Pilih Mana, Cuci Mobil Sendiri atau Bawa ke Car Wash?Cuci mobil baik dilakukan sendiri ataupun di car wash mempunyai banyak manfaat. Salah satu di antaranya adalah membuat tampilan eksterior mobil tampak bersih. Tak hanya menggunakan jasa pencucian mobil dengan biaya tertentu, banyak pula pemilik kendaraan melakukan aktivitas pencucian mobil mereka secara mandiri.

Dibandingkan dengan menggunakan jasa pencucian mobil berbayar, mencuci mobil sendiri mempunyai manfaat tersendiri. Beberapa manfaat dengan mencuci mobil sendiri di antaranya mobil lebih terlindungi dari debu yang dapat menyebabkan baret sampai menjaga nilai yang dimiliki oleh kendaraan itu sendiri.

Selain melindungi mobil dari debu yang dapat menjadi penyebab baret, manfaat lain dari mencuci mobil sendiri antara lain menjaga agar pandangan tetap jelas ketika berkendara, menjaga nilai kendaraan serta memastikan agar kesehatan pengemudi dan penumpang tetap terlindungi.

*Baca Juga: Apa Itu Wax Mobil? Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Bagi Anda yang belum tahu, aktivitas mencuci mobil di Indonesia kerap disebut dengan istilah cuci steam. Faktanya ada pula jenis mencuci mobil hidrolik dan mencuci mobil otomatis. Kenali lebih dalam yuk agar tak bingung untuk membedakannya.

Istilah Mencuci Mobil

Cuci steam adalah aktivitas mencuci mobil dengan penggunaan mesin angin atau mesin steam (kompresor) tekanan tinggi agar menghasilkan semburan air yang kuat. Hal ini berfungsi untuk mengikis kerak maupun kotoran yang menempel pada body kendaraan.

Sementara itu, mencuci mobil dengan hidrolik adalah aktivitas mencuci mobil dengan menaikkan kendaraan ke atas dongkrak hidrolik. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan bagian kolong dan kaki-kaki mobil. Secara umum pencucian jenis ini juga memakai mesin steam atau kompresor.

Kemudian untuk pengertian istilah cuci mobil otomatis yaitu aktivitas mencuci mobil yang dilakukan dengan tenaga robot. Secara umum pengemudi nantinya memasukkan kendaraan ke dalam garasi lokasi pencucian. Lalu mobil perlahan berjalan di atas conveyor serta nantinya robot mencuci semua bagian mobil secara otomatis.

Keunggulan Memakai Jasa Cuci Mobil

Memakai jasa pencucian mobil merupakan salah satu cara dalam menjaga kondisi serta nilai jual mobil sekaligus untuk menjaga lingkungan. Jasa pencucian mobil menghemat air, mengurangi pencemaran air tanah, menjaga kondisi mobil Anda, serta menjaga nilai jual mobil kesayangan Anda.

Alasan Lingkungan Memakai Jasa Pencucian Mobil

  1. Mencuci mobil sendiri di rumah nantinya menghabiskan hingga 150 galon air sementara memakai jasa pencucian mobil nantinya hanya memakai maksimal 35 galon air.
  2. Deterjen dan sabun yang digunakan saat mencuci mobil berikut kotoran dan noda yang menyertainya bisa mengotori air tanah serta mengganggu ketersediaan air bersih pada sumur terdekat.
  3. Jasa pencucian mobil memakai bak penampungan dan pendaur ulang air agar air buangan cuci terlebih dahulu dibersihkan sebelum dibuang ke tanah. Selain bisa menghemat air tentunya ramah lingkungan.

Alasan Personal Memakai Jasa Pencucian Mobil

  1. Mencuci mobil sendiri dengan tangan (memakai sikat dan spons) secara sembarangan dan tak profesional bisa menyebabkan goresan pada body mobil.
  2. Goresan yang diakibatkan oleh pencucian sembarangan dan tak profesional bisa menimbulkan kerusakan hingga 10% dari kedalaman cat exterior mobil. Jasa pencucian mobil memakai pompa air dengan tekanan tinggi agar terlebih dahulu membersihkan debu-debu kasar untuk mengurangi risiko kerusakan cat mobil pada proses pencucian.

Cukup jelas bukan mencuci mobil yang dilakukan oleh profesional secara rutin bisa mencegah debu dan kotoran mobil Anda. Namun bagi Anda yang mungkin lebih memilih untuk mencuci mobil sendiri maka perlu mengetahui beberapa hal penting agar bisa melakukannya dengan tepat dan aman. Berikut beberapa tips cuci mobil yang aman dan dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah.

Tips Mencuci Mobil Sendiri dengan Aman

1. Mencuci bagian paling kotor terlebih dahulu seperti velg dan ban

Bagian bawah mobil, seperti velg dan ban umumnya menjadi bagian paling kotor dari mobil. Anda bisa menggunakan tire cleaner untuk membersihkan velg dan ban tersebut. Lalu untuk membuat kotoran bisa terangkat, Anda bisa memakai sikat khusus. Jika Anda menggunakan shampoo mobil, pastikan air ataupun busa diganti atau tak digunakan kembali untuk body dan kaca mobil.

2. Membasahi semua bagian mobil dengan air bersih mengalir

Semprot air bersih ke body mobil untuk menghilangkan kotoran terlebih dahulu sebelum menggunakan shampoo. Cara menyemprotkan air yang benar yaitu posisinya menyamping serta menghindari semprotan langsung pada area yang mempunyai bagian terbuka seperti grill, khususnya untuk Anda yang memakai air dengan tekanan tinggi.

3. Mulai mencuci dari bagian atap mobil

Saat mulai mencuci mobil, pastikan penggunaan air, shampoo dan kain microfiber atau spons berbeda dengan yang digunakan untuk velg dan ban. Kemudian mulailah dari bagian paling atas atau bagian paling bersih. Pastikan mencuci mobil dengan gerakan dari atas ke bawah, bukan memutar.

4. Lanjutkan mencuci body, spion, kaca dan jendela mobil

Untuk membersihkan bagian ini Anda bisa menambahkan air dan shampoo menggunakan kain microfiber. Pastikan peralatan serta perlengkapan cuci harus tepat dengan kualitas terbaik. Hindari peralatan berbahan kasar supaya tak menyebabkan body mobil tergores.

5. Bilas mobil lalu keringkan menggunakan kain microfiber

Bilas seluruh busa shampoo yang ada di mobil dengan air bersih sampai tak tersisa. Anda bisa mengeringkan body mobil menggunakan kain microfiber yang lembut agar tak meninggalkan goresan. Hal ini juga menjaga body mobil agar tetap kinclong dan licin.

*Baca Juga: Mengenal Body Repair dan Manfaatnya untuk Mobil

Selain rutin melakukan cuci mobil, Anda juga perlu menggunakan asuransi mobil untuk perlindungan dari hal yang tak diinginkan. Dengan asuransi mobil, Anda bisa lebih tenang terhadap hal-hal buruk yang bisa terjadi kapan saja, misalnya rusak terkena banjir, gempa bumi, ataupun longsor.

Garda oto adalah layanan asuransi yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kendaraan dari risiko tersebut. Asurani ini bisa mengcover mobil Anda dari masalah hilang akibat pencurian atau rusak akibat huru-hara. Untuk membeli asuransi ini, Anda bisa langsung menghubungi nomor 1 500 112Â