena air hujan.

Dulu masyarakat lebih suka mengendarai mobil SUV dan juga MPV tetapi sekarang sudah tidak lagi sebab sudah ada jenis mobil baru yaitu kendaraan roda empat listrik. Mobil ini disukai karena lebih irit dan juga tidak sulit didapatkan. Dari beberapa tipe mobil ini ada beberapa yang populer dan berikut adalah daftarnya.

  • Toyota bZ4X

Belum lama ini, Toyota sudah memamerkan deretan mobil listriknya yang akan segera meluncur. Meskipun, sebagian besar masih berbentuk konsep. Salah satu yang menarik perhatian adalah mobil listrik yang masuk kategori sport utility vehicle (SUV), yakni bZ4X.

bZ4X dibangun dari hasil joint venture antara Toyota dengan Subaru. Sedangkan Subaru sudah meluncurkan mobil identik dengan nama Solterra. Tenaga yang dimiliki motor listriknya mencapai 201 tk dan dialirkan langsung ke roda depan. Tenaganya disimpan dalam baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 KWH. Jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai 128 Km. Mobil ramah lingkungan ini kabarnya dibanderol mulai dari 41.950 poundsterling atau sekitar Rp 799 jutaan. Hadir dengan empat varian, mulai Pure, Motion, Vision, dan Premiere.

  • Toyota C-HR Hybrid

Toyota CHR Hybrid adalah mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak dicari masyarakat untuk dimanfaatkan sebagai mobil keluarga berpenampilan sporty. Mesinnya sudah mengusung teknologi Hybrid yaitu penggabungan antara bensin dan motor listrik.

Toyota CHR Hybrid memadukan mesin bensin (gasoline) dengan baterai dan motor listrik. Mesin konvensionalnya menggunakan tipe 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc dan bertenaga 100 PS dengan torsi maksimum 142 Km. Saat ini, terdapat beberapa model mobil hybrid Toyota di pasar Indonesia seperti Toyota All New Corolla Altis Hybrid, Toyota All New Camry Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid, dan Toyota Century Hybrid.

  • Hyundai Ioniq EV

Pada awal tahun 2021 muncul mobil canggih keluaran Hyundai yang sangat ramah lingkungan bernama Hyundai Ioniq EV. Mobil Ini pertama kali dikenalkan di Korea Selatan dan langsung mendapatkan sambutan sangat baik dari konsumen-konsumen yang ada di Indonesia. Sejak pertama muncul sudah banyak konsumen yang memesan mobil ini.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Hyundai ini adalah sudah menggunakan baterai 38,3 KWH, karena menggunakan baterai tersebut membuat mobil ini bisa menempuh jarak sampai dengan 373 Km. Selain itu pengisian baterai juga tidak memakan waktu terlalu lama, dalam waktu 1 jam sudah bisa mengisi baterai sampai 80%. Harganya sendiri dibanderol 649 juta.

  • Hyundai Kona Electric

Selain mengeluarkan Ioniq EV ternyata Hyundai juga mengeluarkan jenis lainnya yaitu Kona Electric, kalau dibandingkan dengan tipe yang sebelumnya lebih bagus tipe yang ini. Jika tipe sebelumnya baterainya hanya 38,3 KWH maka di tipe ini kapasitas baterainya sudah mencapai 39,2 KWH. Meskipun kapasitas baterainya lebih besar tetapi jarak tempuh mobil ini hanya 305 Km.

Mobil ini sangatlah cocok dikendarai di jalur perjalanan di Indonesia, meskipun jalan yang dilalui tidak begitu bagus akan tetap merasa nyaman saat mengendarai Hyundai Kona ini. Untuk bisa mengendarai mobil ini maka harus mempersiapkan uang sebanyak 697 juta.

  • The All New Nissan Leaf

Selain Hyundai ternyata ada produsen lain yang juga mengeluarkan mobil listrik dan nama produsen mobil tersebut adalah Nissan. Salah satu produk unggulan dari produsen ini adalah Nissan Leaf, mobil ini berbeda dengan tipe lainnya karena baterai yang digunakan itu merupakan baterai litium ion yang kapasitasnya 40 KWH.

Mobil ini bisa menempuh jarak 311 Km/h, untuk bisa menempuh jarak tersebut tidak perlu mengisi daya berkali-kali karena pengisian daya cukup sekali saja. Kecepatan mobil ini juga tidak bisa diremehkan, mobil ini mampu berlari sampai 100 Km per jam hanya dalam waktu 7,9 detik saja. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal hanya 649 juta saja.

  • DFSK Gelora E

Mobil tenaga listrik yang ini dibuat PT Sokonindo Automobile, mobil ini tidak berbeda jauh dengan mobil lainnya karena dapat menempuh jarak hingga 300 Km. Pengisian baterai juga sudah cukup canggih karena memakai fast charging, baterai bisa terisi sampai 80% jika sudah dicharge 80 menit. Jadi kalau ingin mengisi ini tidak harus sampai seharian penuh sehingga pemakaian listrik tidak akan terlalu mahal.

Baterai mobil ini tidak akan mudah rusak sebab sudah memakai perlindungan tegangan tinggi, tahan air dan juga tahan debu. Dengan menggunakan sistem perlindungan seperti itu, meskipun kondisi sedang ekstrem baterai tetap bertahan lama. Harga mobil cukup murah yaitu 480 sampai dengan 490 juta.

*Baca Juga: Jenis-Jenis Mobil di Indonesia Yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan Mobil Listrik Daripada Mobil Lainnya

Sekarang jenis mobil memang ada banyak tetapi tidak semua jenis mobil itu disukai oleh masyarakat, salah satu jenis mobil yang saat ini menjadi primadona adalah mobil yang menggunakan baterai. Mobil ini sampai banyak yang suka dikarenakan ada banyak kelebihan yang ditemukan di mobil ini. Salah satu kelebihan yang dimiliki adalah sangat ramah lingkungan.

Kalau mobil berbahan bakar bensin akan menyebabkan polusi udara yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh ataupun lingkungan hidup. Kalau mobil ini tidak akan menyebabkan polusi udara, tetapi mobil ini malah akan mengurangi polusi udara. Jika ada satu mobil listrik ini ada di jalan raya maka pencemaran udara akan berkurang sampai dengan 4,6 metrik ton gas dan untuk berjaga-jaga, lindungi kendaraan kalian dengan asuransi kendaraan Garda Oto.