ini Dia Keunggulan Lantai Vinyl Dalam Mempercantik Rumah

ini Dia Keunggulan Lantai Vinyl Dalam Mempercantik Rumah


Saat ini banyak orang yang menggunakan lantai vinyl untuk tujuan mempercantik permukaan lantai rumah mereka. Merupakan jenis bahan pelapis sintetis yang bisa didesain sesuai dengan motif yang dimilikinya.

Bahan lantai ini terbuat dari Polyvinyl Chloride atau PVC yang diketahui memiliki kelebihan pada kemudahan proses pemasangan sekaligus tampilan hasil akhir yang halus dan elegan. Berminatkah Anda menggunakannya?

Ketahui Keunggulan Lantai Vinyl untuk Mempercantik Lantai Rumah

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lantai jenis vinyl ini sebaiknya ketahui apa saja keunggulan dari penggunaannya di rumah hunian Anda. Pelapis lantai yang terbuat dari bahan Vinyl merupakan bahan sintetis yang memiliki harga murah, mudah dipasang namun bisa awet tahan lama.

Beberapa orang mengenal lantai jenis ini sebagai bahan material alternatif pengganti keramik dan ubin. Dan kini penggunaan lantai vinyl lebih diminati karena memiliki manfaat yang lebih serbaguna selain dengan performanya yang bagus untuk bisa bertahan lama di area lembab sekalipun.

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan dari penggunaan lantai vinyl untuk permukaan lantai rumah.
1. Tampilan yang lebih menarik
Memilih pelapis lantai rumah yang terbuat dari bahan Vinyl akan membuat Anda memiliki banyak sekali pilihan motif dan corak yang beraneka ragam. Anda bisa memilih motif atau corak yang sesuai dengan favorit Anda, sesuai dengan tema kamar atau sesuai dengan warna furniture yang ada di ruangan tersebut. Sangat fleksibel bukan?
2. Harga lebih terjangkau
Dibandingkan dengan menggunakan lantai jenis keramik, memang harganya berbanding jauh sekali. Bahwa Anda akan mendapatkan lantai dari vinyl hanya dengan budget yang sangat terjangkau dengan kualitas dan tampilan yang terlihat eksklusif.
3. Awet dan tahan lama
Lantai dari vinyl juga diklaim lebih awet dan tahan lama saat digunakan untuk ruangan indoor. Beberapa orang yang sudah menggunakannya menyatakan bisa menggunakan lantai ini hingga puluhan tahun lamanya.
4. Nyaman diinjak, tak licin dan tahan air
Lantai jenis vinyl juga menjadi salah satu bahan pelapis lantai yang dianjurkan untuk dipakai jika Anda memiliki anak-anak yang tinggal di rumah Anda. Karena tekstur Lantai Vinyl yang lebih nyaman untuk diinjak, tidak licin serta lebih tahan air merupakan beberapa aktivitas yang dibutuhkan keluarga yang memiliki anak-anak di dalamnya.
5 Tahan terhadap noda dan mudah cara perawatannya
Lantai jenis vinyl juga lebih tahan terhadap noda. Anda bisa dengan mudah membersihkannya hanya dengan mengelapnya dengan kain lembut yang sudah dibasahi terlebih dahulu.
Perawatan pada lantai jenis vinyl juga lebih mudah, Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya seperti pada jenis lantai biasa.
6. Cara pasang lebih mudah dan cepat
Proses pemasangan lantai dari vinyl terhitung lebih mudah dan cepat dibandingkan pemasangan lantai keramik. Selain itu harganya juga terbilang terjangkau sehingga membuat banyak orang lebih memilih menggunakan lantai ini dibandingkan lantai keramik.

*Baca Juga: Tips Menata Rumah Mungil Agar Nyaman Ditinggali

Kekurangan Penggunaan Lantai Vinyl untuk Permukaan Lantai
Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari penggunaan lantai jenis vinyl untuk rumah hunian Anda. Anda juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari penggunaan lantai jenis vinyl tersebut, yaitu;
• Mengandung material VOC
Atau Volatile Organics Compound yang diklaim berbahaya untuk pernafasan jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Solusinya adalah dengan mengusahakan agar ruangan yang memakai lantai vinyl memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga material yang dilepaskan ke udara bisa keluar dan tak mengendap dalam rumah
• Tekstur kurang alami
Tekstur lantai vinyl terkadang terlihat kurang alami meski memiliki motif tekstur kayu. Disarankan untuk memilih kualitas lantai dari vinyl yang berkualitas serta dengan motif atau corak yang terlihat alami.
• Tidak cocok untuk ruang outdoor
Kurang cocok jika dipakai untuk jenis ruangan outdoor. Karena sifatnya adalah hanya sebagai pelapis, tentunya kurang disarankan untuk dipakai di ruangan outdoor yang kemungkinan akan ada banyak gesekan atau aktivitas yang bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan vinyl.
• Bongkar pasang sulit
Proses pelepasan lantai akan sangat sulit terutama jika menggunakan sistem pemasangan dengan menggunakan lem. Sehingga sebaiknya hindari penggunaan lantai dari vinyl yang memakai perekat atau lem, namun gunakan lantai yang dipasang dengan pengait antar panel lantai.
• Hindari terkena benda tajam atau Goresan
Meski perawatan lantai dari vinyl ini sangat mudah, namun perlu diperhatikan bahwa lantai ini tak boleh terkena benda tajam atau keras. Anda bisa menggeser benda berat di atas lantai ini hanya jika sudah melapisi alas benda tersebut dengan kain keset agar supaya tak menggores permukaan lantai dari vinyl tersebut.

Itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Lantai Vinyl. Untuk membuat rumah anda aman dari risiko kerusakan, kami merekomendasikan anda menggunakan asuransi dari Garda Home. Layanan asuransi rumah yang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rumah tinggal Anda