Ini Lho, Masalah-Masalah yang Seringkali Terjadi Pada Mobil

Ini Lho, Masalah-Masalah yang Seringkali Terjadi Pada Mobil

Masalah-masalah yang terjadi pada mobil terkadang membuat frustasi dan menyita waktu yang cukup banyak. Akhirnya pilihan untuk langsung membawanya ke bengkel tanpa mau tahu penyebab dari masalah yang terjadi menjadi kebiasaan, padahal ongkos yang harus dibayar tidaklah murah.
Padahal, pemahaman dasar-dasar komponen dan juga dasar-dasar perbaikan secara teknis wajib dikuasai, sehingga bila terjadi masalah Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Namun, bila Anda tidak mampu melakukannya, maka Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.
Nah, bagi Anda yang belum mengetahui permasalahan umum apa saja yang sering terjadi pada mobil, Anda bisa mendapatkannya dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Mesin Mobil Sulit Dihidupkan
    Mungkin sebelumnya Anda pernah mengalami kondisi mesin mobil sulit dihidupkan ketika pagi hari? Biasanya hal ini terjadi saat kondisi mesin berada dalam suhu yang dingin. Beberapa penyebabnya, antara lain tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor.Penyebab lainnya disebabkan dari injektor bahan bakar, terlalu renggang jarak antara kepala busi dan sumbu busi sehingga harus diatur ulang, kompresi mesin yang terlalu rendah serta masalah pada regulator bahan bakar yang mengalami kerusakan.
    Masalah lainnya juga terjadi saat kondisi mesin mobil terasa begitu panas. Mesin sulit sekali dinyalakan setelah mobil berjalan jauh dan kemudian berhenti atau mesin dimatikan. Penyebab kondisi ini adalah kompresi silinder yang rendah, choke bermasalah, injektor kotor, atau saringan udara yang kotor dan tersumbat.
  2. Kondisi Mesin Mobil Sering Mati Mendadak
    Apakah Anda pernah mengalami mobil mati secara tiba-tiba saat berkendara, lalu saat menghidupkannya lagi dan mesin mobil kembali mati? Bila keadaan terjadi hanya sekali saja tentu tidak menjadi masalah. Tapi, berbeda ceritanya jika terjadi berulang kali saat Anda ingin menyalakannya akan tetapi mesin mobil tetap tidak mau menyala.Hal ini terjadi karena beberapa komponen mesin mengalami kerusakan. Misalnya alternator, aki, hingga kabel-kabel yang kendur atau putus, serta kemungkinan rangkaian pengapian yang mengalami masalah serius.
  3. Mesin Mobil Seperti Tidak Bertenaga
    Kerusakan lainnya yang sering terjadi pada mobil yaitu melemahnya mesin. Apabila tenaga mesin mobil tidak seperti biasanya, itu berarti ada kerusakan pada komponen di bagian mesin. Akan lebih baik bila mobil Anda dilakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari timing beltnya, filter bahan bakar, regulator bahan bakar, saringan bahan bakar yang kotor sehingga tersumbat, vacuum di karburator, throttle body, inlet manifold, serta selang yang bocor untuk mengetahui sumber masalahnya ada di mana. Barulah bisa diambil tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.
  4. Lampu Indikator Selalu Menyala
    Lampu indikator yang ada di dashboard merupakan penunjuk jalan, saat tidak ada perintah yang diberikan, sewajarnya lampu indikator tidak akan menyala. Bila lampu ini selalu menyala atau sebentar menyala dan sebentar mati dalam waktu yang cukup lama, kemungkinan besar adanya ketidakcocokan antara oli yang digunakan dengan spesifikasi mobil Anda. Cobalah untuk mengganti oli sesuai dengan standar/spesifikasi yang direkomendasikan untuk mobil Anda.
  5. Kondisi AC Mobil Kurang Dingin
    Akan sangat menjengkelkan bukan, saat Anda harus menyetir cukup lama namun AC mobil terasa kurang dingin? Pastinya Anda akan merasa panas dan kurang nyaman selama berkendara. AC mobil yang kurang dingin bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti freon ac yang sudah hampir habis, filter AC yang kotor, motor extra fan mati, evaporator & kondensor yang kotor. Jika kondisi AC kurang dingin sebaiknya filter kabin dibersihkan secara rutin.

Itulah beberapa permasalahan umum yang sering terjadi pada mobil, siapa tahu saat Anda mengalami masalah serupa, informasi ini bisa menjadi panduan bagi Anda untuk mengatasinya.