Fungsi GPS Sebagai Alat Petunjuk Arah Saat Berkendara

Fungsi GPS Sebagai Alat Petunjuk Arah Saat Berkendara

GPS merupakan salah satu teknologi yang sangat bermanfaat sebagai petunjuk arah. Teknologi ini mengalami perkembangan pesat dan banyak digunakan dalam sebuah aplikasi atau kebutuhan lain yang berhubungan dengan lokasi.

Global Positioning System dibuat dengan teknologi satelit navigasi yang berguna untuk menentukan posisi atau lokasi. Banyak produk teknologi yang menggunakan teknologi petunjuk lokasi seperti pada smartphone dan juga mobil.

Selain smartphone dan mobil, sistem navigasi juga banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti contohnya bisnis. Dengan adanya sistem navigasi membuat bisnis yang dijalankan lebih efektif dan efisien Sistem navigasi merupakan teknologi yang sangat penting bagi manusia dan terus berkembang sampai saat ini.

Sejarah Sistem Navigasi

Pada awal mulanya, teknologi navigasi ini tercipta ketika Rusia meluncurkan satelit pertama yaitu Sputnik pada tahun 1957. Pada saat mengorbit bumi, satelit memancarkan sinyal radio yang kemudian oleh para peneliti dari Universitas Johns Hopkins diteliti.

Perpindahan satelit dari titik satu ke titik lain dalam ilmu fisika disebut sebagai efek doppler. Dengan memanfaatkan efek tersebut, ilmuwan mulai menggunakan sinyal radio untuk mencari posisi satelit dari daratan dan begitu pula sebaliknya bisa digunakan untuk melacak posisi di darat dengan memanfaatkan satelit.

Kemudian pada tahun berikutnya, ARPA (Advance Research Projects Agency) mengembangkan penemuan tersebut menjadi sistem navigasi global pertama di dunia. Penemuan itu mulai diaplikasikan pada tahun 1960 untuk keperluan navigasi militer kapal selam angkatan laut.

Hingga akhirnya pada tahun 1970, teknologi GPS mulai dirancang oleh Departemen Pertahanan Militer US walaupun akurasinya belum secanggih saat ini. Kemudian pada tahun 1974 sampai dengan 1994 Amerika mulai meluncurkan satelit-satelit ke luar angkasa dan membuat sistem navigasi bisa beroperasi secara penuh.

Teknologi yang pada mulanya digunakan untuk sistem pertahanan kini berkembang dan menjadi salah satu teknologi yang berguna bagi masyarakat umum. Hal itu sesuai dengan tujuan dari perkembangan teknologi yaitu mempermudah pekerjaan manusia.

*Baca Juga: Biar Aman, Inilah 5 Tips Pakai GPS dalam Berkendara

Sistem penunjuk lokasi terus berkembang dengan banyaknya fitur tambahan yang mempermudah dalam penggunaannya serta memberikan manfaat bagi pengguna. Seperti kita ketahui bahwa Google memiliki aplikasi penunjuk arah yang banyak digunakan orang yaitu Google Map.

Aplikasi yang hampir ada di setiap smartphone ini merupakan aplikasi penting yang dapat membantu penggunanya. Dalam Google Map sistem navigasi memiliki fitur yang sangat lengkap dan menyediakan peta dunia beserta informasi lokasi.

Teknologi ini membuat manusia semakin mudah dalam mencari lokasi dengan menggunakan aplikasi. Ditambah lagi aplikasi dilengkapi gambar lokasi yang ingin dituju sehingga membuat kamu bisa mengetahui gambaran tempat yang akan dituju.

Fungsi Sistem Navigasi Saat Berkendara

GPS dibutuhkan saat berkendara menuju tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Dengan adanya navigasi membuat kamu lebih cepat sampai tujuan dan tidak tersesat di perjalanan. Sistem navigasi akan memberikan opsi rute terbaik yang bisa kamu lalui untuk mencapai tujuan.

Mobil keluaran baru saat ini sudah menggunakan fitur navigasi untuk mempermudah pengendara mencapai lokasi. Sistem navigasi yang dipadukan dengan sebuah map membuat pengguna dapat memakainya dengan mudah. Berikut beberapa fungsi sistem navigasi saat berkendara yang meliputi:

1. Fungsi lokasi

Seperti dalam sejarah perkembangan teknologi, sistem navigasi memiliki fungsi lokasi yang akan menunjukkan posisi seseorang. Fungsi ini tersedia dalam aplikasi yang memungkinkan kamu bisa membagikan posisimu.

Dalam berkendara fungsi lokasi ini bermanfaat untuk mencari lokasi atau posisi seseorang sehingga kamu akan lebih mudah menuju lokasi tersebut.

2. Fungsi navigasi

Navigasi merupakan fungsi sebagai petunjuk arah dari lokasi yang satu menuju lokasi lain. Pada saat berkendara navigasi akan memudahkan pengendara untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Fungsi Pelacakan

Pelacakan memungkinkan kamu mengetahui pergerakan seseorang. Seperti kita ketahui di aplikasi sosial media WhatsApp tersedia fitur ini. Jika seseorang melakukan share live location maka pergerakan orang tersebut bisa dipantau menggunakan sistem navigasi.

Ketika berkendara fungsi pelacakan akan sangat berguna jika kamu ingin bertemu seseorang yang berada di jalan atau posisi lokasinya berpindah-pindah. Kamu hanya perlu mengikuti pergerakan melalui aplikasi navigasi.

4. Fungsi waktu

Menggunakan sistem navigasi memungkinkan kamu bisa mengetahui perkiraan jarak tempuh dari satu lokasi menuju lokasi lain. Sistem navigasi dalam aplikasi akan memberikan informasi perkiraan waktu menuju lokasi.

Sehingga ketika sedang berkendara, kamu bisa mengetahui pukul berapa untuk sampai ke lokasi tersebut. Fitur ini tentu akan sangat membantu karena memberikan informasi akurat tentang waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke lokasi.

5. Fungsi Pemetaan

Sistem navigasi ini juga berfungsi untuk membuat peta dunia. Dipadukan dengan kemajuan teknologi sistem navigasi dibuat dalam bentuk aplikasi yang berisi peta lokasi sekitar. Fungsi ini akan memudahkan kamu dalam mencari tempat atau lokasi ketika sedang berkendara.

Itulah fungsi utama GPS yang akan mempermudah pengendara menuju lokasi yang diinginkan. Sistem navigasi disajikan dalam bentuk aplikasi, sehingga lebih mudah digunakan. Penggunaan petunjuk arah ketika sedang berkendara sangat membantu pengendara menuju lokasi.

*Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Pentingnya Mempunyai Asuransi Mobil

Namun ada hal yang penting lain yang diperlukan jika kamu memiliki kendaraan yaitu asuransi mobil. Dengan memiliki asuransi mobil permasalahan yang mungkin bisa terjadi seperti saat mobil dicuri atau kecelakaan bisa diatasi. Salah satunya Garda Oto yang menyediakan produk asuransi mobil lengkap yang menawarkan lebih dari 75 persen biaya kerusakan dan kehilangan.