Mengantuk saat Bekerja? Atasi dan Cegah dengan Cara Ini!

Mengantuk saat Bekerja? Atasi dan Cegah dengan Cara Ini!

Hambatan dalam bekerja tidak selalu berasal dari hal-hal besar seperti keterbatasan ide dan hal teknis lainnya. Sebaliknya, banyak gangguan kecil yang rentan mengganggu konsentrasi kerja, salah satunya yaitu rasa kantuk. Itulah sebabnya memahami cara menghilangkan ngantuk saat bekerja merupakan hal penting yang dapat membantu memaksimalkan produktivitas.

Mulai sekarang, jangan biarkan kantuk berkepanjangan mengacaukan fokus dan performa kerja Anda. Kenali penyebab ngantuk saat kerja agar bisa mengatasinya secara efektif.

Penyebab dan Dampak Ngantuk saat Bekerja

Berbagai penyebab yang wajib Anda ketahui sebelum mencari cara menghilangkan ngantuk saat bekerja adalah sebagai berikut:

  • Insomnia: waktu tidur yang kurang pada malam hari tentu membuat mayoritas orang rentan mengantuk ketika beraktivitas di siang hari, khususnya saat bekerja.

  • Konsumsi makanan yang gizinya kurang seimbang: makanan yang gizinya kurang seimbang bahkan tinggi kalori membuat kadar gula darah meningkat drastis sehingga memicu kantuk.

  • Cuaca dingin: penyebab ngantuk saat bekerja juga bisa dicetuskan cuaca dingin yang membuat tubuh lebih nyaman dan rileks.

  • Kelebihan berat badan atau obesitas: kondisi fisik ini memicu peningkatan sitokin, yaitu sel kekebalan tubuh yang bisa memicu kantuk.

  • Kurang olahraga: orang-orang yang jarang atau sama sekali tidak berolahraga lebih rentan ngantuk saat bekerja. Hal ini dapat terjadi karena aliran darah kurang lancar sehingga suplai oksigen ke otak terganggu sampai mengakibatkan ngantuk.

  • Stres: kondisi psikis yang stres kerap membuat sebagian besar orang susah tidur di malam hari. Itulah sebabnya orang yang stres mengalami kekacauan jam tidur lalu mudah mengantuk ketika bekerja.

  • Aktivitas monoton: menjalani pekerjaan yang tergolong monoton akan memicu kebosanan kemudian berujung pada kantuk.

Kecenderungan ngantuk saat bekerja tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab berisiko menimbulkan beberapa dampak negatif sebagai berikut:

  • Kurang fokus dan konsentrasi ketika menyelesaikan pekerjaan atau berinteraksi dengan orang lain di lingkungan kerja.

  • Performa dan produktivitas kerja menurun karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan tepat waktu.

  • Risiko kecelakaan kerja meningkat bagi para pekerja yang berhubungan dengan alat-alat berat atau kegiatan berisiko tinggi.

  • Stereotip yang menganggap bahwa sering mengantuk di tempat kerja identik dengan sifat malas.

Tips Cara Cepat Menghilangkan Rasa Ngantuk saat Kerja

Jangan menyerah menghadapi ngantuk saat pekerjaan menanti di depan mata. Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan ngantuk saat bekerja berikut ini agar kembali bersemangat:

  • Luangkan waktu tidur siang singkat: tidur siang singkat (power nap) selama 10 hingga 15 menit ternyata sangat efektif menghilangkan ngantuk saat bekerja. Jadi, jangan ragu meluangkan waktu sejenak untuk tidur siang singkat berkualitas. Tak hanya ampuh menghilangkan kantuk, tidur siang singkat juga tidak menyebabkan pusing sewaktu Anda bangun.

  • Selingi rutinitas kerja dengan aktivitas fisik: bekerja terus-menerus dengan gerakan fisik yang minim jelas membuat kantuk semakin hebat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, selingi rutinitas kerja dengan aktivitas fisik ringan, misalnya berdiri dan melakukan peregangan otot. Beberapa gerakan fisik sederhana setiap 30 menit sekali dapat menjadi solusi terbaik bagi masalah kantuk ketika bekerja.

  • Minum air putih lebih banyak: ternyata hanya sedikit orang yang menyadari kalau ngantuk merupakan salah satu gejala dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu minum air putih lebih banyak agar terhindar dari dehidrasi dan tetap fokus selama bekerja.

  • Alihkan pandangan dari layar gawai: menatap layar gawai atau laptop terus-menerus akan membuat mata cepat lelah dan lekas mengantuk. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda sering mengalihkan pandangan dari layar gawai dan menatap tempat lain supaya mata lebih rileks. Menikmati pemandangan asri bernuansa hijau adalah salah satu solusi terbaik untuk menyegarkan mata.

  • Nikmati camilan sehat: satu dari sekian banyak cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang menyenangkan adalah menyantap camilan sehat. Banyak sekali camilan sehat rendah kalori yang bisa Anda nikmati sembari bekerja, misalnya kacang panggang, kacang rebus, buah-buahan, dan yoghurt tanpa tambahan gula. Aktivitas mengunyah akan menstimulasi otak untuk tetap aktif dan terhindar dari rasa kantuk.

Kiat Mencegah Kantuk saat Bekerja

Rasa kantuk bukan hanya dapat diatasi, tetapi juga bisa dicegah supaya Anda tidak mengalaminya selama bekerja. Kiat-kiat yang patut Anda coba untuk mencegah kantuk ketika bekerja, yaitu:

  • Tingkatkan kualitas tidur di malam hari: ada berbagai persiapan yang bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari, antara lain menjauhkan diri dari gawai, membuat suasana kamar tidur jadi lebih nyaman dan bersih, dan membaca buku di malam hari. Kualitas tidur malam yang meningkat tentu membuat Anda makin bugar dan terhindar dari kantuk selama bekerja.

  • Konsumsi kafein pada waktu tertentu: asupan kafein pada waktu yang tepat sangat baik untuk menjaga fokus dan mencegah kantuk. Idealnya, konsumsi minuman berkafein seperti kopi dilakukan satu jam setelah makan siang agar Anda bebas kantuk hingga jam pulang kerja.

  • Jalani pola hidup sehat secara konsisten: pola hidup sehat yang dijalani secara disiplin akan membuat tubuh Anda bugar setiap saat dan risiko kantuk berlebihan pun berkurang drastis. Cara memulai pola hidup sehat tidak sulit karena Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil, contohnya membatasi asupan kalori harian agar tidak berlebihan, berolahraga teratur, manajemen stres, dan waktu tidur yang cukup.

Bukan cuma cara mengatasi ngantuk saat bekerja yang penting untuk diketahui, melainkan juga mitigasi risiko pribadi selama beraktivitas di tempat pekerja. Salah satu risiko yang patut diantisipasi adalah kecelakaan kerja yang berakibat fatal bagi diri sendiri maupun keluarga sebagai tanggungan. Kini, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko tersebut karena ada asuransi Garda Me yang bisa menjadi solusinya.

Ada bermacam-macam bentuk proteksi yang disiapkan Garda Me bagi Anda, antara lain santunan meninggal dunia dan cacat tetap keseluruhan, santunan rawat inap di rumah sakit, tunjangan kehilangan pendapatan, serta santunan biaya pemakaman. Perlindungan menyeluruh tersebut akan membuat Anda bekerja dengan tenang tanpa mengkhawatirkan sederet risiko yang dapat terjadi secara tidak terduga.