Ingin Buka Usaha Rental Mobil Ini Syarat & Kelengkapannya

Ingin Buka Usaha Rental Mobil Ini Syarat & Kelengkapannya

Sekarang banyak sekali masyarakat yang mulai tertarik untuk menjalankan bisnis dan salah satu jenis bisnis yang diminati masyarakat Indonesia saat ini adalah usaha rental mobil. Jenis bisnis ini disukai karena mudah dijalankan dan juga keuntungannya lumayan besar jika dijalankan dengan baik dan benar.

Menjalankan bisnis ini tidak bisa sembarangan sebab harus memenuhi beberapa syarat dulu agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar. Kalau memang masyarakat ingin sekali mencoba menjalankan rental mobil ini maka harus mempelajari beberapa hal yang akan diulas secara lengkap berikut ini.

Banyak sekali masyarakat yang menganggap kalau membuka bisnis hanya akan membuat pelaku bisnis mengalami kerugian saja. Padahal aslinya banyak sekali pelaku bisnis yang sukses dan menjadi orang kaya raya, biasanya pelaku bisnis yang sampai sukses seperti itu dikarenakan menjalankan rental mobil.

Bisnis ini memang sangat menguntungkan sebab banyak sekali masyarakat yang membutuhkan jasa rental mobil. Untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu sulit sebab syaratnya juga tidak terlalu banyak. Kalau ingin tahu apa saja syarat menjalankan bisnis menguntungkan ini maka bacalah penjelasan berikut ini.

  • Memiliki Izin Usaha

Menjalankan bisnis tidak akan bisa jika pelaku bisnis belum memiliki izin untuk membuka usaha. Jadi sebelum membuka bisnis tersebut harus mengurus perizinan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan izin usaha tersebut caranya cukup mudah tinggal datang saja ke instansi yang bersangkutan untuk mengurus surat tersebut.

Tanpa adanya surat izin ini akan sangat sulit mendapatkan konsumen sebab konsumen tidak akan percaya dengan rental mobil yang tidak mengantongi surat izin. Konsumen sampai merasa kurang percaya dikarenakan rental tanpa izin biasanya rental mobil bodong yang suka menipu konsumennya.

  • Menetapkan Target Pasar

Untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari rental mobil maka pelaku bisnis harus tahu dulu target pasar yang akan dituju itu siapa. Dengan tahu target pasar ini bisa membantu pelaku bisnis untuk menentukan jenis mobil apa yang akan disewakan kepada konsumen. Agar tahu target pasar yang cocok bisa melakukan riset terlebih dahulu.

Ada 2 target pasar yang biasanya di incar oleh pelaku bisnis, target yang pertama adalah perorangan dan yang kedua adalah perusahaan. Kalau kerjanya perorangan biasanya mobil yang dipersiapkan adalah mobil yang kapasitasnya besar dan terlihat mewah. Untuk perusahaan biasanya mobil yang disewakan adalah mobil yang bahan bakarnya irit.

  • Mempunyai Tempat Usaha

Masyarakat yang mau buka usaha rental mobil harus mempersiapkan tempat usaha terlebih dahulu. Agar bisnis ini tidak bermasalah maka tempat usaha tersebut harus ada di lokasi yang strategis, tempat tersebut harus berada di pinggir jalan besar atau bisa juga dekat dengan Komplek Perkantoran.

Tempat usaha yang lokasinya strategis seperti itu sangatlah banyak tetapi sesuaikan juga dengan dana yang dimiliki. Jika dana untuk menyewa tempat usaha ternyata tidak terlalu banyak jangan terlalu memaksakan untuk menyewa tempat di lokasi yang ramai sebab harga sewa tempat tersebut pasti akan sangat mahal.

  • Mempunyai Armada Mobil

Setelah menentukan tempat usaha, pelaku bisnis juga harus mempunyai mobil yang akan disewakan kepada konsumen. Kalau ingin memilih mobil sebaiknya sesuaikan dengan target pasar, targetnya adalah masyarakat umum maka mobil yang cocok untuk disewakan adalah mobil SUV atau mobil keluarga.

Agar nantinya tidak mendapatkan komplain dari konsumen sebaiknya pelaku bisnis jangan sampai membeli mobil bekas. Kalau mobil bekas yang disewakan biasanya konsumen merasa tidak puas karena tidak enak dikendarai dan sering mengalami masalah saat sedang di perjalanan. Agar aman bisa siapkan mobil baru dan usahakan unitnya harus banyak.

*Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Anda Melakukan Jual Beli Mobil

Keuntungan Membuka Usaha Rental Mobil

Sekarang masyarakat banyak sekali yang memiliki bisnis rental mobil, masyarakat sampai tertarik dengan bisnis ini dikarenakan bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan minim kerugian. Keuntungan yang biasanya akan diperoleh pelaku bisnis rental mobil cukup banyak dan berikut adalah penjelasan lengkap mengenai keuntungan tersebut.

  • Jangkauan pasar luas

Banyak pelaku bisnis yang gulung tikar dikarenakan tidak mendapatkan konsumen tetapi kalau untuk pemilik rental mobil tidak seperti itu sebab target pasar bisnis ini sangatlah luas. Konsumen bisnis ini bukan hanya dari satu kalangan saja tetapi dari berbagai kalangan seperti masyarakat umum, para pekerja kantoran dan juga wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

  • Mudah untuk dikelola

Untuk menjalankan bisnis memang agak sulit karena banyak hal yang harus di lakukan agar bisnis tersebut menjadi besar. Kalau bisnisnya itu usaha rental mobil tidak akan sesulit Itu sebab bisnis ini sangat mudah untuk dikelola. Asalkan pelaku bisnis sudah punya izin usaha dan juga memiliki mobil yang akan disewakan maka bisnis ini bisa berjalan dengan sendirinya lalu gunakan juga asuransi Garda Oto untuk melindungi kendaraan dari berbagai kondisi yang tidak diinginkan.