Ketahui Berapa Jarak Tempuh Mobil Listrik yang Sebenarnya?Saat ini kecanggihan teknologi dalam dunia otomotif semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Selain dengan produksi mobil konvensional, saat ini beberapa pabrikan mobil terkenal juga sudah mulai mengembangkan kendaraan bertenaga listrik.

Dengan munculnya kendaraan listrik, tentu Anda dan semua orang tidak perlu kesusahan lagi dengan persediaan bahan bakar yang semakin lama semakin menipis. Apalagi Anda mengetahui jika jenis mobil listrik ini memiliki fitur pengecasan yang membuatnya semakin praktis.

Namun, perlu Anda ketahui jika penggunaan mobil listrik di Indonesia masih sangat minim. Hal ini dikarenakan loket yang tersedia bagi Anda pengguna mobil listrik untuk mengisi daya belum tersebar secara merata di seluruh daerah di Indonesia.

Jika membicarakan tentang mobil berkekuatan listrik, tentu Anda akan bertanya, sebenarnya berapa jarak tempuh mobil listrik yang sesungguhnya? Anda dapat menemukan jawabannya melalui pembahasan artikel di bawah ini.

Estimasi Jarak Tempuh Mobil Listrik

Jika membahas tentang estimasi jarak tempuh mobil listrik, tentu saja akan berbeda-beda. Apalagi varian dan jenis mobil saat ini begitu beragam. Oleh karena itu, berikut adalah estimasi jarak tempuh berbagai jenis mobil listrik yang bisa Anda ketahui.

1. Estimasi jarak tempuh mobil listrik keluaran Tesla

Tesla merupakan pencetus awal hadirnya mobil listrik di dunia. Tesla berkomitmen untuk memberikan jenis kendaraan yang mudah dan memadai Dengan harga per unitnya kurang lebih 3 milyar rupiah, Tesla menawarkan segala jenis mobil listrik dengan tampilan yang mewah dan beragam fitur canggih.

Dengan harga yang cukup mengejutkan ini, tentunya sesuai dengan fitur-fitur yang Tesla berikan. Perusahaan asal Amerika Serikat ini juga terus berinovasi mengeluarkan seri mobil listrik terbaru. Salah satunya adalah estimasi dari beberapa jenis model mobil listrik Tesla berikut ini.

  • Tesla Model S

Jenis Tesla Model S ini menawarkan estimasi jarak tempuh yang cukup jauh dengan kisaran 651 kilometer.

  • Tesla Model 3

Jenis mobil listrik yang selanjutnya adalah Tesla Model 3. Model yang satu ini dapat Anda kendarai hingga jarak sejauh 568 kilometer.

  • Tesla SUV Model

Bagi Anda yang menyukai kendaraan berbodi besar, Anda bisa membeli Tesla SUV Model. Kisaran jarak yang dapat ditempuh mobil listrik ini adalah 564 kilometer.

  • Tesla Model S Plaid

Jenis yang termasuk ke dalam model S ini adalah Tesla Model S Plaid. Anda dapat berkendara hingga mencapai jarak 627 kilometer.

  • Tesla Model Y Long Range

Jenis mobil listrik Tesla yang terakhir adalah Tesla Model Y Long Range. Dengan mobil listrik ini Anda bisa menempuh jarak 531 kilometer.

2. Estimasi jarak tempuh mobil listrik keluaran Hyundai

Salah satu pabrikan mobil yang turut mengembangkan produksi mobil listrik adalah pabrikan Hyundai. Pabrikan mobil terbesar dari Kore Selatan saat ini mulai merilis beberapa jenis mobil listrik.

Bahkan beberapa jenis mobil listrik keluaran Hyundai dinilai terbaik dari segi daya tempuh. Tentu saja daya tempuh dihitung di saat mobil listrik dalam keadaan berdaya penuh. Berikut ini beberapa mobil listrik Hyundai berdasarkan jarak tempuhnya.

  • Hyundai Kona EV

Yang pertama adalah mobil listrik keluaran Hyundai bernama Hyundai Kona EV. Jarak tempuh maksimal yang bisa dijangkau mobil listrik yang satu ini sejauh 480 kilometer.

  • Hyundai Ioniq 5

Jenis yang berikutnya adalah Hyundai Ioniq 5. Dengan berkendara menggunakan model yang satu ini, Anda dapat merasakan sensasi berkendara hingga mencapai jarak tempuh 480 kilometer.

*Baca Juga: Manfaat Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai estimasi jarak tempuh mobil listrik dari berbagai macam pabrikan mobil listrik. Dengan mengacu artikel di atas tentu Anda dapat mempertimbangkan pabrikan dan model apa yang nantinya akan Anda pilih untuk dibeli sebagai mobil listrik.

Cara Mengisi Daya Pada Mobil Listrik

Setelah Anda memahami estimasi jarak tempuh berbagai model mobil listrik, tak lengkap apabila Anda belum mengetahui cara mudah mengisi daya pada mobil listrik. Berikut ini adalah cara mudah bagi Anda yang ingin melakukan charging pada mobil listrik.

1. Cara mengisi daya dengan off board charger

Cara pengisian daya pada mobil otomatis terpisah dari sistem mobil listrik itu sendiri. Untuk melakukan pengisian daya dengan metode ini, Anda harus menemukan daya listrik yang memiliki arus DC agar Anda bisa memasukkannya ke dalam baterai.

Untungnya saat ini sudah ada beberapa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau biasa disingkat SPKLU di beberapa kota besar di Indonesia. Yang masih menjadi kendala adalah pembangunan yang belum merata di kota kecil maupun pedesaan.

Oleh karena itu, jika Anda memilih mobil listrik dengan daya tempuh yang maksimal, tentu akan membantu Anda ketika dalam perjalanan yang jauh. Hal ini tidak membuat Anda cemas akan kehabisan daya listrik di tengah jalan ya.

2. Cara mengisi daya dengan on board charger

Sesuai namanya, on board charger adalah system pengisian daya dengan menggunakan charger internal yang tersedia di dalam mobil. Tentu menggunakan metode yang satu ini akan membantu Anda dalam pengisian daya.

Biasanya listrik yang masuk ke mobil ini menggunakan arus AC, sehingga cara pengisian ini sangat berguna jika Anda sedang melakukan konversi dari arus AC yang berasal dari luar ke dalam arus DC. Dengan demikian, listrik dapat mengalir secara efisien ke dalam baterai.

*Baca Juga: Pahami Cara Kerja dan Fungsi Komponen AC Mobil

Lewat artikel ini, tentu Anda menjadi tahu kelebihan dan kekurangan jenis-jenis mobil listrik yang ada saat ini. Setelah Anda memahami jarak tempuh mobil listrik, serta metode dalam melakukan pengisian dayanya, sudah saatnya untuk Anda memilih kendaraan yang diinginkan.

Garda Oto adalah perusahaan asuransi mobil yang bisa memberikan jaminan keselamatan akan kendaraan Anda dari risiko kehilangan dan kerusakan akibat banjir. Asuransi ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Total Loss Only jaminan atas kerugian/kerusakan dengan biaya perbaikan ≥ 75% dari harga kendaraan sesaat/sebelum kerugian. Comprehensive jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi.