Apa Itu Wax Mobil? Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Wax Mobil? Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Wax mobil adalah suatu istilah yang dilakukan untuk membuat kendaraan terlihat seperti baru. Hal ini hampir sama dengan mengecat mobil, namun wax mobil dilakukan dengan sangat hati-hati.

Warna pada mobil adalah salah satu hal terpenting yang harus kalian perhatikan, karena bakal dilihat oleh banyak orang sebelum menilai mobil tersebut bagus atau tidak. Biasanya orang akan melihat mobil dari sisi eksterior terlebih dahulu, mulai dari body, ukuran dan bentuknya.

Body mobil yang memiliki cat atau warna masih bagus tentu akan memberikan kesan yang baik. Maka dari itu, perawatan pada body mobil perlu dilakukan secara rutin agar mobil terlihat seperti baru walaupun sudah berusia tahunan, karena memiliki warna cat yang tidak kusam dan tampak fresh.

Fungsi Wax Mobil

Wax mobil merupakan sebuah lapisan khusus yang digunakan untuk melapisi body mobil agar tampak seperti baru dan mengkilap. Pada umumnya, wax mobil dibuat dari bahan, seperti natural oils, beeswax, carnauba wax dan petroleum distillates yang merupakan bahan sintetis.

Wax mobil biasanya dilakukan pada kendaraan yang sudah terlihat using. Tidak heran, bila banyak mobil diluaran sana yang banyak melakukan wax mobil, karena memang hasilnya memuaskan. Bukan hanya mobil sport saja yang harus di wax, namun mobil lainnya juga harus di wax.

Selain melindungi cat mobil, bahan ini juga digunakan untuk menghilangkan bekas goresan di mobil. Lalu melindungi cat mobil dari sinar matahari yang dapat membuat warna berubah menjadi kusam. Maka dari itu, bahan ini banyak digunakan orang untuk membuat mobilnya terlihat lebih bagus.

*Baca Juga: Cara Merawat dan Membersihkan Interior Mobil Agar Tetap Baru

Jenis-jenis Wax Mobil

Bahan sintetis ini memiliki beberapa jenis jika dilihat empat hal yaitu bentuk, penggunaan dan susunan bahan yang digunakan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Berdasarkan bentuk

Pada umumnya, jika dilihat dari bentuknya pelapis cat mobil dibedakan menjadi dua, yaitu dalam bentuk bubuk dan cairan. Kamu bisa memilih jenis yang ingin di gunakan untuk melindungi cat mobil.

Namun, jika dilihat dari sisi penggunaan, tentu akan lebih mudah jika memilih yang berbentuk cair karena akan lebih mudah dalam proses pelapisannya. Kamu hanya perlu melakukan pengolesan tipis-tipis di body mobil untuk melindungi cat mobil.

2. Berdasarkan penggunaannya

Jika dilihat dari penggunaannya teribagi menjadi dua, yaitu penggunaan dengan model tuang dan semprot. Model tuang dilakukan dengan menuangkan cairan ke body mobil, kemudian meratakan cairan tersebut ke lapisan mobil dengan menggunakan kain atau bahan sejenisnya.

Sedangkan, model cat semprot hanya perlu menyemprotkan bahan sintetis ke body mobil lalu tinggal meratakan body yang sudah disemprot. Kamu tinggal pilih model penggunaan mana yang diinginkan.

3. Berdasarkan bahan yang digunakan

Jika dilihat dari susunan bahan yang digunakan dibedakan menjadi dua yaitu Carnauba dan Polymer. Carnauba merupakan salah satu jenis yang mahal karena bahan yang digunakan untuk membuat wax sulit didapatkan. Bahan yang digunakan berasal dari pohon palem Carnauba yang hanya tumbuh di Brazil dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pembuatan.

Namun hasil yang didapatkan sepadan karena memiliki ketahanan sangat tinggi untuk melindungi body cat mobil dari sinar UV dan memiliki sifat hypoallergenic. Sedangkan untuk bahan Polymer dibagi menjadi dua yaitu full polymer dan polymer nanao yang bisa melindungi cat mobil sampai bagian pori-pori sehingga dapat melindungi cat body mobil sampai bagian dalam.

4. Berdasarkan kelas

Dilihat dari segi kelas dibagi menjadi tiga yaitu standard, medium dan high end. Untuk standard class menggunakan bahan seperti silikon dan contoh produk yang sering kita jumpai yaitu Kit dan Sanpoly.

Sedangkan untuk medium class menggunakan bahan yang lebih unggul daripada silikon dan memiliki kualitas lebih baik. Sementara untuk high end class menggunakan bahan dasar yang di dalamnya mengandung carnauba yang dapat melindungi cat mobil lebih baik jika dibandingkan dengan standard class dan medium class.

Cara Kerja Wax Mobil

Cara kerja wax mobil hamper sama dengan perawatan mobil, yaitu memberikan lapisan wax di atas cat mobil. Dengan menggunakan lapisan wax yang mirip dengan lilin ini, tentu akan membuat daya tahan cat mobil lebih lama dan warna cat akan lebih awet karena tertutup oleh lapisan..

Namun perlu diingat bahwa lapisan akan memudah atau bahkan hilang jika mobil dicuci tiga sampai lima kali. Semakin sering dicuci, maka lapisan akan semakin menipis dan hilang. Jadi disarankan jangan sering mencuci mobil, cukup bersihkan dengan lap agar lapisan tetap terjaga dengan baik.

*Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Pentingnya Mempunyai Asuransi Mobil

Demikianlah pembahasan tentang wax mobil, fungsi, jenis, dan cara kerjanya. Menjaga dan merawat mobil memang perlu dilakukan, agar mobil tetap terlihat bagus dan baru. Oleh karena itu, daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi terbaik dari Garda Oto.

Garda Oto merupakan salah satu  asuransi mobil terbaik yang dapat memberikan jaminan Total Loss Only dan Comprehensive. Total Loss Only memberikan jaminan atas kerugian/kerusakan perbaikan ≥ 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan mobil akibat pencurian. Sedangkan, Comprehensive memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi, termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.